cara membalas email hrd

Cara Membalas Email HRD untuk Undangan Interview

Menerima email balasan dari HRD berupa pemberitahuan diterima ke tahap interview merupakan hal yang paling ditunggu oleh pelamar kerja. Saking bahagianya, terkadang pelamar malah keliru dalam membalas email. Tidak sedikit yang membalas dengan tatanan kata yang kurang sopan dan tidak profesional. Berikut beberapa cara membalas email HRD yang baik dan sopan yang bisa Anda jadikan acuan!

 

Cara Membalas Email HRD

Membalas email HRD merupakan hal penting sebagai impression awal terhadap Anda sebagai pelamar kerja. HRD melihat penilaian bukan hanya dari CV Anda saja, namun cara Anda berkomunikasi juga.

Oleh karena itu, terdapat 3 poin penting untuk Anda jika ingin membalas email HRD dengan baik.

  1. Bersikap sopan, profesional, dan jawab pertanyaan mereka sebaik mungkin
  2. Gunakan respons email untuk merencanakan waktu untuk interview tentang peluang atau informasi yang berkaitan dengan diri Anda pada HRD
  3. Jika Anda mendapatkan email dari HRD untuk pekerjaan yang tidak Anda lamar, periksa dan pastikan itu bukan spam sebelum melamar.

 

Baca Juga: Tips & Trick Mengirim Email Lamaran Kerja

 

Berbagai Contoh Membalas Email Panggilan Interview dari HRD

cara membalas email hrd
Cara Membalas Email HRD

Dalam hal ini, Anda telah melamar pekerjaan tertentu dan sekarang Anda telah dihubungi tentang lamaran Anda untuk langkah selanjutnya. 

Patut diingat bahwa setiap kali Anda memiliki kesempatan untuk berbicara lebih banyak dengan seorang HRD, Anda memiliki kesempatan untuk memperkuat kesan mereka tentang Anda sebagai calon kandidat.

Jika HRD menanyakan detail lebih lanjut tentang Anda, Anda dapat menjawab melalui email, Membalas dengan email juga terdapat etika khusus agar terlihat lebih sopan namun tidak terkesan kaku. Seperti apa cara membalas email panggilan interview? Mari simak bersama!

 

Contoh Membalas Konfirmasi Kehadiran untuk interview

Mengkonfirmasi kehadiran ketika membalas email undangan interview merupakan hal penting sebagai RSVP bagi HRD maupun pelamar. Berikut contoh cara baik untuk membalas konfirmasi kehadiran dalam sesi interview.

 

Subject : Konfirmasi Kehadiran Interview Digital Marketing – Dinar

Selamat pagi, Pak Andra

 

Terima kasih telah memberikan waktu dan tempat untuk saya memperkenalkan diri lebih jauh dalam sesi interview. Saya sangat senang untuk bertemu dengan bapak di hari Jumat, 15 Oktober 2021 di H Tower, Jalan Jend. Sudirman Kav. 46.

 

Salam hangat,

 

Dinar 

 

Contoh Membalas Email HRD Menggunakan Bahasa Inggris

Jika dari pertama kali HRD menggunakan Bahasa Inggris, sebaiknya Anda juga membalas dengan Bahasa Inggris. Anda dapat menjawab seperti dibawah ini.

 

Subject: Interview for Digital Marketing – Dinar

 

Dear Mr. Andra

 

Thank you so much for the invitation to interview at PT H. I appreciate being considered as a candidate.

However, due to changes in my circumstances, I must decline this opportunity.

Thank you again, and best of luck in your search.

 

Best Regards,

 

Dinar

 

Contoh Menolak Tawaran Interview dari HRD

Untuk menolak sesi interview dari HR, dipastikan Anda menjelaskan alasan yang jelas mengapa menolak. Apakah menerima tawaran lain atau memang ada permasalahan internal. Misalnya, 

 

Subject : Konfirmasi Kehadiran Interview Digital Marketing – Dinar

Selamat pagi, Pak Andra

 

Terima kasih telah mempertimbangkan saya bergabung dalam PT H sebagai Digital Marketing hingga berada di tahap ini. Namun, saya ingin menarik kembali lamaran saya dalam posisi tersebut.

 

Saya sangat menghargai telah meluangkan waktu untuk meninjau lamaran saya. Sekali lagi, terima kasih atas pertimbangan. 

 

Salam hangat,

 

Dinar

 

Cara Meminta Maaf Karena Telat Membaca dan Membalas Email HRD

Telat membaca email dari HRD sebenarnya merupakan kesalahan fatal. Di posisi ini, Anda sebagai pelamar ada baiknya menjawab email tersebut daripada mengabaikannya begitu saja. Anda dapat menjawab seperti ini :

 

Subject : Permintaan Maaf telat Membaca Interview Digital Marketing – Dinar

Selamat pagi, Pak Andra

 

Terima kasih telah mempertimbangkan saya bergabung dalam PT H sebagai Digital Marketing. Mohon maaf sekali, saya baru membaca email dari Bapak terkait jadwal interview saya yang sudah dijadwal 5 hari lalu karena masuk dalam spam email.

Besar harapan saya untuk diberikan kesempatan untuk interview lagi karena besar keinginan saya untuk bergabung dalam perusahaan Bapak. 

Saya sangat menghargai telah meluangkan waktunya untuk meninjau lamaran saya. Sekali lagi, saya mohon maaf atas kelalaian saya.

 

Salam hangat,

 

Dinar

 

Baca Juga: Follow Up Email Pasca Interview, Apa Manfaatnya?

 

Contoh Membalas Email HRD untuk Meminta Perubahan Jadwal Interview

Membalas email konfirmasi kehadiran interview sangat penting, namun bagaimana jika tawaran tersebut tidak sesuai dengan jadwal Anda?

 

Jika pada jadwal tersebut Anda berhalangan hadir, sebaiknya Anda meminta jadwal lain. Anda dapat memberikan tanggal pasti kapan dapat hadir agar HRD juga tahu kesediaannya dan disesuaikan dengan jadwal mereka.

 

Subject : Permintaan Perubahan Jadwal Interview Digital Marketing – Dinar

Selamat pagi, Pak Andra

 

Terima kasih telah mempertimbangkan saya bergabung dalam PT H sebagai Digital Marketing. Mohon maaf sekali, di tanggal dan jam yang sudah ditentukan, saya berhalangan hadir dikarenakan ada keperluan internal yang mendesak.

Besar harapan saya untuk diberikan kesempatan untuk penggantian jadwal interview karena besar keinginan saya untuk bergabung dalam perusahaan Bapak. Saya bersedia di tanggal 18-20 Oktober 2021 setelah jam 12 siang.

 

Saya sangat menghargai telah meluangkan waktunya untuk meninjau lamaran saya.

 

Salam hangat,

 

Dinar

 

Dengan beberapa contoh cara membalas email HRD diatas, diharapkan dapat membantu Anda berkomunikasi secara profesional dengan HRD. Aspek ini akan membantu HRD untuk menilai kepribadian Anda secara garis besar.

Semoga ulasan di atas dapat membantu dalam mendapatkan pekerjaan!