Staff Admin Harus Paham! Ini Cara Mengetik 10 Jari yang Benar

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

cara mengetik 10 jari
Isi Artikel

Keahlian mengetik 10 jari adalah kebutuhan mutlak jika Anda ingin terlihat profesional di hadapan atasan Anda apalagi Anda seorang admin

Dengan jumlah latihan yang tepat, keterampilan mengetik 10 jari dapat membantu Anda mengetik dengan sangat cepat sehingga terlihat dan terasa hampir otomatis.

Namun, untuk belajar mengetik seperti itu dimana ya? Mari kita lihat bersama!

 

Alasan Penting Menguasai Teknik Mengetik 10 Jari

Keterampilan mengetik 10 jari dituntut oleh semua pemberi kerja untuk hampir setiap pekerjaan karena keterampilan ini membantu Anda menjadi lebih produktif dengan peningkatan fokus pada pekerjaan.

Untuk lebih lengkap kita simak bersama keuntungan yang akan didapatkan!

 

Menghemat Waktu

Jika Anda dapat mengetik dengan 10 jari dan cepat serta akurat, Anda akan menghemat banyak waktu.

Misalnya, jika kecepatan mengetik Anda meningkat dari 30 menjadi 60 kata per menit (wpm), Anda akan menghabiskan lebih sedikit waktu untuk memeriksa dan mengoreksi kesalahan dalam tulisan Anda, sehingga menghemat lebih banyak waktu.

 

Lebih Ergonomis

Mengetik dengan gaya yang dulu apalagi harus menundukkan kepala di atas keyboard untuk menemukan tombol mana yang harus ditekan sangatlah melelahkan.

Jadi, jika Anda dapat meningkatkan pengetikan Anda, itu akan mengurangi capek secara  mental dan fisik dan lebih ergonomi.

 

Memperbaiki Postur Agar Tidak Cedera

Mampu mengetik dengan baik merupakan investasi bagi postur Anda. Hal ini memiliki alasan yaitu tidak duduk untuk waktu yang lama sambil membungkuk dan melihat ke keyboard.

Dengan waktu yang cepat, Anda memiliki waktu untuk berdiri dan melakukan peregangan.

 

Meningkatkan Fokus

Dengan mengetik dengan 10 jari, Anda hanya dapat fokus pada pekerjaan yang Anda lakukan di layar komputer atau laptop.

 

Meningkatkan Produktivitas

Waktu yang Anda habiskan untuk mengetik akan berkurang setengahnya, sehingga Anda dapat menyelesaikan hal lain. Terlebih lagi, jika Anda menggandakan kecepatan mengetik, Anda bisa menyelesaikan dua kali lebih banyak dalam waktu yang sama dan lebih produktif.

 

Cara Mengetik 10 Jari yang Benar

Bagaimana cara mengetik 10 jari?

Untuk mengetik dengan baik dan benar, Anda harus tahu posisi dasarnya terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam praktiknya.

Silahkan mengikuti langkah dibawah ini :

 

  1. Letakkan jari telunjuk kanan Anda pada tombol “J” dan biarkan tiga jari lainnya jatuh secara alami ke “K”, “L” dan “;” kunci masing-masing.
  2. Letakkan jari telunjuk kiri Anda pada tombol “F” dan biarkan tiga jari lainnya jatuh secara alami ke masing-masing tombol “D”, “S”, dan “A”. Kedua ibu jari harus diletakkan di spasi, tetapi hanya ibu jari kanan yang harus menekannya.
  3. Anda akan merasakan tonjolan yang menonjol pada tombol “F” dan “J”. Ini akan memungkinkan jari Anda menemukan posisi awal tanpa harus melihat keyboard.
  4. Ketik setiap tombol dari kiri ke kanan. Ketik setiap huruf yang ditutupi oleh jari di posisi awal, dari kiri ke kanan: a s d f j k l ;. Anda tidak perlu memindahkan jari dari posisi asalnya. Cukup tekan tombol tempat mereka beristirahat.
  5. Pelajari di mana setiap huruf diposisikan pada keyboard, dan gunakan jari terdekat untuk menghubungi setiap tombol. Jempol tidak pernah menjadi jari terdekat; mereka hanya digunakan pada spasi.
    • “q” “a” dan “z” diketik dengan jari kelingking kiri, begitu pula tombol tab, caps lock, dan shift.
    • “w” “s” dan “x” diketik dengan jari manis kiri.
    • “e” “d” dan “c” diketik dengan jari tengah kiri.
    • “r” “f” “v” “b” “g” dan “t” diketik dengan jari telunjuk kiri.
    • Jempol Anda tidak boleh meninggalkan spasi.
    • “u” “j” “n” “m” “h” dan “y” diketik dengan jari telunjuk kanan.
    • “i” “k” dan tombol dengan “,” dan “<” diketik dengan jari tengah kanan.
    • “o” “l” dan kunci dengan “>” dan “.” diketik dengan jari manis kanan.
    • Jari kelingking kanan digunakan untuk mengetik: “p”, “;”, “:”, “‘”, “”” (tanda kutip), “/”, “?”, “[“, “{“, “]”, “}”, “\”, “|”, dan digunakan untuk menekan tombol shift, enter, dan backspace.

