slack

Slack Banyak Disukai Oleh Perusahaan Memang Apa Kelebihannya?

Komunikasi internal perusahaan tentu harus dibuat seefektif mungkin agar pekerjaan bisa berjalan dengan baik. Aplikasi Slack adalah salah satu pilihan banyak perusahaan untuk membuat komunikasi perusahaan berjalan efektif. Dengan aplikasi ini, Anda dan rekan kerja berkomunikasi mengenai berbagai hal terutama masalah pekerjaan. 

Tak heran banyak perusahaan menggunakan aplikasi ini untuk komunikasi internal perusahaan.  Jika Anda belum menggunakannya, LinovHR akan membantu Anda untuk mengetahui lebih jauh tentang aplikasi Slack mulai dari kelebihan hingga kekurangannya, berikut ini!

 

Mengenal Apa Itu Aplikasi Slack

Slack adalah aplikasi pesan instan yang digunakan sebagai alat komunikasi di tempat kerja baik personal maupun dalam grup. Tidak hanya memungkinkan para penggunanya berkirim pesan, fitur di aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk mengunggah dan berbagi file dengan rekan kerja.

Aplikasi ini juga terintegrasi dengan aplikasi dan layanan lainnya sehingga Anda dapat mengelola alur kerja lebih efektif dan efisien melalui berbagai platform. Anda juga bisa memanfaatkan Slack sebagai aplikasi monitoring pekerjaan saat WFH. 

 

Baca Juga: 4 Rekomendasi Aplikasi untuk WFH (Work From Home) Produktif 

 

Apakah Aplikasi Slack Gratis?

Anda dapat menggunakan Slack secara gratis. Namun, untuk fitur gratis ini sangat terbatas, Anda hanya dapat menyimpan hingga 10.000 pesan terbaru, dengan penyimpanan file 5 GB, dan hanya dapat terintegrasi ke 10 aplikasi. 

Bila Anda ingin kuota dan akses yang lebih besar Anda bisa membeli paket yang disediakan. Mulai dari paket Standar dengan harga $8 atau £5,25 per bulan, paket Plus dengan harga $15 atau £9,75 per bulan. Lalu ada juga paket Enterprise Grid, yang memiliki harga khusus untuk perusahaan.

 

Kelebihan Aplikasi Slack

Ketika Anda menggunakan aplikasi Slack sebagai alat komunikasi perusahaan, akan ada banyak manfaat yang Anda rasakan. Hal ini sendiri tidak terlepas dari berbagai kelebihan yang ada di aplikasi satu ini. Berikut adalah kelebihan aplikasi Slack yang perlu Anda ketahui:

 

  1.  Mudah dan Sederhana  

Slack mudah digunakan dan sangat sederhana, tanpa terlalu banyak menghabiskan waktu dalam pendaftaran, hanya hitungan menit saja Anda sudah bisa mengakses dan menggunakan aplikasi pesan instan ini. Dengan tampilan yang user friendly, Anda yang baru mendaftar akan bisa langsung paham bagaimana mana cara menggunakan aplikasi satu ini. 

Selain itu, adanya petunjuk yang jelas yang diberikan pada platform mulai dari mengirim pesan, menemukan dokumen, dan mencarinya. Semakin memudahkan penggunaan aplikasi ini dalam kegiatan sehari-hari.  

 

  1. Terintegrasi dengan Layanan Lain

Slack memungkinkan Anda untuk mengintegrasikan platform lainnya yang Anda gunakan dalam bekerja. Sehingga memudahkan distribusi pekerjaan semakin mudah. Salah satu aplikasi yang bisa Anda tambahkan  adalah Google Drive, aplikasi Zoom, dan Microsoft Teams. 

 

  1. Menyediakan Saluran Publik dan Pribadi

Perusahaan dapat memanfaatkan berbagai saluran obrolan yang ada. Anda dapat membatasi saluran atau obrolan grup hanya untuk individu yang terlibat dalam suatu proyek atau membukanya untuk seluruh perusahaan.

 

  1.  Riwayat Pesan yang Mudah Ditelusuri

Kelebihan lainnya, yakni kemampuan Slack untuk menyimpan dan mengarsipkan semua utas percakapan yang terjadi di platform. Sehingga Anda tidak lagi perlu merasa takut ketinggalan informasi yang dibagikan oleh anggota tim lainnya. 

Informasi detail yang bisa Anda dapat dari riwayat pesan antara lain waktu dan tanggal per pesan, serta file yang disimpan dan dibagikan di platform. Hebatnya lagi, tersedia juga sistem penyaringan khusus untuk mencari item tertentu di aplikasi ini.

 

Baca Juga: Manfaat Aplikasi Trello Untuk Manajemen Tugas

 

Kekurangan Aplikasi Slack

Terlepas dari segala manfaatnya dalam menunjang komunikasi internal perusahaan, ada beberapa kekurangan yang dimiliki Slack yang patut Anda perhatikan, yaitu di antaranya:

 

  1. Pesan yang Tidak Terorganisir

Saat Anda sedang mempunyai sebuah proyek dalam satu perusahaan, bukan tidak mungkin akan terjadi percakapan yang intens di dalam Slack dengan rekan tim Anda.

Dengan keadaan seperti ini, pesan-pesan penting akan cepat terkubur dan sulit untuk ditemukan. Anda bisa saja menggunakan fitur search, namun tidak mudah untuk menemukan pesan-pesan yang penting. 

 

  1. Bersifat Adiktif

Aplikasi Slack dilengkapi dengan fitur-fitur media sosial seperti emoticon dan push notification. Hal ini bisa membuat Anda atau rekan kerja menghabiskan terlalu banyak waktu untuk memeriksa aplikasi ini dan akhirnya jadi mengabaikan pekerjaan. 

 

  1. Kurang Aplikatif

Dibandingkan dengan pertemuan tatap muka, sulit untuk melakukan percakapan substantif melalui pesan instan. Slack sangat bagus untuk mengawasi dengan cepat apa yang terjadi, tetapi ketika membahas diskusi besar, aplikasi ini kurang untuk mengakomodir hal tersebut.

Itu dia kelebihan dan kekurangan dari aplikasi Slack yang banyak digunakan perusahaan sebagai media komunikasi internal sehari-hari. Semoga sekarang Anda mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang betapa bermanfaatnya aplikasi satu ini untuk menyatukan tim dan merampingkan komunikasi agar lebih efektif.