wfh

10 Tips Tetap Produktif Saat WFH Selama Pandemi

Pandemi COVID-19 mengubah banyak pola kehidupan manusia. Mulai banyak perusahaan yang menetapkan WFH selama pandemi COVID-19. Hal ini berguna untuk menjaga kondisi kesehatan karyawan agar tidak terinfeksi COVID-19 serta tetap menjaga operasional perusahaan. Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan WFH? dan bagaimana cara tetap produktif saat WFH di era pandemi? 

 

Apa yang dimaksud WFH (Work From Home)

WFH adalah kepanjangan dari work from home, yaitu bekerja dari rumah. Model kerja dari rumah mengandalkan teknologi internet sebagai media komunikasi. Dengan begitu, karyawan tidak perlu bekerja di kantor dan dapat mengerjakan pekerjaannya di rumah.  Saat karyawan bekerja dari rumah, jumlah karyawan di ruang kantor cenderung terbatas dan tidak begitu banyak. Menetapkan sistem WFH juga ikut mendukung program jaga jarak atau physical distancing di era pandemi. Dengan begitu perusahaan dapat meminimalisir karyawan dari resiko terpapar COVID-19.  

 

Tips Agar Tetap Produktif Saat Work From Home Selama Pandemi 

Tidak semua orang langsung terbiasa bekerja dari rumah. Suasana rumah yang identik dengan kegiatan bersantai dan beristirahat pun membuat perasaan bekerja jauh lebih berbeda. Namun, Anda dapat membiasakan diri pelan-pelan agar mampu bekerja dengan baik walau dari rumah. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan jika ingin Work From Home (WFH) tetap produktif. Ikuti beberapa tips di bawah ini! 

 

1. Kenakan Pakaian yang Nyaman

Tahukah Anda jika pakaian yang nyaman dapat mendukung bekerja dari rumah lebih fokus? Pakaian yang nyaman dapat meningkatkan mood bekerja. Anda bisa bangun pagi seperti waktu kerja biasa, mandi, kemudian mengenakan pakaian kerja yang Anda kenakan di kantor. Namun, Anda juga dapat memakai pakaian santai jika tidak ada meeting melalui video conference di hari itu 

 

2. Jaga Kesehatan

Tips selanjutnya adalah menjaga kesehatan dengan baik. Kesehatan yang baik adalah awal dari produktivitas. Perhatikan nutrisi dari makanan dan vitamin yang Anda konsumsi setiap harinya. Sempatkan berolahraga ringan dan berjemur di bawah sinar matahari sebelum bekerja. Dengan begitu sistem imun tubuh Anda tetap kuat dan tak mudah sakit. Sehingga Anda lebih produktif saat WFH.

 

3. Jauhkan Distraksi

Jika bekerja di kantor saja kadang masih terdistraksi, bagaimana jika di rumah? Ternyata distraksi di rumah jauh lebih besar. Untuk fokus pada pekerjaan, jauhkan distraksi dengan meletakkan ponsel agak jauh dari tempat kerja selama bekerja dan bukalah beberapa aplikasi chat yang Anda gunakan untuk berkomunikasi dengan rekan kantor melalui laptop atau komputer. Niscaya tidak ada lagi sedikit-dikit melirik layar ponsel dan dapat bekerja lebih fokus. 

 

4. Diskusikan dengan Orang Rumah

Kadang distraksi atau gangguan yang membuat Anda kurang fokus berasal dari orang di rumah. Jika Anda tinggal di rumah bersama beberapa orang seperti orang tua, pasangan, dan anak, pastikan bahwa Anda telah mendiskusikan dan memberitahu mereka bahwa Anda sedang bekerja dari rumah.  Hal ini berguna mengurangi distraksi dari pihak lain dari dalam rumah. 

 

5. Buat Jadwal Kerja

Bekerja dari rumah sering kali membuat karyawan bekerja lebih dari jam biasa di kantor. Agar tidak berlebihan bekerja, jadwal kerja yang jelas sama seperti Anda bekerja di kantor. Dengan begitu Anda terhindar dari over work dan kelelahan. Jadwal kerja juga sangat berguna ketika pembahasan progress mingguan. Anda bisa melihat sejauh apa pekerjaan Anda dalam satu minggu dan bagaimana hasilnya. 

 

6. Tentukan Skala Prioritas

Bekerja dari jarak jauh sering kali menyakitkan untuk memutuskan mana yang harus dikerjakan duluan. Untuk mempermudah penyusunan, tentukan skala prioritas. Kerjakan yang paling penting dan dekat dengan tenggat waktu, kemudian lanjutkan ke pekerjaan lain. Menentukan skala prioritas dapat membantu Anda menyelesaikan semua tugas dengan tepat waktu. 

 

7. Siapkan Ruang Kerja

Kalau melihat suasana rumah, pasti Anda selalu ingat dengan suasana santai. Niat bekerja yang tadinya menggebu seketika ciut. Agar tidak terlena dengan suasana rumah ketika WFH, Anda dapat mempersiapkan ruang kerja yang formal. Cukup siapkan meja yang kokoh dan bangku yang nyaman. Ada baiknya jika Anda menyusun ruang kerja berjauhan dari kasur agar Anda tidak tergoda untuk bermalas-malasan.

 

Baca juga: 10 Tips Cara Menghilangkan Rasa Malas Saat Bekerja

 

8. Tetap Terhubung dengan Rekan

Salah satu kunci utama dari kerjasama yang baik adalah terhubung dengan rekan. Lakukan semua koordinasi dengan jelas dan tepat melalui meeting mingguan. Anda harus tetap menyalakan chat agar dapat menerima pesan dari rekan Anda. Jadi, walaupun bekerja dari jauh, pastikan Anda selalu berhubungan dengan rekan kerja Anda. 

 

9. Gunakan Tools Penunjang

Karena mengerjakan semua dari online, pastikan jika Anda punya alat-alat penunjang yang mampu menyederhanakan tugas Anda. Contohnya, staf HRD dapat memanfaatkan Software HRD LinovHR untuk memproses pengelolaan karyawan seperti penggajian, absensi, dan sebagainya. Alat lain yang dapat Anda gunakan adalah drive digital yang dapat diakses beberapa orang tim untuk mengakses beberapa file tertentu.

 

Baca juga: Rekomendasi Software HR Terbaik untuk Perusahaan

 

10. Jangan Lupa Istirahat

Tips terakhir yang harus Anda ingat selama WFH di tengah pandemi adalah jangan lupa istirahat. Percuma saja Anda bekerja dari rumah jika Anda bekerja berlebihan dan akhirnya jatuh sakit. Bekerja dari rumah untuk menghindari sakit malah jatuh sakit karena kelelahan. Maka dari itu, jangan bekerja berlebihan dan istirahatlah bila merasa lelah. 

 

Kesimpulan

Pandemi COVID-19 belumlah usai. Perusahaan dan karyawan harus saling bekerjasama untuk beradaptasi dengan pola kerja di tengah pandemi. Jika Anda dapat beradaptasi dan menjaga produktivitas selama WFH, maka Anda dapat menjaga performa kerja. Tidak lupa, selalu jaga diri dengan mencuci tangan dan hindari kerumunan yang tidak diperlukan. Dengan begitu Anda tetap sehat dan resiko tertular COVID-19 semakin kecil. Itulah 10 tips yang Anda bisa terapkan ketika WFH di tengah pandemi COVID-19. Semoga dapat membantu!