Manajemen HR

Fungsi Manajemen HR di Dalam Perusahaan

Dalam sebuah perusahaan mengelola manajeman HR merupakan sebuah keharusan. Hal ini akan mempengaruhi pada perkembangan perusahaan, terutama karena berhubungan langsung dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang merupakan aset penting. Beberapa fungsi manajemen HR di dalam perusahaan di antaranya:

 

1. Staffing

Fungsi staffing akan berhubungan dengan 3 aktivitas penting dalam perusahaan, yaitu perencanaan, penarikan tenaga kerja dan juga seleksi Sumber Daya Manusia (SDM). Sebenarnya, manajer dalam perusahaan juga bertanggung jawab pada kebutuhaan SDM. Namun, sekarang ini manajer sudah bisa bergantung pada departemen SDM atau yang kita kenal dengan sebutan HRD.

 

Baca Juga: Tugas Pokok Dan Fungsi HRD Perusahaan

 

2. Performance evaluation

Manajer perusahaan akan bertanggung jawab untuk melakukan evaluasi pada kinerja bawahannya sementara HRD akan bertanggung jawab mengenmbangkan bagaimana bentuk penilaian kinerja yang bisa dilakukan secara efektif serta memastikan bahwa proses penilaian tersebut harus dilakukan oleh seluruh divisi dalam perusahaan. Sementara itu, HRD juga diharuskan bisa memberikan pelatihan pada manajer mengenai cara pembuatan standar kinerja yang tepat serta bagaimana pembuatan nilai kinerja yang akurat.

 

3. Compensation

Dalam hal pemberian kompensasi atau reward juga sangat dibutuhkan koordinasi yang baik, khususnya antara HRD dan manajer. Ini karena manajer memiliki tanggung jawab atas kenaikan gaji, sementara HRD bertanggung jawab mengembangkan struktur penggajian yang terbaik. Di samping itu, sistem kompensasi juga sangat memerlukan keseimbangan diantara pembayar serta manfaat apa yang akan diberikan pada tenaga kerja. HRD juga harus bisa memastikan bahwa kompensasi yang diberikan sifatnya kompetitif khususnya antara perusahaan yang sejenis.

 

4. Training and development

HRD juga memiliki fungsi membantu para manajer agar bisa menjadi pelatih sekaligus penasihat untuk para bawahan dalam perusahaan. Selain itu, juga HRD harus bisa menciptakan sebuah program pelatihan dan pengembangan yang efektif untuk karyawan baru atau yang sudah ada guna mengembangkan keterampilan.

 

Baca Juga: 7 Jenis Pelatihan dan Pengembangan SDM Untuk Perusahaan

 

5. Employe Relations

HRD dalam perusahaan juga memiliki tanggung jawab untuk menghindari adanya praktek yang tidak sehat, seperti demonstrasi atau mogok kerja. Sementara itu, dalam sebuah perusahaan yang tidak mempunyai serikat kerja maka HRD sangat dibutuhkan untuk berhubungan dengan para karyawan. Karena pada umumnya, karyawan dalam perusahaan tidak akan bergabung dengan serikat kerja bila gaji yang diperolehnya sudah cukup dan memadai.

 

6. Safety and Health

Setiap perusahaan juga harus bisa melaksanakan program keselamatan agar dapat meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan serta menciptakan sebuah kondisi yang sehat. Para karyawan dalam perusahaan perlu diingatkan bahwa keselamatan kerja merupakan hal yang paling penting. Sementara itu, HRD dalam fungsinya juga bertanggung jawab untuk memberikan pelatihan mengenai keselamatan kerja pada para karyawan serta memperbaiki kondisi bila ada yang membahayakan untuk karyawan serta memberikan laporan bila terjadi kecelakaan.

 

7. Personnel Research

Manajemen HR dalam perusahaan juga berfungsi untuk membantu meningkatkan efektifitas perusahaan dalam melakukan analisis pada masalah individu, perusahaan dan juga membuat perubahan. Beberapa masalah kecil yang bisa menjadi besar mungkin terjadi, seperti adanya kertelambatan karyawan atau ketidakpuasan karyawan dalam berbagai hal, terutama dalam masalah fasilitas kerja.

 

Itulah 7 fungsi manajemen HR di dalam perusahaan yang sangat penting untuk diterapkan. Baik perusahaan skala kecil, apalagi besar, penerapan manajemen HR yang tepat akan berdampak positif pada perkembangan perusahaan. Bila ada kesalahan maka bukan tidak mungkin akan ada kerugian bagi positif.