tunjangan jabatan

Kenali Jenis Tunjangan Jabatan dalam Perusahaan

Tunjangan jabatan pasti tak asing bagi banyak karyawan. Perusahaan memberikan tunjangan disamping gaji utama. Semakin tinggi dan penting jabatan karyawan, semakin tinggi pula tanggung jawabnya. Maka, tunjangan yang diterima karyawan dengan posisi tinggi pun akan semakin besar. Apa saja jenis tunjangan jabatan dan mengapa perusahaan memberikan tunjangan? 

 

Mengenal Tunjangan Jabatan

Tunjangan jabatan adalah sejumlah dana yang diberikan perusahaan kepada karyawan di di samping gaji bulanan. Tunjangan setiap bulannya diberikan bersamaan dengan gaji dan menjadi salah satu komponen penggajian. Tunjangan jabatan mudah didapati di perusahaan swasta maupun pemerintahan.

Tunjangan dalam perusahaan swasta umumnya diberikan kepada karyawan yang menduduki jabatan penting di struktur perusahaan dan mengemban tanggung jawab besar, misalkan manajer, supervisor, kepala cabang, dan lainnya. Pemberian tunjangan dalam lembaga pemerintahan pun tak berbeda jauh. Tunjangan diberikan kepada kepala dinas, dosen, dokter rumah sakit pemerintah, peneliti, atlet, dan lainnya. Besaran tunjangan pun disesuaikan dengan wilayah penempatan pegawai pemerintahan tersebut. 

hris

 

.

Mengapa Perusahaan Harus Memberikan nya? 

Perusahaan memberikan tunjangan jabatan untuk memotivasi karyawan dapat bekerja lebih baik. Motivasilah yang membuat karyawan mampu bekerja lebih produktif. Perusahaan biasanya akan menjanjikan tunjangan yang lebih besar jika karyawan mampu mencapai prestasi kerja tertentu. Dengan begitu karyawan akan selalu terpacu untuk bekerja lebih baik. Tunjangan dapat membantu karyawan untuk mensejahterakan hidupnya.

Karyawan akan merasa diperhatikan jika perusahaan memberikan tunjangan yang pantas dan sesuai dengan kinerjanya. Pemberian tunjangan juga merupakan salah satu cara efektif dalam menjaga loyalitas karyawan. Secara otomatis karyawan akan merasa aman dan nyaman ketika perusahaan memberikan tunjangan yang pantas. Karyawan yang merasa aman dan nyaman selama bekerja dapat membina komunikasi dan hubungan yang lebih baik dengan karyawan lainnya. Lingkungan kerja yang kondusif pun akan tercipta dengan sendirinya. Semua hal ini akan mengarahkan perusahaan kepada kesuksesan dalam mencapai visi misi. 

Pemberian tunjangan juga dapat memancing kandidat berkualitas untuk bergabung dengan perusahan. Bagaimana bisa? Jadi, karyawan yang nyaman bekerja di perusahaan pasti akan merekomendasikan perusahaan kepada teman mereka yang mencari kerja. Karena tertarik dengan tunjangan yang ditawarkan, kandidat akan melamar ke perusahaan. Hal ini sangat membantu perusahaan untuk mencari bibit-bibit baru untuk mendukung perkembangan yang lebih baik. 

 

Baca Juga: Contoh Form Kuesioner Kinerja Karyawan

 

Jenis Tunjangan Jabatan

Ada banyak jenis tunjangan yang diberikan perusahaan kepada karyawan. Yang membedakan nya hanya parameter dan kepada siapa tunjangan ini diberikan. Jenis-Jenis tunjangan yang umum nya diberikan adalah:

 

Tunjangan Jabatan Struktural

Tunjangan jenis ini diberikan pada karyawan yang memiliki jabatan atau menduduki posisi penting dalam perusahaan. Tanggung jawab yang memiliki cukup besar, makanya tunjangan yang diterima juga cukup besar. Contoh tunjangan struktural adalah tunjangan kepada manajer, supervisor, kepala dinas, dan lainnya. 

 

Tunjangan Jabatan Fungsional

Jika jenis sebelumnya ditentukan berdasarkan jabatan atau posisi, maka tunjangan fungsional diberikan kepada karyawan yang memiliki keahlian atau skill khusus. Biasanya skill atau keahlian ini tidak dimiliki oleh banyak orang dan membutuhkan waktu  lama untuk mempelajarinya. Contohnya adalah business analyst, data scientist,  peneliti, dosen, guru, dan lain-lain.

 

Mengelola Tunjangan Jabatan dengan Aplikasi Payroll LinovHR 

Tunjangan jabatan merupakan salah satu komponen gaji dan diproses bersamaan dengan gaji. Setiap karyawan memiliki besaran tunjangan yang berbeda. HRD harus dapat menghitung tunjangan dengan akurat walau besarannya berbeda-beda. Justru ini yang menjadi faktor kesalahan dalam perhitungan gaji. Kesalahan dalam perhitungan gaji akan menghambat pekerjaan HRD dan membuat gaji yang diterima karyawan tidak sesuai seperti seharusnya. 

Kesalahan dalam perhitungan gaji dapat mempengaruhi penilaian karyawan terhadap perusahaan. Pengelolaan tunjangan secara manual justru akan berimbas kepada kesalahan perhitungan gaji dan citra perusahaan di mata karyawan. Alih-alih memberikan tunjangan untuk memotivasi karyawan, cara pengolahan tunjangan yang keliru malah akan mengurangi motivasi karyawan. Penggambaran singkat mengenai pengelolaan tunjangan ini dapat menyimpulkan bahwa pengelolaan tunjangan secara manual tidaklah efektif dan efisien. 

Software Payroll dari LinovHR dapat membantu perusahaan dalam mengelola tunjangan jabatan, gaji, dan komponen gaji lainnya dengan efektif dan akurat. Fitur-fiturnya sangat lengkap didukung dengan tampilan yang mudah dipahami. Semua data dan informasi seputar penggajian disimpan dengan aman dan rahasia. Berkat Software Payroll dari LinovHR, pengelolaan tunjangan pun menjadi akurat dan tepat sasaran.

Tunggu apa lagi? Hubungi LinovHR sekarang juga, atau Coba Gratis Software Payroll LinovHR Melalui tautan berikut ini LinovHR.com/Free-Triall/