tunjangan tetap

Tunjangan tetap dan tunjangan tidak tetap, Apa Bedanya?

Menyambung artikel sebelumnya yang membahas  jenis – jenis tunjangan kerja  yang bisa diberikan oleh perusahaan sekarang mari membahas lebih dalam lagi mengenai perbedaan dari tunjangan tetap dan tidak tidak tetap.

Saat kita bekerja dalam sebuah perusahaan maka kita akan mengabdikan waktu dan tenaga kita untuk perusahaan sesuai dengan ketentuannya kerja yang telah disepakati. Sementara untuk balasannya, kita akan mendapatkan hak berupa gaji dan ini merupakan kewajiban perusahaan yang harus bisa diberikan perusahaan kepada karyawan. Tapi tidak hanya gaji saja, ada beberapa tunjangan lain yang biasanya diberikan pada karyawan, yaitu tunjangan tetap dan tidak tetap. Lantas, apa perbedaan antara keduanya?

 

Berikut ini perbedaan Tunjangan Tetap dan Tunjangan Tidak Tetap

 

Tunjangan Tetap

Tunjangan tetap merupakan tunjangan yang memiliki sifat tetap ( tidak berubah ) atau diberikan terus menerus pada karyawan perusahaan tanpa melihat pada faktor lain yang mempengaruhinya, seperti kehadiran karyawan atau hal-hal lain nya. Salah satu jenis tunjangan tetap tersebut adalah tunjangan jabatan.

Tunjangan jabatan sendiri merupakan tunjangan yang akan diberikan perusahaan kepada karyawan yang mengisi jabatan tertentu. Selain dari karyawan yang tidak masuk ke dalam jabatan tersebut maka tidak akan diberikan benefit ini. Ada juga jenis tunjangan transport, yang akan diberikan hanya saat karyawan masuk kerja saja maka hal ini tentu tidak masuk ke dalam golongan tunjangan tetap karena ada faktor yang mempengaruhinya.

Namun jika tunjangan transport diberikan tanpa pengaruh dari faktor apapun, sifatnya akan berubah menjadi tunjangan tetap. Begitu juga seperti yang disebutkan dalam Undang-Undang Nomor 13 tahun 2004 pasal 94, di mana upah sendiri terdiri dari komponen upah pokok dan tunjangan tetap. Jadi, besaran upah pokok tersebut sedikitnya 75% dari besaran pokok dan tunjangannya.

Lantas, bagaimana dengan take home pay? Nah, karena take home pay sendiri merupakan pendapatan yang diperoleh oleh karyawan atau pekerja, di mana pendapatan akan dipotong langsung oleh kewajiban seperti jamsostek, pajak atau pun pinjaman karyawan.

 

Baca  Juga :  Tentang Tunjangan Kerja Dan Loyalitas Karyawan

 

Tunjangan Tidak Tetap

Sementara itu untuk tunjangan tidak tetap adalah tunjangan yang diberikan baik secara langsung atau tidak langsung pada karyawan. Hal ini bersifat tidak tetap diberikan pada karyawan dan juga keluarganya, namun diberikan berdasarkan satuan waktu yang tak sama. Selain itu juga bisa dipengaruhi oleh berbagai macam faktor. Seperti tunjangan makan yang akan diberikan hanya saat karyawan masuk kerja, begitu juga tunjangan transport. Tentu hal ini akan didasarkan pada absensi kehadiran karyawan.

Jadi sebenarnya untuk membedakan antara tunjangan tetap dan tidaklah tetap tidaklah sulit. Secara sederhana Anda bisa langsung membedakan dari segi faktor pengaruhnya. Kalau tidak terpengaruh dengan faktor apapun dan selalu diberikan secara rutin tiap bulan maka masuk ke dalam jenis tunjangan tetap.

Tentunya sebagai seorang karyawan atau calon karyawan dalam perusahaan Anda sebaiknya harus memahami dulu perbedaan antara kedua tunjangan tersebut agar tidak keliru atau salah paham dalam mengartikannya. Jadi, Anda juga tahu apa hak penuh Anda dalam perusahaan yang bisa diterima tiap bulan dan apa hak yang bisa Anda dapat namun tidak secara rutin yang bisa Anda terima juga dan perusahaan berikan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.