Gaji Kompetitif Adalah: Pengertian, Pentingnya, hingga Cara Negosiasinya

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

gaji kompetitif
Isi Artikel

Gaji kompetitif adalah salah satu istilah yang mungkin masih terdengar asing di kalangan fresh graduate yang sedang mencari pekerjaan.

Akan tetapi, istilah gaji kompetitif ini sebenarnya sudah sering digunakan oleh para pencari kerja dalam proses perekrutan karyawan..

Sebagai seorang fresh graduate, tentu mereka belum memahami secara mendalam mengenai kemampuan apa saja yang sebenarnya dimiliki olehnya.

Tentu hal ini akan menjadi masalah ketika mereka ingin melakukan negosiasi gaji dalam proses rekrutmen di perusahaan.

Oleh karena itu, penting sekali bagi fresh graduate untuk mengetahui arti gaji kompetitif.

Karena itulah, simak penjelasan artikel LinovHR berikut sampai tuntas ya!

 

Apa Itu Gaji Kompetitif?

Gaji kompetitif adalah besaran gaji yang diberikan oleh perusahaan dengan menyesuaikan kemampuan para pekerja saat ini.

Gaji kompetitif sendiri sebenarnya bisa dikaitkan dengan permasalahan kesetaraan gender di lingkup dunia kerja, seperti para pekerja wanita yang memiliki gaji lebih rendah dibandingkan dengan gaji pria.

Selain itu, istilah gaji kompetitif juga digunakan untuk membandingkan gaji yang diberikan perusahaan saat ini dengan besaran gaji rata-rata di industri.

Jika saat ini perusahaan memberikan gaji lebih tinggi daripada rata-rata industri, bisa dibilang gaji tersebut kompetitif.

Dalam melamar pekerjaan, seorang pelamar bisa terjebak karena tidak adanya cantuman gaji yang akan didapatkan.

Dalam hal ini, perusahaan perlu menampilkan gaji kompetitif dalam surat lowongan kerja yang dimilikinya agar tidak ada kandidat yang merasa terjebak dengan besarnya gaji maupun tunjangan yang akan diterima.

 

Mengapa Gaji Kompetitif Penting bagi Karyawan?

Seperti yang Anda ketahui, membicarakan mengenai gaji adalah hal yang sangat sensitif, terutama di kalangan karyawan. 

Namun, membicarakan gaji kompetitif sangat penting karena ini berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan hidup setiap karyawan.

Apalagi mengingat adanya inflasi yang berkelanjutan serta masalah sosial lainnya yang sedang terjadi di era saat ini.

Dengan banyaknya masalah sosial serta kenaikan harga barang yang ada pada saat ini, tentu para pekerja akan memperhatikan lebih mendalam mengenai besaran gaji yang akan didapatkan.

Selain itu, kandidat yang sedang dalam proses rekrutmen juga perlu mengetahui tentang gaji kompetitif. Mereka perlu tahu kisaran gaji yang akan didapatkan jika dibandingkan dengan gaji pada posisi serupa di industri yang sama.

Hal ini penting agar kandidat tidak terjebak dalam gaji yang terlalu sedikit sehingga sulit menutupi kebutuhan hidup sehari-hari.

 

Baca Juga: 10 Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi di Indonesia, Apa Saja?

 

Cara Mengetahui Gaji Kompetitif

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui gaji kompetitif adalah dengan mencari iklan pekerjaan di berbagai perusahaan.

Biasanya, perusahaan akan menampilkan gaji kompetitif pada iklan lowongan pekerjaan yang disebarkannya. Hal tersebut dapat berupa kisaran gaji, perkiraan, hingga angka gaji yang ditetapkan oleh perusahaan. 

Besaran gaji untuk setiap pekerjaan tentunya akan memiliki beberapa variasi, menyesuaikan dengan jenis pekerjaan yang dilamarnya.

Dalam hal ini, Anda juga dapat melakukan negosiasi terhadap besarnya gaji yang akan didapatkan.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai gaji yang akan Anda terima jauh lebih rendah daripada gaji di posisi serupa pada industri yang sama.

 

Cara Negosiasi Gaji Kompetitif

Ketika ingin melakukan negosiasi gaji kompetitif pada perusahaan yang Anda lamar, tentu Anda harus memperhatikan caranya. Berikut ini adalah cara negosiasi gaji kompetitif, antara lain:

  1. Mengetahui keterampilan yang Anda miliki.
  2. Mencari tahu besaran gaji rata-rata pada setiap market yang ada.
  3. Mengetahui latar belakang perusahaan.
  4. Memberitahukan kepada perusahaan mengenai harapan gaji yang Anda inginkan.
  5. Mulai melakukan tawar menawar hingga mencapai kesepakatan.
  6. Memastikan semua hal yang sudah dinegosiasikan telah tercantum di dalam kontrak.

 

Baca Juga: 7 Pertanyaan untuk bantu Negosiasi Gaji Anda

 

Kelola Gaji Kompetitif Karyawan dengan Software Payroll LinovHR

Perusahaan, terutama HR harus memperhatikan segala aspek dengan detail dalam mengelola gaji kompetitif karyawan. Hal tersebut ditujukan agar perusahaan tidak melakukan kesalahan dalam menggaji karyawan.

Selain mengelola gaji kompetitif, perusahaan juga harus memperhatikan secara detail ketika ingin mengelola kenaikan gaji karyawan. Dalam melakukan kenaikan gaji, divisi payroll perlu menyesuaikan komponen gaji yang ada di perusahaan mereka.

Jika perusahaan Anda masih menggunakan cara manual dalam melakukan pengelolaan kenaikan gaji, Anda akan menghabiskan banyak waktu dan tenaga.

Oleh karena itu untuk memudahkannya, Anda bisa menggunakan Software Payroll LinovHR.

 

payroll

 

Dengan berbagai fitur yang tersedia di dalam Software Payroll LinovHR, Anda dapat melakukan kegiatan seperti perhitungan payroll, pembayaran gaji beserta komponen-komponennya secara rutin maupun periodik, pengelompokkan payroll berdasarkan jenis karyawan, pembuatan slip gaji, hingga menghasilkan laporan payroll dapat dilakukan secara cepat, tepat, dan mudah.

Tertarik untuk melakukan pengelolaan gaji karyawan secara cepat, tepat, dan mudah? Segera gunakan Software Payroll LinovHR sekarang juga!

Itulah informasi mengenai gaji kompetitif yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk Anda, terutama bagi para pencari kerja dan fresh graduate yang ingin memasuki dunia kerja.

Tentang Penulis

Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter