Frontliner: Pengertian, Jenis, dan Kualifikasi yang Dibutuhkan

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

frontliner
Isi Artikel

Frontliner adalah orang-orang yang memberikan pelayanan langsung kepada pelanggan. Seperti namanya, frontliner merupakan garda terdepan yang terlibat langsung dengan pelanggan dalam sebuah perusahaan.

Pekerjaan ini cocok untuk Anda yang senang berinteraksi dan membantu orang lain. Jika Anda tertarik dengan pekerjaan ini, maka Anda perlu mengenali profesi frontliner lebih dalam.

Tenang saja, Anda dapat menemukan ulasan lengkap tentang frontliner di artikel LinovHR ini.

Selamat membaca!

 

Mengenal Jenis Pekerjaan Frontliner

Jenis pekerjaan frontliner dibagi berdasarkan perbedaan industri. Berikut ini adalah frontliner yang dibedakan berdasarkan tipe industri:

  • Frontliner pendidikan.
  • Frontliner kesehatan.
  • Frontliner manufaktur.
  • Frontliner retail.
  • Frontliner pariwisata.
  • Frontliner pemerintahan.
  • Frontliner pelayanan sosial.
  • Frontliner industri transportasi dan pengiriman barang.
  • Frontliner sales dan marketing.
  • Frontliner administrasi.

 

8 Jenis Pekerjaan Frontliner

Sebagai pelengkap jenis-jenis frontliner yang dibagi berdasarkan jenis industri, berikut ini adalah 8 jenis pekerjaan frontliner lainnya yang perlu Anda tahu.

 

1. Kasir

kasir frontliner
kasir

 

Kasir bertanggung jawab menangani pembelian pelanggan, termasuk pembayaran dan pemberian uang kembalian. Selain itu, kasir juga harus membantu pelanggan jika mereka mengalami kendala atau memiliki pertanyaan.

 

2. Resepsionis

Resepsionis bertugas di lobi gedung, penginapan, atau tempat wisata. Seorang resepsionis bertanggung jawab membantu tamu dalam melakukan check in dan check out, membuat reservasi, dan mengatasi masalah yang dialami.

 

3. Teknisi Maintenance

Teknisi maintenance adalah orang yang bertugas untuk memperbaiki dan memelihara mesin atau gedung. Hal yang dilakukan teknisi maintenance misalnya memperbaiki mesin, memperbaiki kebocoran gedung, mengecat gedung, menangani masalah penghuni gedung, hingga menjaga kebersihan gedung.

 

4. Social Worker

Social worker merupakan pekerja sosial yang bekerja untuk memberi dukungan kepada masyarakat. Biasanya, social worker bekerja di industri-industri tertentu seperti pendidikan, kesehatan fisik, atau kesehatan mental.

 

5. Teknisi Medis Gawat Darurat

Teknisi medis gawat darurat merupakan orang yang bertanggung jawab dalam memberikan pelayanan kesehatan darurat kepada pasien. 

Pelayanan darurat yang dimaksud yaitu membawa pasien ke rumah sakit dan memberikan obat untuk pasien yang berada dalam situasi krisis namun jauh dari fasilitas kesehatan.

 

6. Guru SD

Guru SD juga merupakan salah satu frontliner. Tugas guru SD adalah mengajar anak-anak sekolah dasar, membuat kurikulum pembelajaran, dan menyesuaikan pendekatan mengajar dengan kebutuhan siswa yang beraneka ragam.

 

7. Perawat

Perawat adalah tenaga medis yang memberi pelayanan dukungan kepada dokter. Perawat bertugas dalam mencatat dan memeriksa kondisi pasien, menjelaskan kondisi yang terjadi kepada pasien, memberi obat-obatan, serta melakukan disinfeksi.

 

8. Konsultan

Frontliner selanjutnya adalah konsultan. Konsultan bertanggung jawab dalam membantu mengoptimalkan bisnis di berbagai bidang. Misalnya marketing, finance, business development, dan teknologi.

 

Tugas Frontliner

Berdasarkan penjelasan sebelumnya, Anda sudah tahu bahwa frontliner terdiri atas beragam jenis. Setiap jenis frontliner memiliki tugas yang berbeda-beda. 

Frontliner yang bekerja di toko tentu memiliki tugas yang berbeda dengan frontliner yang bekerja di sekolah. Jika frontliner di toko melayani pembelian pelanggan, frontliner di sekolah bertugas untuk mengajar anak-anak.

Namun, secara umum, tugas frontliner adalah sebagai berikut:

  • Berinteraksi secara langsung dengan orang lain. Orang lain yang dimaksud yaitu tamu, pelanggan, konsumen, pasien, klein, dan murid.
  • Membantu orang lain dalam menyelesaikan masalahnya. Misalnya, seorang frontliner hotel harus membantu tamu hotel yang tidak bisa masuk ke kamarnya.
  • Menyediakan pelayanan secara langsung kepada orang lain. Misalnya, seorang frontliner konsultan memberi pelayanan langsung kepada klien yang membutuhkan bantuan dalam menyusun strategi bisnis.

 

Baca Juga: Tugas Seorang Foreman dan Tanggung Jawabnya

 

Kualifikasi dan Skill Staff Frontliner

Staff frontliner adalah pekerjaan yang membutuhkan pertemuan dengan banyak orang. Oleh karena itu, seorang frontliner perlu menguasai kualifikasi dan skill yang dibutuhkan untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain.

Berikut ini adalah contoh kualifikasi dan skill yang harus dikuasai staff frontliner.

 

1. Empati

Seorang frontliner harus menanggapi berbagai masalah pelanggan. Karena itulah, frontliner harus bisa berempati dengan apa yang dialami dan dirasakan pelanggan. Jika tidak, pelanggan  akan merasa tidak nyaman.

 

2. Komunikasi

Frontliner tentu saja harus menguasai skill komunikasi karena akan bertemu dengan banyak orang. Kemampuan komunikasi ini digunakan untuk memberi penyampaian kepada orang lain agar jelas dan mudah dipahami.

 

3. Berpikir Kritis

Frontliner dituntut untuk bekerja dengan cepat dalam mengatasi masalah pelanggan. Jika tidak cepat, masalah bisa jadi tambah membesar. Penanganan masalah secara cepat ini tentunya membutuhkan kemampuan berpikir kritis yang baik.

 

4. Kecerdasan Emosional

Kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang dalam mengerti apa yang orang lain pikirkan atau rasakan. Pemikiran dan perasaan orang lain tersebut bisa diketahui dari gerak tubuh dan cara bicara. Seorang frontliner harus bisa mengenali perasaan pelanggan agar bisa merespon dengan tepat.

 

5. Mampu Bekerja di Bawah Tekanan

Terakhir, frontliner harus bisa bekerja di bawah tekanan. Hal ini sangat penting karena ketika bertemu dengan orang banyak, frontliner akan menemui berbagai tantangan. Misalnya, pelanggan yang marah karena masalahnya belum terselesaikan.

 

Itulah tadi pembahasan lengkap mengenai profesi frontliner. Bidang pekerjaan ini membutuhkan skill komunikasi yang baik, karena sering berpapasan langsung dengan orang atau pelanggan. Jadi sudah lebih jelas kan tentang jenis pekerjaan satu ini?

Semoga bermanfaat.

Tentang Penulis

Picture of Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Picture of Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter