Tunjangan Tetap dan Tidak tetap, Apa Bedanya? Ini Penjelasannya

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

tunjangan tetap dan tidak tetap
Isi Artikel

Tunjangan tetap dan tunjangan tidak tetap (atau disebut juga tunjangan tidak teratur) adalah dua jenis tunjangan yang dapat diberikan kepada karyawan dalam dunia kerja.

Seperti yang kita ketahui, tidak hanya gaji saja, ada beberapa tunjangan lain yang biasanya diberikan pada karyawan, yaitu tunjangan tetap dan tidak tetap.

Lantas, apa perbedaan antara keduanya? Berikut penjelasannya!

 

 

Apa Itu Tunjangan Tetap dan Tidak Tetap?

Tunjangan tetap adalah tambahan penghasilan yang diberikan kepada karyawan secara rutin dan berulang dalam interval tertentu, biasanya setiap bulan atau setiap periode gajian.

Tunjangan tetap merupakan bagian dari paket kompensasi dan biasanya telah ditetapkan dalam kontrak kerja atau peraturan perusahaan.

Contoh tunjangan tetap mencakup tunjangan transportasi, tunjangan makan, tunjangan kesehatan, tunjangan hari raya, tunjangan kinerja, dan tunjangan pensiun.

Sementara itu, tunjangan tidak tetap adalah tambahan penghasilan yang diberikan kepada karyawan dalam situasi tertentu, bukan secara rutin serta berulang.

Tunjangan tidak tetap diberikan atas dasar kebutuhan khusus, pencapaian target tertentu, atau tugas proyek tertentu.

Jumlah serta frekuensi tunjangan tidak tetap dapat berbeda-beda tergantung pada kebijakan perusahaan serta lingkungan kerja.

Seperti, tunjangan makan yang akan diberikan hanya saat karyawan masuk kerja, begitu juga tunjangan transport. Tentu hal ini akan didasarkan pada absensi kehadiran karyawan.

 

Baca  Juga:  Tentang Tunjangan Kerja Dan Loyalitas Karyawan

 

Contoh Tunjangan Tetap dan Tidak Tetap

Berikut contoh tunjangan tetap dan tidak tetap:

 

a. Contoh Tunjangan Tetap

Salah satu jenis tunjangan tetap tersebut adalah tunjangan jabatan.

Tunjangan jabatan sendiri merupakan tunjangan yang akan diberikan perusahaan kepada karyawan yang mengisi jabatan tertentu.

Selain itu, terdapat beberapa jenis tunjangan tetap lainnya, di antaranya adalah:

 

1. Tunjangan Transportasi

Karyawan menerima kompensasi untuk biaya transportasi mereka, seperti uang transportasi atau subsidi kendaraan pribadi.

 

2. Tunjangan Kesehatan

Dalam beberapa perusahaan, karyawan dapat menerima tunjangan kesehatan untuk membantu menutupi biaya asuransi kesehatan atau pemeriksaan kesehatan rutin.

 

3. Tunjangan Pendidikan

Beberapa perusahaan menyediakan tunjangan untuk pendidikan atau pelatihan tambahan guna membantu karyawan dalam pengembangan profesional mereka.

 

4. Tunjangan Pensiun

Sebagai bentuk persiapan untuk masa pensiun, beberapa perusahaan memberikan tunjangan tambahan untuk disimpan dalam program pensiun.

 

5. Tunjangan Hari Raya

Biasanya diberikan pada momen-momen tertentu seperti Idul Fitri, Natal, atau perayaan lainnya sebagai bentuk penghargaan kepada karyawan.

Lantas, bagaimana dengan take home pay? Nah, karena take home pay sendiri merupakan pendapatan yang diperoleh oleh karyawan atau pekerja.

 

b. Contoh Tunjangan Tetap

Berikut adalah beberapa contoh tunjangan tidak tetap yang dapat diberikan kepada karyawan dalam dunia kerja:

 

1. Tunjangan Bonus Kinerja

Bonus kinerja adalah tunjangan yang diberikan kepada karyawan sebagai penghargaan atas pencapaian target atau kinerja luar biasa dalam periode tertentu.

