INFJ Adalah Kepribadian Langka, Ini Pekerjaan yang Cocok untuknya

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

INFJ Adalah
Isi Artikel

INFJ adalah salah satu dari 16 tipe kepribadian MBTI yang merupakan singkatan dari introversion, intuition, feeling dan judging. Bisa dibilang tipe kepribadian ini termasuk yang langka.

Kepribadian dengan tipe INFJ memiliki sifat idealis yang berkeinginan membantu orang lain mencapai potensi terbaik mereka.

Jenis kepribadian INFJ  ini cukup menarik untuk dibahas. Maka dari itu mari simak artikel yang sudah disiapkan oleh LinovHR berikut ini sampai tuntas.

 

 

Apa Itu Kepribadian INFJ?

Sebelum mengetahui apa itu INFJ, Anda perlu tahu bahwa secara umum terdapat tes kepribadian yang dikembangkan oleh Isabel Briggs Myers dan Katherine Briggs.

Nah, tes ini mengacu kepada empat skala, yakni Extraversion (E) – Introversion (I), Sensation (S) – Intuition (N), Thinking (T) – Feeling (F), dan Judging (J) – Perceiving (P).

Tes tersebut disebut dengan MBTI dan INFJ merupakan salah satu kepribadian di dalamnya.

Tipe kepribadian ini memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas, kreativitas tinggi, dan sikap tegas.

Jika berdasarkan pengertiannya, INFJ adalah kepribadian introvert atau orang yang lebih suka menghabiskan waktunya sendirian.

Sementara intuition (intuisi) yang di dalam kepribadian INFJ berarti orang ini lebih fokus kepada ide dan konsep.

Selain itu, feeling di dalam kepribadian ini menandakan bahwa mereka akan membuat keputusan berdasarkan emosi dan nilai. Sedangkan judging artinya suka sesuatu hal yang terencana dan teratur.

Menariknya dari kepribadian ini, ia mampu membaca dan memahami emosi orang lain. Itulah kenapa banyak menjulukinya the advocate.

Sebabnya adalah seorang advokat seringkali bisa memahami emosi orang lain lebih baik dibandingkan emosinya sendiri. Kemampuan inilah yang membuatnya bisa terlihat seperti ekstrovert sewaktu-waktu.

Karena sifatnya yang cenderung tertutup, kepribadian INFJ tidak pandai dalam bersosialisasi dan berinteraksi dengan orang lain.

Orang yang punya pribadi ini hanya akan terbuka dan berbagi jati diri kepada mereka yang dipilihnya.

Di sisi lain, pribadi ini selalu menangani berbagai hal menggunakan perasaan sehingga banyak yang berpendapat ia sebagai orang yang lemah lembut dan perhatian.

Namun, ia justru melihat dirinya sendiri sebagai pribadi yang kompleks dan sangat intuitif.

Meski begitu, INFJ termasuk tipe kepribadian yang sangat langka. Dilansir dari Ball State University, hanya sekitar 1,5% orang yang memiliki pribadi tipe ini. Dari jumlah tersebut diketahui sebanyak 56% wanita, dan sisanya 44% pria.

 

Kelebihan dan Kelemahan Seorang INFJ

Seseorang yang punya kepribadian INFJ punya karakteristik yang khas sebagaimana orang pada umumnya. Masing-masing tipe pribadi punya kelebihan dan kelemahan, yang di antaranya adalah:

  • Mampu menginspirasi. Gaya bicara dan komunikasinya menarik, mampu mempengaruhi orang lain, terutama tentang topik yang dikuasainya.
  • Ringan tangan. Karena cenderung menggunakan perasaan dan kemampuannya dalam memahami orang lain, sehingga pribadi ini sering menolong orang lain tanpa mengharapkan imbalan. Dirinya pun memiliki keinginan untuk menjadikan dunia sebagai tempat yang lebih baik bagi semua kalangan.
  • Semangat tinggi. Memiliki semangat dan tekad tinggi dalam bekerja untuk dapat menghasilkan perubahan secara nyata.
  • Wawasannya luas. Orang dengan kepribadian ini punya wawasan yang baik mengenai orang dan situasi dan pandai menciptakan hubungan antara keduanya.
  • Kreatif. Pribadi yang satu ini cenderung menggunakan imajinasi untuk meningkatkan kehidupan serta orang-orang sekitarnya untuk memecahkan masalah.