 

Daftar Tools untuk Tes Kemampuan Ketik 10 Jari

Terkadang Anda membutuhkan tools yang efektif namun sederhana untuk membantu Anda.

Inilah 4 tes kemampuan pengetikan dengan 10 jari yang efektif dan dapat membantu latihan mengetik 10 jari atau sekadar tes mengetik 10 jari.

 

1. Ratatype

Ratatype adalah tools mengetik online sederhana dan alat tes kecepatan mengetik gratis.

Tes kecepatan mengetik melibatkan pengetikan teks pendek dan Anda dapat mengujinya dalam bahasa Inggris, Spanyol, atau Prancis. Ratatype menawarkan sertifikat pengetikan yang dapat Anda miliki. 

Tools ini memiliki interface yang mudah digunakan dan sederhana serta memungkinkan pengguna menyelesaikan kursus sendiri atau dengan teman.

Ratatype mendukung tata letak keyboard yang berbeda seperti QWERTY, AZERTY, dan Dvorak. Setiap kursus mengetik memiliki hingga 20 pelajaran dengan masing-masing hingga 25 latihan.

 

2. Typing.com

Typing.com adalah tools mengetik online lainnya dan alat tes kecepatan mengetik gratis.

Tes mengetik ditawarkan dalam dua opsi berbeda. Anda dapat mengambil tes waktu 1, 3, atau 5 menit atau tes halaman 1, 2, atau 3 halaman. tools mengetik menawarkan keyboard yang komprehensif, dasar-dasar komputer dan literasi teknologi, perilaku dan keamanan online, dasar-dasar pengkodean, dan banyak lagi.

 

3. TypingClub

TypingClub merupakan tools berbasis web yang gratis. Anda tidak perlu membuat akun untuk menggunakan

TypingClub tetapi Anda dapat membuat profil untuk menyimpan kemajuan Anda saat Anda mengikuti pelajarannya. 

Anda dapat terus berlatih setiap pelajaran sampai Anda mendapatkan lima bintang. Meskipun TypingClub tidak menawarkan alat tes kecepatan mengetik yang bisa Anda gunakan dan lanjutkan, ada tes di sepanjang pelajaran.

 

4. 10FastFingers

10FastFingers menggunakan 200 kata acak dan menguji Anda selama satu menit. Saat Anda menyelesaikan 10 tes ini, Anda akan dapat mengikuti tes kecepatan mengetik 1.000 kata dalam tingkat lanjutan.

Situs ini tidak mengharuskan Anda untuk membuat akun untuk mengakses fitur-fiturnya yang luas.

 

Baca Juga: Tingkatkan Produktivitas HRD Melalui Aplikasi Kinerja

 

Untuk Staff HR- Anti Capek dengan Software HRIS LinovHR

software hris

 

Selain admin, HRD juga mempunyai tugas yang cukup berat walaupun terkadang suka dianggap sebelah mata. Oleh karena itu kemampuan typing dengan 10 jari menjadi investasi berharga.

LinovHR memiliki software HRIS yang dapat membantu mengelola informasi terkait karyawan yang lengkap, aman, dan pastinya akurat! 

Mulai upgrade perusahaan bahkan diri Anda dengan mempelajari skill baru untuk memudahkan pekerjaan dan meningkatkan produktivitas.

 

Libatkan LinovHR untuk mencapai tujuan tersebut lebih cepat. Karena semua #EasyWithLinovHR

Bagikan Artikel Ini :

Tentang Penulis

Admin LinovHR
Admin LinovHR

Akun Admin dikelola oleh tim digital sebagai representasi LinovHR dalam menyajikan artikel berkualitas terkait human resource maupun dunia kerja.

Related Articles

.

Newslater

Newsletter

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter