ereg pajak

Panduan Daftar NPWP Online Mudah di Ereg Pajak

Dengan berbagai perkembangan dan kemajuan teknologi, kini pemerintah mengeluarkan mencetuskan sejumlah terobosan menyesuaikan perkembangan era digital saat ini. Salah satu terobosan yang dicetuskan pemerintah adalah pembuatan NPWP melalui EREG pajak yang dilakukan secara online. 

Dalam artikel ini, LinovHR telah merangkum panduan untuk daftar EREG pajak online. Yuk simak selengkapnya!  

 

Apa itu EREG Pajak?

Merujuk dari kemenkeu.go.id, EREG adalah singkatan dari e-Registration atau Sistem Pendaftaran Wajib Pajak secara Online adalah sistem aplikasi bagian dari Sistem Informasi Perpajakan di lingkungan Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan dengan berbasis perangkat keras dan perangkat lunak yang dihubungkan oleh perangkat komunikasi data yang digunakan untuk mengelola proses pendaftaran Wajib Pajak. 

Sistem ini terbagi dua bagian, yaitu sistem yang dipergunakan oleh Wajib Pajak yang berfungsi sebagai sarana pendaftaran Wajib Pajak secara online dan sistem yang dipergunakan oleh Petugas Pajak yang berfungsi untuk memproses pendaftaran Wajib Pajak. 

 

Keuntungan Membuat NPWP Online Lewat EREG Pajak

Aplikasi EREG Pajak umumnya digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk membuat NPWP secara online. Inilah sejumlah keuntungan membuat NPWP Online melalui aplikasi e-Registration:

  1. Pembuatan NPWP secara online tentunya memberikan kemudahan bagi Wajib Pajak terutama jika Wajib Pajak memiliki kesibukan yang padat.
  2. Pembuatan NPWP secara online lebih efisien dan efektif dibanding membuat NPWP secara offline.
  3. Pembuatan NPWP jadi lebih fleksibel karena dapat dilakukan dimana pun dan kapan pun.
  4. Kartu NPWP dapat diantarkan langsung ke rumah Wajib Pajak.
  5. Pembuatan NPWP online lebih Ramah lingkungan karena tidak menggunakan dokumen fisik atau hardcopy yang bisa mencemari lingkungan. 

 

Baca Juga:  Berbagai Jenis Kurs Pajak yang Anda Harus Ketahui 

 

Langkah-Langkah Daftar NPWP Online di EREG Pajak

Di masa pandemi seperti saat ini, membuat NPWP secara online merupakan solusi terbaik bagi Wajib Pajak. Berikut langkah-langkah daftar NPWP di EREG Pajak online.

 

1. Kunjungi laman ereg.pajak.go.id

Langkah pertama yang harus dilakukan Wajib Pajak untuk membuat NPWP online adalah mengunjungi situs resmi EREG Pajak atau klik link https://ereg.pajak.go.id/daftar untuk langsung mengakses halaman pendaftaran. 

 

2. Aktivasi Akun Ereg Pajak.

Ada 2 langkah pendaftaran yang harus dilalui wajib pajak untuk mendapatkan akun ereg pajak.

Langkah pertama wajib pajak harus mengisi alamat email dan code captcha untuk akun ereg pajak, lalu klik daftar.  Selanjutnya cek email dan klik link verifikasi yang masuk.

 

Pendaftaran Akun EREG Pajak

Setelah berhasil mengklik link verifikasi yang masuk, akan muncul notifikasi seperti berikut ini:

 

EREG Pajak

 

Langkah yang kedua wajib pajak perlu mengisi formulir aktivasi akun, informasi yang harus dimasukkan meliputi:

  • Nama
  • Password
  • Ulangi password
  • Nomor hp
  • Pertanyaan keamanan
  • Kode captcha.

 

 

Jika berhasil akan muncul notifikasi seperti berikut ini:

EREG Pajak

 

3. Login dan Isi Formulir Pendaftaran

Setelah melakukan aktivasi akun, berikutnya Wajib Pajak dapat login ke aplikasi e-registration pajak dengan memasukan alamat email dan password.

Setelah berhasil login, Wajib Pajak dapat menuju menu permohonan, lalu pendaftaran npwp. Selanjutnya wajib pajak harus mengisi formulir pendaftaran yang disediakan oleh Dirjen Pajak untuk memulai proses pembuatan NPWP.

Usahakan Wajib Pajak mengikuti seluruh tahapan dan mengisi data dengan benar dan lengkap. Jika data yang diisi sudah benar maka akan muncul surat keterangan terdaftar sementara

 

5. Kirim Formulir Pendaftaran Secara Online

Formulir pendaftaran yang telah diisi dengan benar dan lengkap harus dikirimkan. Caranya dengan mengklik menu “daftar” untuk mengirim Formulir Registrasi Wajib Pajak secara online ke Kantor Pajak tempat Wajib Pajak terdaftar. 

 

6. Cetak dan Tanda Tangani

Selain mengirim Formulir Registrasi Pajak secara online, Wajib Pajak juga dapat mencetak Surat Keterangan Terdaftar Sementara dan Formulir e-Registration Wajib Pajak untuk dikirim ke Kantor Pajak.

Setelah dokumen berhasil di cetak, salah satu dokumen yakni Formulir Registrasi  Wajib Pajak harus ditandatangani oleh Wajib Pajak. Kemudian, satukan dokumen yang telah dicetak dengan berkas pendukung lainnya yang telah disiapkan.

 

Baca Juga: Panduan Mudah Hitung Penghasilan Tidak Kena Pajak

 

7. Kirim Formulir Registrasi Wajib Pajak ke Kantor Pajak

Apabila semua dokumen telah lengkap dan siap, maka Wajib Pajak harus mengirimkan keseluruhan dokumen tersebut ke Kantor Pajak tempat Wajib Pajak Terdaftar.

Semua dokumen tersebut dapat Wajib Pajak berikan langsung ke Kantor Pajak melalui petugas atau dikirim melalui Pos. dengan catatan, dokumen harus dikirimkan  paling lambat 14 hari setelah formulir terkirim secara online melalui aplikasi e-Registration. 

 

8. Periksa Status dan Tunggu Kiriman Kartu NPWP

Langkah terakhir adalah mengecek status pendaftaran NPWP secara berkala melalui email atau melalui aplikasi e-Registration. Apabila status pendaftaran disetujui oleh pihak Dirjen Pajak, maka kartu NPWP akan segera dikirim ke alamat Anda melalui Pos. 

 

Kesimpulan

Itulah beberapa cara untuk mendaftarkan NPWP secara online dengan mudah melalui EREG Pajak atau aplikasi e-Registration.

Setelah menyimak penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa pembuatan NPWP secara online tidak sesusah yang dibayangkan. Anda hanya perlu mengikuti seluruh tahapannya dan mengisi data dengan benar.

Selain mengisi formulir pendaftaran dengan benar, pastikan berkas pendukung milik Anda sudah lengkap agar proses pembuatan NPWP lebih cepat disetujui oleh Direktorat Jenderal Pajak. Semoga bermanfaat!

 

Source Image: ereg.pajak.go.id/