Besar bonus biasanya tergantung pada penilaian kinerja individu atau tim.

 

2. Tunjangan Tunjangan Proyek

Ketika karyawan ditugaskan untuk bekerja pada proyek khusus atau tugas tambahan di luar tanggung jawab rutin mereka, mereka dapat menerima tunjangan tambahan sebagai insentif untuk menyelesaikan proyek dengan sukses.

 

3. Tunjangan Perjalanan Dinas

Karyawan yang sering melakukan perjalanan dinas untuk kepentingan pekerjaan dapat menerima tunjangan perjalanan dinas untuk menutupi biaya akomodasi, makanan, dan transportasi selama perjalanan.

 

4. Tunjangan Lembur

Karyawan yang bekerja di luar jam kerja normal atau melebihi jam kerja maksimal yang ditetapkan dapat menerima tunjangan lembur sebagai penggantian atas waktu tambahan yang dihabiskan untuk bekerja.

 

Perbedaan Tunjangan Tetap dan Tidak Tetap

Perbedaan antara tunjangan tetap tunjangan tidak tetap terletak pada karakteristik serta cara pemberiannya.

Tunjangan tetap diberikan secara rutin dan berulang dalam interval tertentu, biasanya setiap bulan atau periode gajian.

Berbeda dengan tunjangan tetap, tunjangan tidak tetap diberikan dalam situasi tertentu, bukan secara rutin, serta frekuensinya dapat bervariasi.

Tunjangan tetap cenderung berlanjut sepanjang waktu selama karyawan tetap bekerja di perusahaan, selama kebijakan perusahaan tidak berubah.

Sementara itu, tunjangan tidak tetap biasanya bersifat situasional serta tidak dijamin untuk diberikan secara teratur.

Jadi sebenarnya untuk membedakan antara tunjangan tetap dan tidaklah tetap tidaklah sulit. Secara sederhana Anda bisa langsung membedakan dari segi faktor pengaruhnya.

Kalau tidak terpengaruh dengan faktor apapun dan selalu diberikan secara rutin tiap bulan maka masuk ke dalam jenis tunjangan ini.

 

Software Payroll LinovHR: Beri Kemudahan dalam Mengelola Gaji dan Tunjangan

 

payroll

 

Software Payroll LinovHR adalah solusi yang bertujuan untuk menyederhanakan dan mempermudah proses pengelolaan gaji dan tunjangan dalam sebuah perusahaan atau organisasi.

Dengan menggunakan software ini, departemen HR atau bagian keuangan dapat mengelola berbagai aspek terkait kompensasi karyawan dengan lebih efisien dan tepat waktu

Software ini dapat menghitung gaji karyawan secara otomatis berdasarkan data yang telah dimasukkan sebelumnya, seperti informasi absensi, jam kerja, dan komponen gaji lainnya.

Dengan demikian, penghitungan gaji menjadi lebih akurat dan mengurangi risiko kesalahan

Software Payroll LinovHR dapat mengelola tunjangan tidak tetap dan bonus, seperti bonus kinerja, tunjangan perjalanan dinas, dan tunjangan proyek.

Software ini juga dapat menghitung pajak dan potongan gaji, seperti PPh 21 dan iuran sosial, secara otomatis sesuai dengan peraturan perpajakan yang berlaku.

Hal ini membantu perusahaan untuk memastikan ketaatan pajak dan perhitungan yang akurat.

Tertarik untuk mencoba aplikasi ini? Yuk ajukan demonya!

Tentang Penulis

Picture of Admin LinovHR
Admin LinovHR

Akun Admin dikelola oleh tim digital sebagai representasi LinovHR dalam menyajikan artikel berkualitas terkait human resource maupun dunia kerja.

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Picture of Admin LinovHR
Admin LinovHR

Akun Admin dikelola oleh tim digital sebagai representasi LinovHR dalam menyajikan artikel berkualitas terkait human resource maupun dunia kerja.

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter