time management system

7 Time Management System Terbaik Saat Ini

Waktu adalah uang. Mungkin istilah ini sering terdengar bagi Anda. Istilah tersebut menunjukkan bahwa waktu sangat berharga. Dalam seputar bisnis dan operasional perusahaan, waktu juga sangat berharga. Namun, mengelola waktu dan kinerja dalam perusahaan tidak semudah itu, Oleh karena itu Time Management System hadir membantu perusahaan untuk mengelola waktu utama nya terkait jadwal kerja.

 

Apa itu time management system?

Sebelum masuk ke penjelasan lebih lanjut, mari simak terlebih dahulu mengenai manajemen waktu. Sebab, manajemen waktu merupakan awal dari efektivitas dan efisiensi kinerja. Manajemen waktu adalah strategi merencanakan waktu yang tersedia dan mengontrol jumlah waktu yang akan dialokasikan untuk tugas-tugas tertentu untuk efisiensi kinerja. Dengan manajemen waktu yang baik, perusahaan dapat meningkatkan kinerja lebih optimal, menyelesaikan segala tugas sesuai deadline, menjaga budaya perusahaan yang positif, hingga mengurangi stress di lingkungan kerja. 

Manajemen waktu akan lebih efektif jika dibantu oleh time  management system. Sederhananya, time management system adalah sebuah perangkat lunak yang mengatur kombinasi antara target,waktu dan daftar pekerjaan agar selesai sesuai tenggat waktu yang diharapkan tanpa mengurangi kualitas dari kinerja. Time management system sangat berguna untuk perusahaan yang memiliki banyak karyawan dan harus berproduksi lebih dari 8 jam, contohnya perusahaan manufaktur

 

Rekomendasi Time Management System Andalan

Untuk sukses mencapai tujuan perusahaan, dibutuhkan strategi dan alokasi waktu yang tepat. Dibawah ini adalah rekomendasi time management system yang dapat Anda coba untuk memaksimalkan potensi perusahaan: 

LinovHR

Seiring dengan perkembangan perusahaan, kinerja karyawan akan semakin padat.  Kinerja karyawan yang cukup padat harus dikelola dengan baik sesuai jam kerja yang ditetapkan UU Ketenagakerjaan. Menggunakan cara manual dalam mengatur jadwal kerja karyawan secara keseluruhan adalah hal yang merepotkan.

Time management system dari LinovHR dapat memudahkan pihak manajemen dan HRD untuk melakukan pengelolaan jadwal kerja karyawan. Fitur yang disediakan oleh LinovHR untuk memudahkan pengelolaan waktu antara lain: 

 

1. Time Group

Time Group berguna untuk mengklasifikasikan karyawan yang mempunyai jam kerja sama. Fitur ini membantu HRD dalam mengelola jadwal dan status kehadiran karyawan. Lalu jadwal akan dibandingkan dengan data kehadiran karyawan.

 

2. Schedule Exception

Seringkali karyawan mengajukan pergantian shift dan mengganti jadwal dengan karyawan lain. Kondisi seperti ini dapat diatur melalui fitur schedule exception. Fitur ini sangat memudahkan perusahaan yang mempunyai jam operasional padat. 

 

3. Leaves

Jumlah karyawan yang mengajukan cuti dari tahun ketahun cukup banyak. Fitur leaves berfungsi untuk mengatur cuti perusahaan yang diberikan kepada karyawan. HRD dapat menetapkan kuota, periode, dan siapa saja karyawan yang berhak mendapatkan cuti.

 

4. Overtime Request

Padatnya tugas karyawan kadang-kadang mengharuskan karyawan bekerja di luar jam kerja normal, yakni 8 jam. Kinerja di luar 8 jam tersebut termasuk dalam waktu lembur. HRD dapat menerima pengajuan lembur dari karyawan melalui fitur overtime request. 

 

5. Timesheet

Semua data kehadiran karyawan yang masuk tercatat melalui fitur timesheet. Kumpulan data kehadiran lalu akan dibandingkan dengan jadwal kerja yang berlaku. Perbandingan akan menghasilkan status kehadiran karyawan. Timesheet terdiri dari 2 jenis, yaitu unprocessed yang menampilkan jam kehadiran belum dianalisis dan processed yang menampilkan jam kehadiran yang sudah dianalisis. 

Masih banyak fitur time management system yang dapat dimanfaatkan perusahaan seperti time definition, unprocessed timesheet, processed timesheet. leave request, permission request dll. Seluruh fitur dapat untuk memudahkan pengelolaan jadwal kerja karyawan. Tentu kehadiran LinovHR sebagai time management system adalah solusi untuk pengelolaan karyawan yang komprehensif.

 

Baca Juga: Mengelola Timesheet Kerja dengan Aplikasi Absensi

 

Humanity

Humanity memiliki fitur penjadwalan otomatis yang akan mengoptimalkan shift kerja dengan menerapkan variabel yang terkait jabatan dan preferensi karyawan. Salah satu fitur Humanity yang menonjol adalah pertukaran jadwal kerja karyawan. Permintaan pertukaran jadwal kerja dapat secara otomatis disetujui oleh manajer atau supervisor. Saat karyawan meminta pertukaran jadwal, sistem secara real time akan menampilkan pengganti untuk setiap ketidakhadiran.

 

7Shift

7shifts merupakan perangkat lunak penjadwalan karyawan yang dirancang untuk restoran. Dengan software ini, Anda dapat menghemat waktu dan mengurangi biaya. Keduanya sangat penting untuk menjalankan restoran dengan margin yang menguntungkan. Sistem drag and drop membantu penyusunan jadwal menjadi lebih cepat. 

 

Paycor

Paycor adalah solusi untuk mengoptimalkan efisiensi jadwal perusahaan. HRD dapat dengan cepat menjadwalkan jadwal kerja sambil membuat keputusan yang optimal untuk bisnis. Semua karyawan dapat melihat jadwal mereka yang belum berubah sebelumnya, sehingga semua informasi mengenai perubahan tetap terjaga secara transparan. 

 

Shiftboard

Shiftboard memiliki banyak fitur yang dirancang untuk mengoptimalkan proses penjadwalan karyawan. Dengan Shiftboard, HRD dapat dengan mudah menugaskan karyawan terbaik untuk shift tertentu. Shiftboard membantu Anda meningkatkan efisiensi dengan memperkirakan kebutuhan waktu untuk menyelesaikan tugas dan secara otomatis menugaskan karyawan ke shift tertentu.

 

ezClocker

ezClocker adalah solusi pelacakan dan penjadwalan waktu karyawan yang mudah digunakan dengan verifikasi GPS. Sehingga HRD dapat mengetahui dimana posisi karyawan saat bekerja.  Tentu fitur pelacakan ini sangat berguna untuk perusahaan yang mempunyai lokasi yang besar seperti warehouse

 

Shiftbase

Banyak perusahaan berurusan dengan karyawan yang mengalami perubahan jadwal kerja. Shiftbase adalah perangkat lunak yang mampu mengelola jadwal karyawan menjadi lebih fleksibel. Penyusunan jadwal dapat mempertimbangkan pengajuan atau permintaan dari karyawan. Ketika jadwal kerja selesai, HRD dapat langsung membagikannya melalui email atau dilihat menggunakan aplikasi seluler.

Itulah daftar rekomendasi time management system yang dapat Anda pertimbangkan untuk perusahaan Anda. Perusahaan yang baik adalah perusahan yang mampu mengelola waktu. Dengan pengelolaan waktu yang baik, perusahaan dapat memaksimalkan kinerja dan pada akhirnya membawa keberhasilan mencapai visi misi. Jadi, apakah perusahaan Anda sudah mengatur jadwal kerja karyawan dengan optimal? Semoga informasi di atas dapat membantu! 

LinovHR telah berpengalaman dalam membantu banyak perusahaan mengelola karyawan. Dibangun oleh tim yang handal, time management system dari LinovHR dapat mengelola penjadwalan kerja karyawan menjadi lebih sistematis dan teratur. Dengan begitu, proses operasional perusahaan tetap terjaga walau harus beroperasi lebih lama dari jam kerja biasa. Hubungi LinovHR untuk informasi selengkapnya!