Perusahaan outsourcing

Ciri-Ciri Perusahaan Outsourcing yang Berkualitas

Sebagian banyak job seeker masih sering meragukan kualitas dan kinerja dari perusahaan outsourcing. Hal ini dikarenakan banyak “oknum” yang mengatasnamakan pihak outsourcing yang menyalahgunakan wewenangnya untuk meraup sejumlah keuntungan.

Oleh sebab itu, agar Anda tidak salah memilih penyedia jasa outsourcing, sebaiknya perhatikan ciri-ciri perusahaan outsourcing yang berkualitas!.

 

Apa itu perusahaan outsourcing?

Perusahaan outsourcing adalah sebuah perusahaan pihak ketiga yang bergerak di bidang jasa yang bertugas mengelola sektor pekerjaan tertentu untuk sebuah perusahaan lain. Dalam dunia kerja, istilah outsourcing cukup populer sebagai perusahaan yang menyalurkan para calon tenaga kerja ke beberapa perusahaan. 

Perusahaan outsourcing bertanggung jawab penuh untuk mengelola sumber daya manusia (SDM) atas upah, perlindungan hukum, hak & kewajiban karyawan, dan syarat kerja karyawan. Jadi, jika calon tenaga mengalami kendala maka hanya bisa berurusan dengan pihak penyedia outsourcing, bukan dengan perusahaan yang menggunakan jasa outsourcing.

 

Ciri-Ciri Perusahaan Outsourcing yang Baik

Melihat lowongan dari perusahaan penyalur? Ada baiknya Anda perhatikan dulu ciri-ciri di bawah ini! 

 

1.    Memiliki reputasi bagus

Apabila Anda sedang mencari pekerjaan dan memutuskan untuk menggunakan jasa outsourcing, pastikan Anda memilih perusahaan outsourcing yang berkualitas. Sebuah pihak outsourcing yang baik dan berkualitas seharusnya mempunyai reputasi yang baik. 

Untuk mengetahui reputasi perusahaan, Anda bisa bertanya  kepada karyawan yang bekerja diperusahaan tersebut. tanyakan bagaimana pengalaman dalam bekerja, apakah ada pengalaman yang aneh atau tidak.

Selain bertanya, Anda juga bisa mengetahui reputasi perusahaan dari situs internet. Perusahaan yang baik dan berkualitas biasanya mendapatkan review yang bagus dan memiliki laman informasi yang jelas dan lengkap. Apabila informasi mengenai perusahaan tidak bisa ditemukan di internet, maka dapat dipastikan perusahaan tersebut abal-abal.

 

2.    Punya situs resmi atau official website

Pihak outsourcing yang baik  biasanya memiliki situs resmi atau official website yang profesional. Melalui website tersebut, para pelamar kerja dapat menemukan lowongan kerja yang dicari. Website resmi ini tentu sangat membantu para jobseeker untuk  menggali informasi sebanyak-banyaknya mengenai perusahaan. Namun, jika perusahaan tidak memiliki web resmi di internet maka Anda harus waspada dan tetap berhati-hati.

 

3.    Sistem pembayaran rinci dan transparan

Ciri yang ketiga dari penyedia jasa outsourcing yang baik dan berkualitas adalah menginformasikan kepada jobs seeker mengenai sistem pembayaran secara jelas, detail dan transparan. 

Perlu diketahui, jika Anda mencari pekerjaan melalui penyedia jasa outsourcing maka pembayaran upah Anda setiap bulan akan secara otomatis dipotong. Penyedia jasa outsourcing yang profesional tidak akan memberikan upah atau gaji kepada karyawan dengan tepat waktu, serta diinformasikan pula perincian pemotongan gaji secara transparan.

 

4.    Perusahaan berbadan hukum

Selanjutnya, penyedia jasa outsourcing yang baik dan profesional memiliki regulasi yang berlandaskan pada hukum. Perlu Anda ketahui, regulasi mengenai karyawan outsourcing di Indonesia sudah diatur dalam Undang-undang No.13 tahun 2003 mengenai Ketenagakerjaan. 

Salah satunya pasal 66 yang mengatur tentang perusahaan yang menggunakan penyedia jasa outsourcing tidak boleh mempekerjakan karyawan outsourcing dalam kegiatan yang berkaitan langsung dengan proses produksi. Karena karyawan outsourcing hanya bisa dilibatkan dalam kegiatan jasa penunjang.  Sebagai job seeker, Anda perlu memperhatikan regulasi hukum yang ada di perusahaan outsource tersebut.

 

5.    Posisi yang ditawarkan jelas

Setiap job seeker tentu ingin mendapatkan pekerjaan dengan posisi yang jelas dan sesuai dengan background pendidikan. Oleh karena itu, ciri yang perlu diperhatikan yaitu perusahaan menawarkan posisi dan jabatan yang jelas. Perusahaan yang baik akan mencantumkan posisi atau jabatan yang jelas pada daftar requirement. Meskipun posisi yang ditawarkan akhirnya bisa berubah, perusahaan yang baik akan memberitahu Anda mengenai pergantian posisi tersebut.

 

Baca Juga: Otak Kiri atau Otak Kanan, Manakah yang Merupakan Tipe Anda?

 

Keuntungan Bergabung dengan Perusahaan Outsourcing yang Baik

Selain mengetahui ciri-ciri dari penyedia jasa outsourcing yang baik, sebagai job seeker pasti ingin tahu keuntungan yang didapatkan dengan bergabung perusahaan outsourcing. Apa saja keuntungannya?

 

Mudah mendapat pekerjaan

Harapan dan keinginan terbesar dari seorang jobseeker terutama yang baru menyelesaikan pendidikan adalah secepat mungkin mendapatkan pekerjaan. Jika Anda bergabung dengan penyedia jasa outsourcing yang baik, mereka akan membantu Anda untuk mendapatkan pekerjaan dengan cara menyalurkan ke beberapa perusahaan yang bekerja sama.

 

Mendapatkan training atau pelatihan kerja

Keuntungan kedua untuk job seeker adalah mendapatkan pelatihan kerja yang profesional tenag bidang pekerjaan yang nantinya akan dijalani. Pelatihan ini sangat penting untuk para jobseeker khususnya yang belum memiliki keahlian. Dengan mengikuti pelatihan tersebut, para jobseeker akan siap menghadapi pekerjaan.

 

Baca Juga: Pahami Perbedaan CV dan Resume Sebelum Cari Kerja! 

 

Mendapatkan keahlian

Selanjutnya, penyedia jasa outsourcing akan memberikan keahlian khusus kepada para job seeker. Keahlian yang ditawarkan pun sangat beragam tergantung dengan minat dari calon tenaga kerja. Tentu saja hal tersebut dapat menjadi bekal untuk para job seeker.

 

Mendapat wadah untuk pengembangan diri

Dengan bergabung dengan pihak outsourcing yang berkualitas, maka para jobseeker memiliki wadah untuk pengembangan diri yang lebih luas. Karena para calon tenaga kerja akan diberikan banyak aktivitas untuk mengasah skill dan pengetahuan tanpa harus terikat dengan status kerja di sebuah perusahaan.

 

Menjalin networking yang lebih luas

Keuntungan lainnya yang akan didapatkan para jobseeker adalah menjalin networking yang lebih luas. Calon tenaga kerja dapat membangun relasi yang luas dan memiliki pola kerja yang baik sehingga peluang untuk mendapatkan kesempatan kerja di perusahaan. 

Bekerja di perusahaan outsourcing sebenarnya tidak buruk. Asalkan Anda dapat mencari perusahaan penyalur yang bagus, maka pekerjaan yang akan Anda kerjakan pun bukanlah berupa jebakan dan Anda akan menerima kompensasi yang sesuai. Semoga informasi di atas dapat membantu!