Manfaat dan Ruang Lingkup Audit Manajemen

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

audit manajemen
Isi Artikel

Memastikan segala tujuan bisnis tercapai menjadi langkah penting dalam perusahaan. Oleh karena itulah penting sekali melakukan audit manajemen. Kegiatan ini akan membantu perusahaan untuk mengidentifikasi segala masalah internal terkait manajemen secara objektif.

Selain itu, kegiatan ini juga menjadi cara untuk perusahaan untuk mengidentifikasi peluang dalam organisasi.

Dalam penerapannya, audit ini akan menganalisis bagaimana tim manajemen perusahaan secara keseluruhan mendukung operasional dan memberikan rekomendasi terperinci untuk meningkatkan efektivitas tim.

Artikel dari LinovHR ini akan membantu Anda untuk mengetahui pengertian, manfaat serta ruang lingkup audit manajemen di perusahaan. Simak penjelasanya berikut ini!

 

Apa Itu Audit Manajemen?

Audit Manajemen adalah serangkaian serangkaian proses untuk menilai efektivitas tim manajemen perusahaan saat ini. Prosesnya melibatkan analisis, peninjauan strategi kepemimpinan anggota tim dan mempelajari laporan kinerja dan inventaris perusahaan.

Bisa dikatakan audit manajemen merupakan sebuah metode untuk mengukur sebuah pencapaian perusahaan agar bisa sesuai atau melampaui standar perusahaan. 

Menurut Arens dan Loebbecke (2003:12), audit manajemen adalah evaluasi terhadap seluruh prosedur dan metode perusahaan dalam tujuan untuk mengevaluasi tingkat efisiensi dan efektivitas perusahaan.

 

Manfaat Audit Manajemen

Kegiatan manajemen audit memiliki efek positif untuk organisasi yang dapat memengaruhi kinerja karyawan dan kepuasan. Beberapa manfaat penting yang perlu dipertimbangkan ketika memutuskan apakah akan melakukan audit manajemen meliputi:

 

  • Melakukan evaluasi kebijakan dan prosedur perusahaan terhadap struktur organisasi yang belum ditetapkan perusahaan
  • Secara independen melakukan penilaian prestasi individu dan menilai aktivitas unit organisasi tertentu
  • Melakukan penilaian  efisiensi dan efektivitas agar terciptanya kehematan perencanaan sistem dan pengendalian manajemen
  • Mengidentifikasi permasalahan di perusahaan
  • Menilai reliabilitas dan kegunaan beberapa laporan kerja untuk pengendalian manajemen

 

Ruang Lingkup Audit Manajemen

Ruang lingkup audit manajemen lebih luas daripada audit keuangan. Ia mencakup aspek-aspek bisnis, seperti kebijakan, struktur, employee relation, manajemen risiko, dan banyak lainnya.

Ini adalah metode untuk mengevaluasi secara total efisiensi manajemen dari tingkat atas sampai dengan tingkat terendah.

 

Berikut merupakan ruang lingkup utama dari audit manajemen:

  • Mengevaluasi dan menilai efisiensi manajemen di semua tingkatan
  • Menerapkan prinsip dan kebijakan manajemen. Peninjauan keberhasilan penerapan prinsip atau kebijakan yang telah ditetapkan perusahaan.
  • Membantu menemukan permasalahan yang ada di dalam manajemen
  • Menganalisis permasalahan yang ada di perusahaan dan menemukan alasan dibalik tidak terpenuhinya target manajemen.
  • Memberikan saran atau masukan untuk meningkatkan produksi, penjualan, keuangan, administrasi sumber daya manusia, dan lain-lain.

 

Baca Juga: Prosedur Audit Sumber Daya Manusia yang Perlu Dipahami

 

Implementasi Audit Manajemen

Tujuan audit manajemen adalah mengidentifikasi kelemahan tim manajemen. Di dalam implementasinya, audit ini tidak terbatas hanya pada sumber daya manusia, marketing, RnD, budgeting, operasional, finance, sistem informasi, dan struktur perusahaan.

Proses audit akan terdiri dari wawancara dengan manajemen dan karyawan, analisis laporan keuangan, inventaris dan kinerja. Lalu ada juga studi mengenai kebijakan dan prosedur yang ditetapkan saat itu oleh perusahaan, evaluasi program pelatihan, proses perekrutan, dan beberapa bidang lainnya dalam organisasi.

Lalu, ketika audit sudah selesai, maka tim auditor akan memberikan temuannya dan memberikan seluruh rencana untuk diterapkan oleh dewan direksi sehingga perusahaan dapat beroperasi secara optimal.

Kegiatan audit manajemen ini juga bisa dilakukan oleh pihak eksternal, beberapa perusahaan yang melakukan melakukan audit manajemen antara lain McKinsey & Company, Bain & Company, dan ada beberapa lainnya.

 

Baca Juga: Apakah Diagnosa Organisasi Termasuk dalam Audit Manajemen?

 

Software HRIS LinovHR Mudahkan Proses Audit Manajemen

 

software hris

 

Audit manajemen menjadi langkah perusahaan untuk dapat bekerja secara optimal dengan memanfaatkan segala sumber daya yang dimiliki di dalam perusahaan. Di dalam prosesnya, kegiatan ini membantu perusahaan untuk mengidentifikasi segala kelemahan dan mencari jalan keluarnya.

Kegiatan audit ini dilakukan dengan memanfaatkan data-data mengenai administrasi perusahaan. Oleh sebab itu, sangat penting bagi perusahaan untuk melakukan pengelolaan data manajemen dengan baik dan objektif.

Data tersebut juga haruslah relevan dengan keadaan perusahaan saat itu. Mengandalkan cara-cara manual dalam pengelolaan data perusahaan tentu akan menyulitkan proses audit.

Untuk itulah sudah saatnya perusahaan perlu menggunakan teknologi HR seperti Software HRIS Indonesia dari LinovHR.

Software HRIS dari LinovHR memiliki modul Performance Management yang dapat membantu perusahaan dalam audit performa karyawan tanpa bias.

Dengan Software ini, manajemen perusahaan dapat menentukan kriteria apa saja yang digunakan untuk penilaian kinerja, kualitas kerja, team work dan lain sebagainya.

Perlu diingat bahwa manajemen kinerja karyawan adalah sesuatu yang perlu diperhitungkan oleh HR untuk memastikan produktivitas karyawan meningkat secara stabil dalam sebuah perusahaan.

Untuk itu, dengan menggunakan Modul Performance Management dari LinovHR akan mempermudah melakukan proses audit performa karyawan dengan maksimal.

 

Gunakan Software Penilaian Kinerja Karyawan dari LinovHR sekarang!

Tentang Penulis

Picture of Sella Melati
Sella Melati

Cuma senang menulis, yang suka nonton sama traveling
Follow them on Linkedin

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Picture of Sella Melati
Sella Melati

Cuma senang menulis, yang suka nonton sama traveling
Follow them on Linkedin

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter