feedback karyawan untuk perusahaan

Ketahui Pentingnya Feedback Karyawan untuk Perusahaan Semakin Maju

Feedback atau umpan balik merupakan salah satu unsur yang penting bagi perkembangan dan kesuksesan suatu perusahaan. Feedback karyawan untuk perusahaan yang konstruktif tentunya dapat meningkatkan kinerja perusahaan ke arah yang lebih baik.

Namun, masih banyak perusahaan yang belum mengembangkan hal ini. Akibatnya, kebijakan yang diambil terkadang tidak tepat dengan keinginan serta budaya kerja perusahaan. Hubungan perusahaan dan karyawannya pun tidak harmonis.

Oleh sebab itu, di artikel ini LinovHR akan membahas lebih jauh mengenai feedback karyawan untuk perusahaan hingga strategi mendapatkannya. Simak ulasan artikel berikut ini!

 

Mengapa Feedback Karyawan untuk Perusahaan Penting?

Feedback karyawan pada dasarnya adalah informasi yang disampaikan baik secara formal maupun informal terkait kinerja, keterampilan, dan pengalaman mereka ketika bekerja dalam tim.

Dalam perusahaan siapapun tentunya dapat memberikan umpan balik yang membangun. Bila dilakukan dengan baik, maka perusahaan dapat menciptakan lingkungan kerja yang baik dan harmonis.

Feedback karyawan menjadi hal yang penting baik perusahaan sebab dapat mengurangi hal-hal buruk yang dapat memengaruhi citra perusahaan. Selain itu, dengan adanya feedback karyawan untuk perusahaan, dapat memperkuat perilaku positif yang terus dijaga untuk meningkatkan produktivitas kinerja perusahaan.

Di era modern saat ini, perusahaan umumnya memanfaatkan alat-alat modern yang digunakan untuk mengumpulkan berbagai feedback. Sehingga pada akhirnya dapat membentuk budaya kerja yang positif yang mencerminkan nama baik perusahaan.

 

Baca Juga: Ketahui Jenis Feedback yang Umum Digunakan Perusahaan

 

Strategi Mendapatkan Feedback Karyawan

Untuk mendapatkan feedback dari karyawan terhadap kinerja manajerial perusahaan tentunya tidak sederhana. Banyak karyawan yang enggan karena merasa akan berdampak buruk bagi dirinya sendiri. Nah, di sinilah peran perusahaan untuk bisa meyakinkan karyawan bahwa feedback karyawan untuk perusahaan begitu penting.

Perusahaan perlu melakukan beberapa hal yang perlu diterapkan agar karyawan dapat memberikan umpan baliknya secara jujur.

Berikut beberapa strategi untuk mendapatkan feedback karyawan:

 

  1. Membangun Lingkungan Kerja yang Positif

Lingkungan kerja yang positif tentunya dapat memicu feedback karyawan untuk perusahaan yang jujur. Banyak ide-ide yang akan muncul dari tingkatan paling bawah jika lingkungan kerja perusahaan Anda mendukung untuk hal itu.

Untuk membangun lingkungan kerja seperti ini, Anda perlu menanyakan kepada karyawan tentang berbagai hal yang dapat membantu mereka dalam peningkatan kinerja.

 

  1. Kembangkang Kebijakan yang Otentik

Kebijakan perusahaan merupakan harapan bagi seluruh karyawan dalam melakukan pekerjaannya. Idealnya, perusahaan harus mengembangkan kebijakan yang otentik sesuai dengan nilai-nilai perusahaan.

Tentunya dalam membuat kebijakan selalu ada ruang untuk perbaikan atau penambahan kebijakan baru. Maka dari itu, Anda perlu bertanya kepada karyawan bagaimana kebijakan yang berlaku dapat meningkatkan pengalaman kerja yang baik.

 

  1. Memperkuat Kepercayaan Komunikasi Melalui Transparansi

Komunikasi yang jujur akan tercipta dalam lingkungan yang transparan. Umumnya karyawan akan segan memberikan feedback jika lingkungannya dirasa tidak cukup baik.

Maka dari itu, Anda perlu membangun lingkungan yang transparan agar seluruh karyawan bersedia memberikan umpan baliknya kepada perusahaan.

 

Bagaimana Menggunakan Feedback Karyawan?

Ketika feedback karyawan untuk perusahaan telah diberikan dengan baik dan konstruktif, lalu bagaimana menggunakan feedback karyawan tersebut? Berikut beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk menggunakan umpan balik karyawan:

 

  1. Lakukan Pertimbangan dalam Menanggapi Feedback

Feedback karyawan untuk perusahaan memang penting, namun Anda perlu berhati-hati dalam menanggapinya. Jangan sampai nilai-nilai perusahaan yang ingin Anda bawa malah tidak tersampaikan dengan baik jika mengikuti kemauan karyawan.

Anda perlu melakukan pertimbangan dan memikirkan mana yang perlu direspons dan segera dilakukan serta mana yang kurang tepat untuk dilakukan.

 

  1. Ucapkan Terima Kasih Kepada Karyawan

Karyawan yang dengan senang hati memberikan feedback artinya sangat memperdulikan perusahaan. Oleh karena itu, Anda perlu mengucapkan terima kasih kepada mereka. 

Selain itu, bagi karyawan yang telah berpartisipasi dalam memberikan feedback merasakan bahwa suara mereka benar-benar didengar.

 

  1. Tindaklanjuti Feedback

Tidak ada cara yang lebih baik menggunakan feedback karyawan selain menindaklanjuti umpan balik yang diberikan. Feedback karyawan untuk perusahaan tentunya harus ditindaklanjuti agar perusahaan dapat introspeksi dengan serius.

Ketika Anda mengadakan rapat berkala, beritahu kepada karyawan sejauh mana Anda telah menindaklanjuti feedback yang diberikan. Sehingga karyawan akan merasa didengar dan dihargai.

 

Manajemen Feedback Karyawan dengan Performance Management LinovHR

Seperti yang sudah sedikit disinggung di atas, feedback karyawan bukanlah hal yang sederhana. Kebanyakan karyawan sungkan untuk memberikan feedback. Namun, ada cara yang praktis dan juga mudah untuk mendapatkan feedback yaitu dengan menggunakan software performance management dari LinovHR.

Aplikasi penilaian kerja LinovHR berbasis web yang dapat bantu HRD untuk mendapatkan masukkan dari karyawan dengan fitur request feedback. Selain itu, dengan adanya fitur hide feedback, sehingga karyawan tidak perlu takut atau sungkan lagi untuk memberikan feedback untuk perusahaan.

Anda juga dapat menganalisa kinerja karyawan dengan lebih terukur. Sehingga dapat melakukan performance review, goal management, hingga melakukan feedback.

Tipe feedback yang tersedia dalam software performance management juga ada banyak, mulai dari antar karyawan, manajer, antar divisi, internal dan eksternal, hingga custom feedback. Sehingga haik karyawan dan manajerial dapat meningkatkan serta memperbaiki dirinya dengan lebih baik.

 

performance review

Pastinya dengan menggunakan software performance management dari LinovHR, Anda dapat dengan mudah memantau kinerja karyawan Anda hingga menentukan KPI karyawan.

Segera hubungi tim kami untuk mendapatkan penawaran terbaik dari software performance management LinovHR!