Interpersonal Skill

Interpersonal Skill; Pengertian dan Manfaat

Secara sederhana dan garis besar, interpersonal skill bisa diartikan sebagai suatu kemampuan ataupun ketrampilan milik seseorang untuk mengenal, menghadapi dan berkomunkasi atau interaksi dengan pihak lain, baik secara individu dan kelompok. Istilah ini sering juga disebut sebagai ketrampilan interpersonal.  Interpersonal skill juga menjadi bagian dari Soft Skill, yang pembahasannya telah kami bahas pada artikel sebelumnya.

Selain itu, ketrampilan interpersonal juga dapat dimaknai sebuah ketrampilan khusus milik seseorang dalam mengenali dan memberi respon yang baik kepada perasaan, perilaku, sikap dan keinginan orang lain. Intinya adalah, kemampuan membangun hubungan harmonis dengan orang-orang disekitarnya.

 

Peranan Penting Interpersonal Skill

Ketrampilan interpersonal mempunyai peranan yang sangat penting guna mencari kesuksesan. Terkait dengan hal ini, ketrampilan skill dapat dibagi menjadi beberapa jenis.

Pertama yaitu ketrampilan mendengar. Komponen terpenting dari komunikasi adalah mendengar. Maksudnya adalah tidak hanya mendengar secara harfiah dengan alat pendengaran atau telinga saja, melainkan mampu mencerna serta menterjemahkan maksud dari pemberi pesan atau orang yang mengajaknya berbicara.

Kedua adalah umpan balik atau providing feedback. Umpan balik merupakan suatu interpersonal skill dalam bentuk ketrampilan seseorang untuk memahami segala dampak atas perilaku terhadap diri sendiri dan orang lain. Misalnya ketika berbicara sesuatu akan membuat sakit hati atau sebaliknya bikin orang lain menjadi senang.

Selanjutnya yang ketiga merupakan ketrampilan membujuk atau persuading. Dalam hal ini seseorang harus dapat memberikan pengertian atau bujukan pada orang lain. Sehingga orang tersebut bersedia mengikuti kehendak maupun keinginan dari orang yang mengajaknya secara sukarela.

Ketrampilan interpersonal yang terakhir disebut resolving conflict. Maksud dari istilah ini adalah kemampuan menyelesaikan masalah ketika sedang mendapatkan konflik dan masalah dengan orang lain.

 

Manfaat Ketrampilan Interpersonal

Dengan memiliki ketrampilan interpersonal yang baik, seseorang akan mendapatkan banyak sekali manfaat atau keuntungan. Salah satunya adalah mampu menciptakan serta menjaga keharmonisan hubungan dalam pergaulan.

Misalnya, mudah mendapat teman baru karena banyak yang merasa nyaman ketika berkomunikasi atau berinteraksi dengan orang tersebut. Apalagi jika mampu berbagi baik itu pengetahuan, informasi dan sebagainya.

Selain itu interpersonal skill juga bisa dijadikan sebagai media untuk mendapatkan kesuksesan. Seseorang yang memiliki ketrampilan interpersonal yang baik pasti bisa memperoleh posisi atau jabatan lebih tinggi dibanding yang tidak memilikinya. Ketika menjalankan bisnis sendiri, relasi makin mudah diperoleh.

 

Baca Juga: 10 Jenis Soft Skill yang Membuat Karier Anda Meroket

 

Manfaat berikutnya adalah untuk membentuk citra diri. Kemampuan dan kepandaian serta kemahiran saat berkomunikasi akan membuat seseorang selalu dianggap oleh orang lain sebagai sosok yang baik. Contoh sederhananya antara lain bicara dengan sopan, bersikap ramah dan seterusnya.

Lebih dari itu, ketrampilan interpersonal juga dapat digunakan sebagai sarana untuk memecahkan masalah dalam sebuah hubungan. Melalui kemampuan berkomunikasi yang baik, masalah yang seringkali terjadi di lingkungan kerja, lingkungan pergaulan dan komunitas sosial lainnya bisa terselesaikan tanpa menimbulkan masalah baru.

Perilaku serta sikap yang dapat pula dirubah dengan cara meningkatkan ketrampilan interpersonal. Contohnya ada seseoran yang dulunya mempunyai sifat pendiam dan tidak berani mengemukakan pendapatnya sendiri. Tapi sejak berhasil meningkatkan ketrampilan interpersonal pada dirinya, dia jadi mudah tersenyum dan berani bicara di hadapan banyak orang.

Kegunaan dari ketrampilan interpersonal lainnya, mampu menyampaikan informasi atau pesan dengan tuturan bahasa serta kalimat yang baik sehingga pesan tersebut mudah dipahami dan dimengerti pendengar dan penerima pesan.

Memberi undangan pesta syukuran di rumah kepada para tetangga memang terlihat sederhana. Tetapi apabila tidak disertai dengan ketrampilan interpersonal yang baik, bisa jadi tidak akan banyak tetangga yang mau datang ke pesta syukuran tersebut.

Kesimpulannya, interpersonal skill tidak hanya bisa dianggap sebagai ketrampilan semata melainkan sebuah kebutuhan. Sehingga setiap orang perlu mempelajari dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari agar dapat menjadi pribadi yang selalu disenangi orang lain.