Interview Online

Dapat Undangan Interview Online? Perhatikan 10 Tips di Bawah Ini!

Sebagian besar perusahaan di Indonesia yang menggunakan teknologi terkini memanfaatkan interview online sebagai upaya untuk mencari karyawan baru.

Hal ini dikarenakan interview secara online lebih praktis, efektif, dan cepat. Selain itu, interview online juga memudahkan recruiter menyeleksi kandidat yang paling sesuai dengan posisi yang dibutuhkan. 

Bagaimana jika Anda mendapatkan undangan interview online? Tidak perlu panik, inilah beberapa tips yang bisa Ada terapkan supaya interview berjalan sukses! 

 

10 Tips Interview Online

Bagi Anda yang mendapatkan undangan wawancara online, beberapa tips dan trik interview online dibawah ini dapat membantu Anda agar proses interview berjalan lancar:

 

1. Siapkan Perangkat yang Hendak Digunakan

Sebelum melakukan interview secara online, alangkah baiknya Anda memperhatikan kualitas dan spesifikasi gadget atau perangkat agar proses wawancara online dapat berjalan lancar tanpa hambatan. Sebaiknya gunakan laptop atau komputer agar proses interview lebih maksimal. 

Namun, jika kamera laptop Anda memiliki kualitas yang rendah, Anda dapat menambahkan lebih banyak cahaya untuk meningkatkan kualitas gambar selama proses wawancara.

Untuk memastikan tidak ada suara bising di sekitar Anda, gunakan headset atau headphone yang dilengkapi mikrofon. Ini juga berguna untuk membuat suara Anda terdengar lebih jelas.

Pertanyaan saat interview

2. Pastikan Koneksi Internet Stabil

Tips kedua adalah periksa koneksi internet Anda dan baterai laptop yang akan digunakan.

Dengan memiliki koneksi internet yang kuat, tentunya Anda akan lebih mudah untuk memahami dan menjawab sejumlah pertanyaan yang diajukan oleh recruiter. Selain itu, periksa juga perangkat pendukung lainnya seperti kamera, speaker, headset, dan perangkat lainnya agar tidak terjadi miskomunikasi selama proses wawancara.

 

3. Pelajari Platform Interview yang Digunakan

Setelah Anda memastikan perangkat dan koneksi internet sudah siap digunakan, kini saatnya Anda mempelajari platform yang akan Anda gunakan saat wawancara.

Pihak pewawancara umumnya menggunakan software yang populer seperti Google Meets, Zoom, atau Skype. Perusahaan tempat Anda melamar pekerjaan biasanya akan memberitahu Anda platform mana yang akan digunakan melalui undangan wawancara. 

Beberapa hal paling penting yang perlu Anda kuasai adalah fungsi dasar software tersebut, seperti fitur mute untuk membisukan suara Anda, fitur share screen, fitur end call, dan lain-lain. Dengan mempelajari platform yang digunakan, Anda tidak akan kebingungan saat proses wawancara berlangsung. 

 

Baca Juga: Tips dan Trik Mengerjakan Tes Wartegg

 

4. Periksa Tempat untuk Wawancara

Pastikan tempat atau ruangan jauh dari keramaian saat Anda melakukan wawancara online.

Ciptakan suasana ruangan yang tenang dengan faktor cahaya yang memadai agar recruiter dapat melihat Anda dengan jelas. Selain itu, pilih latar belakang yang polos dan tidak mencolok agar recruiter bisa fokus melihat Anda, bukan fokus pada ruangan di sekitar Anda. 

 

5. Berpakaian Secara Profesional

Meski Anda tidak bertemu langsung dengan recruiter, bukan berarti Anda mengabaikan penampilan saat melakukan interview online.

Anda harus mengenakan pakaian formal yang rapi dan sopan layaknya menghadiri wawancara langsung di kantor. Dengan begitu, Anda akan memberikan kesan serius dan profesional. 

Pelamar yang tidak memperhatikan penampilannya saat melakukan wawancara baik online maupun tatap muka, biasanya peluangnya sangat kecil untuk dilirik oleh recruiter.

Selain itu, berpenampilan yang tidak rapi dan menarik juga bisa membuat recruiter kurang percaya kepada pelamar.

 

6. Pastikan Pandangan Mata Tertuju ke Depan

Selama proses wawancara online, pastikan Anda melihat ke arah kamera sebanyak mungkin bukan fokus pada recruiter yang ada di layar.

Dengan melihat ke arah kamera, memungkinkan Anda untuk melakukan kontak mata dengan recruiter. Oleh sebab itu, saat melakukan wawancara online pastikan Anda mengatur posisi kamera laptop sejajar dengan mata. Sehingga Anda dapat menatap langsung ke kamera tanpa harus menunduk atau membungkuk. 

 

7. Latihan Secara Konsisten

Sebelum memulai wawancara online, Anda dapat mencoba berlatih bersama teman atau diri sendiri. Dengan latihan wawancara, Anda bisa memeriksa apakah postur tubuh Anda sudah tepat, bagaimana dengan pencahayaan di ruangan, atau apakah mata Anda sudah terfokus pada lawan bicara.

Selain itu, latihan wawancara secara konsisten dapat membuat Anda lebih percaya diri dan mengurangi rasa cemas saat wawancara. 

 

8. Memaksimalkan Penggunaan Bahasa Tubuh

Menggunakan bahasa tubuh (body language) selama proses wawancara online akan membantu Anda menjawab serangkaian pertanyaan dengan percaya diri dan berenerjik.

Meskipun proses wawancara hanya melalui sambungan gadget, bahasa tubuh yang benar akan membantu suara Anda terdengar lebih bersahabat, terbuka, dan meyakinkan. 

 

Baca Juga: Apakah Kerja di Luar Negeri Selalu Menguntungkan?

 

9. Dengarkan Pewawancara Dengan Seksama

Perlu diketahui, sangat mudah bagi pelamar untuk melewatkan sesuatu selama proses wawancara online. Untuk menghindari situasi aneh semacam itu, penting bagi Anda untuk mencatat kata kunci selama wawancara untuk memudahkan Anda mengingatnya kembali.

Namun, apabila Anda terlanjur melewatkan sesuatu yang penting, maka sebaiknya Anda bertanya kepada pihak recruiter. 

 

10. Siapkan Diri Lebih Awal

Meskipun interview dilakukan secara online, bukan berarti Anda tidak akan mengalami berbagai kendala. Maka dari itu, pastikan diri Anda siap 15-20 menit lebih awal dari jadwal wawancara yang ditentukan.

Persiapan lebih awal ini sangat penting agar Anda memiliki waktu untuk menyiapkan komputer dan perangkat yang digunakan. Dengan bersiap lebih awal, Anda dapat lebih tenang dan lebih percaya diri saat melakukan wawancara.

 

Itulah 10 tips dan trik interview online yang bisa Anda terapkan. Sama halnya dengan melakukan wawancara tatap muka, Anda juga harus memperhatikan beberapa hal penting seperti di atas agar dapat menarik perhatian pewawancara. Semoga berhasil!