kertas slip gaji

Mana yang Lebih Bagus, Kertas Slip Gaji atau Slip Gaji PDF?

Slip gaji merupakan dokumen penting yang sering kali lalai untuk disimpan. Oleh karena itu, saat ini tersedianya kertas slip gaji. Zaman dahulu, bentuk slip gaji masih dalam bentuk kertas yang dicetak secara manual.

Namun era semakin digital, bentuk slip gaji pun ikut yang lebih modern. Kini sudah ada slip gaji dalam format digital yang dikenal sebagai slip gaji PDF.

Sebenarnya, mana yang lebih bagus di antara kedua model ini?

 

Kelebihan Menggunakan Kertas Slip Gaji

Kertas slip gaji merupakan hal penting yang diberikan oleh bagian keuangan untuk karyawannya sebagai bentuk pertanggung jawaban. Untuk kelebihan lainnya dapat Anda cek di bawah ini.

 

Bukti Otentik

Kertas slip gaji merupakan bukti dari perusahaan apakah telah menunaikan kewajibannya kepada karyawan slip gaji ini juga menjadi bukti tanggal diberikan dan lain sebagainya. Hal ini juga menjadi alat pengecekan kembali apabila terdapat kesalahan dari bagian keuangan.

 

Sebagai Alat untuk Mengajukan Kredit

Memiliki rumah atau kendaraan menjadi impian bagi para karyawan. Namun ketika tabungan belum cukup, mengajukan kredit menjadi solusinya. Dalam pengajuan kredit seperti KPR rumah dibutuhkan slip gaji.

Slip gaji menjadi syarat pengajuan kredit sehingga pihak developer yakin bahwa Anda dapat membayar cicilan rumah. Selain KPR rumah, slip gaji juga digunakan untuk pengajuan kredit elektronik, kredit kendaraan bermotor, dan kredit macam lainnya.

 

Untuk Memenuhi Kepentingan Melamar Kerja

Jika Anda berencana untuk resign kerja dari kantor sekarang atau bahkan sudah keluar dan hendak melamar. Jangan lupa untuk mempersiapkan dokumen penting, salah satunya slip gaji.

Slip gaji digunakan sebagai referensi untuk penawaran gaji karyawan. Sehingga perusahaan dapat mengira-ngira berapa upah atau gaji yang akan diberikan kepada Anda sebagai kandidat. 

 

Kekurangan Menggunakan Kertas Slip Gaji

Namun, menggunakan kertas slip gaji juga memiliki kekurangannya seperti :

 

Mudah Hilang

Dengan bentuk yang masih kertas, terkadang karyawan suka lalai untuk menyimpannya. Bahkan terselip di file-file atau bahkan di tumpukan kertas yang dikira tidak penting.

 

Tidak Akurat karena Tinta Mudah Memudar

Slip Gaji yang disimpan bertahun-tahun yang disimpan sebagai bukti rasanya sudah tidak bisa dijadikan bukti lagi. Tinta yang kabur bahkan hilang karena disimpan begitu lamanya hingga kertas menguning sehingga tidak bisa terbaca dengan jelas.

 

Rentan Basah, Sobek, dan Rusak

Namanya berbahan kertas pastinya mudah rusak. Jika Anda menyimpan dengan asal contohnya dilipat tak beraturan, dokumen akan mudah mudah robek. Penyimpanan yang ceroboh juga membuat slip gaji kertas rentan basah karena terkena cipratan air. 

 

Kelebihan Menggunakan Slip Gaji Elektronik

Oleh karena itu, banyak perusahaan yang beralih slip gaji elektronik yang dinilai lebih berguna dan lebih ringkas. Selain itu juga terdapat kelebihan lainnya seperti :

 

Dapat Diakses Dimana Saja

Kemudahan yang ditawarkan paling utama adalah slip gaji yang dapat diakses dimana saja. Sesuai dengan kebutuhan Anda atau hanya sekedar mengecek sehingga tidak ada lagi alasan untuk hilang.

 

Menghemat Biaya

Pastinya dengan beralih yang lebih elektronik atau digital, akan menghemat biaya pada print dan kertas. Selama ini, dibutuhkan hampir 1000 kertas dan 1 liter tinta untuk mencetak slip gaji per 1000 karyawan. Bayangkan jika perusahaan Anda terdapat 50.000 karyawan, sudah berapa besar uang yang dikeluarkan?

 

Ramah Lingkungan

Tentunya dengan beralih ke digital, perusahaan tidak perlu lagi kertas dan printer yang pastinya mendukung sustainability living. Selain hemat biaya, pastinya lebih ramah lingkungan karena tidak perlu menggunakan kertas sama sekali. 

 

Baca Juga: Wajibkah Perusahaan Memberikan Slip Gaji Kepada Karyawan?

 

Kekurangan Slip Gaji Elektronik 

Akan tetapi, dibalik kemudahan yang diberikan juga terdapat beberapa kekurangan dari slip gaji PDF yaitu :

 

Data yang Mudah Diretas

Slip gaji merupakan data internal yang harus disimpan sebaik mungkin. Namun kekurangan dari semua hal yang berbasis digital yaitu mudah diretas hackers. Hal ini menjadi pertimbangan bagi perusahaan yang ingin beralih ke digital.

 

Tidak Efisien Jika Butuh Bentuk Manual

Selain itu, slip gaji dalam bentuk kertas ternyata juga masih dibutuhkan terutama untuk pengajuan kredit ataupun kepentingan lainnya.

Oleh karena itu, jadi dua kali kerja karena harus mencetak sendiri lagi. Jadi dinilai kurang efisien, bukan?

 

Aplikasi yang Lemot atau Crash

Hal terakhir yang cukup membuat emosi padahal lagi dibutuhkan urgent yaitu aplikasi sedang lemot atau crash. Kekurangan dari elektronik yaitu aplikasi yang suka down karena ada trouble internal atau terlalu banyak yang mengakses di waktu tertentu.

Sebetulnya mana yang lebih baik? Apakah masih dalam bentuk kertas atau elektronik? Jawaban tersebut dapat dijawab oleh perusahaan Anda sendiri. Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan atau work culture yang ada di perusahaan. 

Apapun pilihannya, untuk mengelola slip gaji dengan efektif, dibutuhkan perhitungan gaji yang tepat dan pastinya akurat. 

 

payroll

 

LinovHR menjawab kebutuhan Anda melalui jasa payroll services. LinovHR memiliki jasa payroll yang bisa jadi pilihan Anda untuk menerbitkan slip gaji PDF maupun kertas slip gaji secara terperinci. 

Tak hanya membantu perusahaan Anda dalam mengurus slip gaji, jasa payroll LinovHR juga membantu berbagai hal yang masih terkait dengan pengelolaan gaji karyawan seperti:

 

  1. Konsultasi perencanaan gaji karyawan serta pajak penghasilan bersama konsultan payroll yang berpengalaman
  2. Pengurusan dan pengelolaan data BPJS Ketenagakerjaan serta BPJS Kesehatan sesuai regulasi yang berlaku
  3. Proses perhitungan gaji dengan cepat dan akurat sampai pembuatan laporan gaji yang tampilan dan informasinya bisa dikostumisasi
  4. Manajemen pajak penghasilan karyawan atau dikenal sebagai PPh 21
  5. Otomatisasi data dan informasi gaji karyawan, sehingga perusahaan tidak perlu memberikan data fisik atau kepada LinovHR

 

HRD tidak perlu lagi kesulitan kertas slip gaji atau slip gaji PDF, semua bisa #EasyWithLinovHR. 

Mana yang perusahaan Anda butuhkan antara kertas slip gaji dan slip gaji PDF tidaklah menjadi masalah berkat jasa payroll LinovHR! Untuk informasi lebih lebih lengkap mengenai payroll services dari LinovHR,

ketuk tautan berikut!