cara menghitung gaji per jam

Cara Menghitung Gaji Per Jam untuk Karyawan Harian

Penggajian atau pemberian upah adalah suatu hak yang harus didapatkan oleh pekerja. Berbagai macam jenis upah pekerja diantaranya ada upah harian dan ada yang mendapatkan upah bulanan.

Namun, pernahkah kalian mendengar gaji per jam? Bagaimana cara menghitung gaji per jam? 

Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan, gaji per jam hanya dapat dilakukan untuk karyawan yang bekerja paruh waktu dan tidak berlaku untuk yang bekerja penuh waktu. 

 

Baca Juga: Bagaimana Cara Menghitung PPh 21 Freelancer? 

 

Sedangkan pekerja paruh waktu sendiri menurut Badan Pusat Statistik merupakan mereka yang bekerja kurang dari 35 jam selama satu pekan atau kurang dari 7 jam kerja per hari.

Selain itu juga gaji per jam dari perusahaan harus disesuaikan dan disepakati baik oleh karyawan juga perusahaan pemberi gaji sesuai perjanjian kerja. Tentunya penghitungan gaji per jam akan berbeda dengan gaji harian dan bulanan.

Beberapa sektor pekerjaan yang bisa menerapkan sistem upah per jam yaitu pekerjaan penunjang dari suatu industri seperti jasa dan perdagangan. 

Hitungan formula gaji per jam tidak boleh kurang dengan ketentuan pada Peraturan Pemerintah (PP) No. 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan pasal 16, yakni upah per jam sama dengan upah sebulan yang kemudian dibagi 126. Angka 126 muncul dari keputusan Kemnaker.

Berikut ini adalah ulasan bagaimana cara menghitung gaji per jam dalam perusahaan. Simak baik-baik, ya! 

 

Contoh Cara Menghitung Gaji Per Jam

Cara menghitung gaji per jam sesuai dengan PP No. 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan adalah upah sebulan dibagi 126. 

Dari manakah angka 126 diperoleh? 126 adalah upah seminggu (29 jam) dikali dalam satu tahun ada 52 minggu, kemudian dibagi 12 bulan. 

Angka 29 jam ini didapatkan dari ketentuan BPS, dimana kriteria gaji per jam bisa didapatkan jika karyawan memiliki jam kerja kurang dari 35 jam sehingga rata-rata 24-30 jam dengan median tertinggi 29 jam. 

 

Contoh perhitungan:

Brian merupakan karyawan dari CV Mandiri Bersama dengan jumlah jam kerja kurang dari 35 jam per minggu sehingga ia bisa digaji per jam. Gajinya perbulan adalah Rp 6.500.000 rupiah sudah termasuk tunjangan.

Maka gaji per jam nya adalah:

Upah sebulan : 126

= Rp 6.500.000 : 126

= Rp 51.587 / jam

 

Penghitungan gaji karyawan memang bukan hal mudah apalagi jika perusahaan Anda memiliki banyak karyawan. Komponen yang melengkapi perhitungan penggajian seperti tunjangan, iuran BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan, insentif, sampai pajak penghasilan atau PPh 21  harus diperhatikan dengan baik dan dihitung dengan benar. 

 

Baca Juga: Tutorial Cara Menonaktifkan BPJS Ketenagakerjaan

 

Tak hanya itu, penggajian karyawan dilakukan dengan sistematis sesuai dengan peraturan perusahaan serta up to date dengan peraturan pemerintah. Sebab,  ketentuan pajak penghasilan yang dapat berubah selama masa kerja dan operasional perusahaan berlangsung tergantung kebijakan dan kondisi pemerintahan. 

 

payroll

 

Untungnya, LinovHR dapat menjadi solusi efektif untuk membantu pengelolaan gaji secara akurat dan cepat. Mulai dari karyawan tetap yang digaji per bulan hingga karyawan paruh waktu yang bisa mendapatkan gaji per jam, bisa dilakukan lebih mudah dengan Modul Payroll dari HR Software LinovHR!

Modul Payroll dari HR Software LinovHR akan membantu Anda untuk melakukan proses administrasi dan penghitungan pembayaran gaji sekaligus menyertakan elemen-elemennya secara rutin maupun periodik. 

Ada juga fitur untuk membuat slip gaji dan laporan payroll. Hal ini akan memudahkan admin perusahaan untuk mengelola secara sistematis pembayaran gaji karyawannya. Fitur lainnya dari modul payroll Software HRD LinovHR adalah: 

  • Bank data payroll: menyimpan data bank penggajian karyawan.
  • Payment method: menentukan metode pembayaran gaji.
  • Payroll component: mengatur komponen penggajian seperti pajak dan iuran BPJS. 
  • Payroll group: mengelompokkan gaji karyawan berdasarkan parameter tertentu
  • E-payroll: mencetak laporan penggajian untuk berbagai keperluan

 

Beberapa fitur di atas dapat memudahkan cara menghitung gaji per jam. Perusahaan tidak perlu lagi memusingkan berbagai macam perhitungan penggajian yang rumit dan memakan waktu lama.  Masih ada banyak lagi fitur canggih yang harus Anda ketahui! Segera lakukan uji coba Software Payroll LinovHR sekarang juga!