 

Disamping kelebihannya membuatnya mampu menginspirasi banyak orang dan semangat tinggi, ada beberapa kelemahan yang dimiliki pribadi ini. Kelemahan kepribadian INFJ adalah:

  • Sensitif. Terlalu sensitif untuk menghadapi kritik dari orang lain tentang dirinya, dan cenderung tidak mampu menangani konflik dengan baik.
  • Cepat lelah. Dibalik semangatnya yang tinggi, pribadi ini kerap kali lupa untuk menjaga kesehatan tubuhnya sehingga lebih mudah lelah.
  • Tertutup. Pribadinya yang introvert membuatnya sulit untuk terbuka akan hal-hal yang sensitif dan lebih suka merahasiakan kehidupan pribadinya ketimbang menceritakannya kepada orang lain.
  • Keinginan menjadi sempurna. Seluruh hidupnya termotivasi oleh cita-cita dan tujuan sehingga terkadang ketika tujuannya tidak tercapai maka akan sulit untuk menerimanya.
  • Membenci ketidaksesuaian. Hidupnya terorganisir sesuai dengan tujuan hidupnya, dan seringkali membenci apapun yang tidak searah dengan tujuannya.

 

Baca Juga: Profesi yang Cocok untuk Kepribadian ISTJ

 

Pekerjaan yang Cocok untuk INFJ

Pekerjaan yang Cocok untuk INFJ
Sumber: Unsplash by Kenny Eliason

 

Setelah Anda mengetahui kelebihan dan kelemahan dari tipe kepribadian INFJ, kira-kira pekerjaan apa yang cocok dengan pribadi ini? Berikut ulasannya:

 

  1. Konselor

Seorang INFJ punya empati tinggi dan lebih suka mendengarkan daripada berbicara. Oleh karena itu, berkarir sebagai konselor akan sangat cocok untuk pribadi ini. Konselor bekerja dengan seseorang yang sedang kesulitan secara pribadi dan butuh bantuan untuk mengatasinya.

Komunikasi yang baik jadi kunci utama dari seorang konselor karena lebih banyak bekerja secara personal saat membantu klien.

 

  1. Product Manager

Orang berkepribadian INFJ memiliki kemampuan memimpin yang baik, itulah mengapa pekerjaan menjadi Product manager akan sangat cocok dengannya.

Tidak cuma mampu memimpin, seorang INFJ juga mampu bertanggung jawab. Di mana hal ini sangat penting untuk posisi ini karena mereka harus memastikan  produk yang dikembangkan bisa sukses dan laku di pasaran.

Rasa tanggung jawab terhadap pekerjaan yang dikerjakan membantu INFJ memimpin sebuah tim.

 

  1. Bekerja di NGO

Pribadi INFJ punya rasa kemanusiaan yang besar dan idealis, sehingga akan cocok jika bekerja untuk NGO. Kemampuannya dalam merencanakan strategi dan memecahkan masalah tentu sangat dibutuhkan bagi NGO.

Selain itu, sifat empatinya akan mudah terhubung dengan komunitas dan bekerja di NGO bisa Anda pertimbangan.

 

  1. Desain Grafis

Desainer grafis juga bisa Anda pertimbangkan jika Anda adalah pribadi INFJ. Umumnya, tipe kepribadian ini punya sifat kreatif dan artistik sehingga dapat disalurkan dengan menciptakan karya grafis yang menarik.

Sifatnya yang juga humanis lebih mudah membantu mereka dalam membangun hubungan yang baik dengan klien.

 

  1. Guru

Seorang INFJ juga cocok berkarier sebagai pengajar atau guru. Alasannya karena mereka memiliki keinginan untuk membantu kehidupan orang lain jadi lebih baik.

Orientasi mereka selalu ke menuju ke depan sehingga selalu berniat membantu lingkungan sekitar agar juga memiliki kehidupan yang baik.

Menjadi guru memang tidak mudah tetapi dengan kemampuan komunikasi yang dimiliki pribadi INFJ, hal itu akan mudah diatasi. Selain itu, perlu ada persiapan dan strategi untuk menghadapi setiap murid agar bisa lebih nyaman.

 

  1. Data Scientist

Terakhir adalah data scientist, pekerjaan yang cocok untuk INFJ. Pribadi ini sangat menikmati pekerjaannya yang bisa memberikan dampak besar bagi perusahaan dan menyukai keteraturan.

Tak hanya itu, kemampuan analisisnya yang baik akan sangat mendukung untuk menjadi seorang data scientist yang andal. Apalagi di era modern ini, perusahaan sangat mengandalkan data scientist untuk mencari tahu apa yang dibutuhkan oleh pelanggan.

 

Baca Juga: Profesi yang Cocok untuk Kepribadian INTJ

 

Apakah Anda seorang yang memiliki kepribadian INFJ? Jika saat ini Anda bingung menemukan jati diri atau bingung pekerjaan apa yang cocok, rekomendasi di atas semoga bisa membantu Anda menemukan pekerjaan yang sesuai dengan passion Anda.

Semoga bermanfaat!

Tentang Penulis

Picture of Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Picture of Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter