planning

Manpower Planning untuk Mendapatkan SDM Unggulan

Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas adalah tahapan awal bagi perusahaan untuk bergerak lebih maju. Oleh karenanya perusahaan dan HRD selalu berusaha untuk mengelola dan merencanakan bagaimana cara mengembangkan kinerja karyawan. Apalagi ditambah semakin kompetitifnya bisnis, perusahaan dituntut untuk mengelola karyawan agar memiliki kinerja yang berkualitas. Untuk itulah perusahaan perlu melakukan perencanaan SDM atau manpower planning

 

Apa itu Manpower Planning

Manpower planning dapat juga disebut perencanaan SDM adalah sebuah perencanaan mengenai berapa banyak tenaga yang diperlukan, skill apa yang dibutuhkan perusahaan, bagaimana cara melakukan rekrutmen agar perusahaan dapat menjalankan kegiatan bisnis dan mencapai tujuan dengan tepat. Perencanaan SDM sangatlah penting bagi perkembangan perusahaan. HRD harus mampu menempatkan jumlah tenaga kerja sesuai jumlah yang dibutuhkan, memperkirakan skill atau kompetensi apa yang dibutuhkan guna kelancaran operasional. Tanpa perencanaan yang baik, perusahaan tidak mampu untuk menjaring atau mendapatkan talenta berbakat.  

 

Manfaat Manpower Planning

Perusahaan bersama para karyawannya bekerja sama untuk menjalankan dan mempertahankan operasional bisnis. Hal itulah yang menyebabkan perusahaan sangat mementingkan manpower planning. Dalam melakukan manpower planning, perusahaan akan mendapatkan beberapa manfaat, antara lain:

 

Peningkatan Produktivitas

SDM sebagai faktor produksi berbeda dengan faktor produksi lainnya. Kinerja karyawan dipengaruhi dengan motivasi. Saat ditempatkan pada tempat yang sesuai kemampuannya, karyawan akan lebih bersemangat untuk berkontribusi lebih. Karyawan yang termotivasi bisa menjadi produktif sementara karyawan yang kurang bersemangat dan termotivasi bisa menjadi destruktif. Oleh karena itu, melalui perencanaan SDM yang tepat perusahaan dapat meningkatkan motivasi dan produktivitas.

 

Baca Juga: Indikator dan Cara Meningkatkan Motivasi Kerja

 

Merekrut SDM Berkualitas

Karyawan berbakat dan terampil diburu oleh banyak perusahaan. Berbagai perusahaan berlomba-lomba untuk mendapatkan kandidat terbaik. Perencanaan yang matang akan membantu HRD mudah dalam menjaring kandidat yang cocok dengan perusahaan, dengan demikian perusahaan berhasil untuk mendapatkan SDM berkualitas. 

 

Menyesuaikan dengan Perubahan Teknologi

Arus teknologi dalam revolusi 4.0 kian pesat dan membuat perusahaan harus cepat beradaptasi agar tak kalah tertinggal. Dengan perubahan teknologi, persyaratan dan pola pekerjaan juga akan berubah. Dibutuhkan penyesuaian dan pemenuhan SDM agar perusahaan dapat bertahan di tengah tantangan revolusi 4.0.

 

Mudah Kontrol atas Biaya Perekrutan

Untuk mendapatkan karyawan berkualitas, perusahaan perlu melakukan rekrutmen dan pelatihan. Perusahaan harus mengeluarkan biaya yang besar dalam proses rekrutmen seperti screening surat lamaran, melakukan tes tertulis, wawancara dll. Proses pelatihan yang memadai juga membutuhkan banyak fasilitas dan biaya. Dengan mempertimbangkan hal ini, penting  bagi perusahaan untuk merencanakan SDM secara hati-hati terkait sehingga dapat mengontrol biaya perekrutan dan pelatihan.

 

Pendapatan dan Produksi Meningkat

Dengan bertambahnya motivasi dan produktivitas, kinerja karyawan akan jauh lebih baik dari sebelumnya. Kinerja yang baik akan meningkatkan produksi, dimana output produk tersebut merupakan produk bermutu. Konsumen pun akan lebih setia untuk menggunakan produk dari perusahaan yang akan meningkatkan pendapatan perusahaan itu sendiri. 

 

Mendeteksi Permasalahan Kinerja Lebih Dini

Setiap kinerja karyawan pasti ada saja masalah yang muncul, mulai dari kesenjangan skill, kurangnya produktivitas, miskomunikasi, dan lain-lain. HRD yang mendeteksi masalah kinerja lebih dini akan mencari solusi dan penyelesaian secepatnya agar masalah yang ada tidak merembet dan berdampak pada perusahaan. 

 

Cara Menyusun Manpower Planning

Perencanaan tenaga kerja merupakan proses penting dalam mencapai keberhasilan perusahaan. Namun, strategi ini tidak akan pernah bisa dilakukan tanpa pemahaman yang cukup. Agar dapat memahami cara kerja manpower planning,  di bawah ini adalah penjelasan mengenai cara menyusun manpower planning

 

Nilai Kapasitas SDM Internal

Mulailah dengan melihat kondisi SDM dengan melibatkan seluruh faktor termasuk jumlah karyawan, keterampilan, kualifikasi, pengalaman, peringkat kinerja, jabatan, dan kompensasi. Mintalah bantuan dari manajer tiap divisi untuk memberikan feedback mengenai masalah yang dihadapi dalam divisi mereka serta hal apa yang perlu diubah. 

 

Perkirakan kebutuhan SDM di Masa Depan 

Kemudian, perkirakan kebutuhan SDM di masa depan organisasi  dan bagaimana cara untuk memenuhinya. Manajer SDM biasanya akan melihat trend pasar, teknologi baru dan analisis industri untuk mengukur kebutuhan SDM di masa depan. Agar mampu memperkirakan dengan tepat, HRD perlu memahami tujuan organisasi untuk saat ini, apakah untuk memasuki pasar baru, meluncurkan produk atau layanan, meningkatkan kualitas produk, dan lain-lain. 

 

Identifikasi Masalah dan Kesenjangan Skill

Dengan menilai kapasitas SDM saat ini dan memproyeksikan kebutuhan masa depan, perusahaan akan memiliki gambaran yang jelas tentang setiap celah permasalahan dan kesenjangan yang ada. Dengan menggunakan perkiraan SDM, perusahaan  dapat menilai dengan lebih baik apakah akan ada kesenjangan keterampilan dan bagaimana cara untuk menyiasatinya. Apakah perusahaan harus merekrut karyawan baru yang sudah memenuhi syarat di bidang tertentu? Apakah semua karyawan saat ini digunakan di bidang yang tepat atau akankah keterampilan mereka lebih cocok untuk peran yang berbeda?

 

Baca Juga: Manfaat Sistem Absensi Berbasis Online untuk Perusahaan

 

Perumusan Rencana

Berdasarkan data dan informasi yang telah dianalisis dan diidentifikasi, HRD akan mengkalkulasi kebutuhan di setiap tingkatan yang berbeda. Lalu perusahaan akan mempersiapkan sarana pendukung rencana seperti mempersiapkan peralatan dan perlengkapan, strategi rekrutmen, pelatihan, dan lainnya. 

 

Integrasikan Rencana dengan Strategi Keseluruhan Perusahaan

Langkah yang terakhir adalah mengintegrasikan strategi dengan dengan strategi perusahaan secara keseluruhan. HRD tidak bisa mensukseskan perencanaan SDM sendirian dan memerlukan dukungan manajemen dari divisi lain agar implementasi rencana dapat dilakukan secara kolaboratif bersama dengan divisi lain. Sebab, bagaimanapun juga karyawan yang dikelola HRD berasal dari divisi yang berbeda dan setiap divisi mempunyai kebutuhan dan kondisi yang berbeda pula. 

 

Memaksimalkan Manpower Planning dengan Software Rekrutmen LinovHR

Salah satu tanggung jawab utama SDM dalam pengelolaan karyawan adalah perencanaan SDM atau manpower planning. Dinamika bisnis yang semakin beragam membuat HRD dituntut harus bekerja lebih efektif dan efisien dalam perencanaan SDM demi mendapatkan kandidat terbaik. Perencanaan SDM secara manual melibatkan banyak tumpukan kertas dan informasi yang bias, sehingga tidaklah efektif dan efisien. Untuk melakukan manpower planning dengan efektif dan efisien, sudah waktunya bagi HRD untuk beralih kepada sistem yang mampu mengotomatisasi seluruh proses manpower planning. 

 

hris

Software rekrutmen dari LinovHR dapat membantu HRD dalam melakukan manpower planning. HRD dapat menggunakan sistem untuk membuat perencanaan tenaga kerja pada posisi tertentu sesuai dengan kebutuhan perusahaan melalui fitur manpower planning request. Lalu, pihak atasan akan menyetujui request tersebut dan rencana tersebut dapat dijadikan sebagai acuan dalam rekrutmen karyawan. HRD dapat menentukan periode manpower planning dalam setahun melalui fitur manpower planning period. Dengan demikian, proses manpower planning dapat dilakukan lebih terperinci dan transparan, sehingga mudah untuk dipantau dan dievaluasi lebih lanjut. Hubungi LinovHR sekarang juga untuk uji coba gratis!