Contoh Absen Daring untuk Perusahaan dan Beberapa Keunggulannya

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

Contoh Absen Daring untuk Perusahaan
Isi Artikel

Absen adalah salah satu komponen penting di perusahaan. Ia menjadi penentu kedisiplinan dan performa karyawan.

Oleh karena itu, perusahaan harus mampu menemukan praktik terbaik untuk menjalankan absensi karyawan. Salah satunya adalah dengan absen daring.

Saat ini absen daring termasuk dalam teknologi yang memiliki perkembangan yang pesat. Contoh absen daring yang dapat dipergunakan perusahaan pun semakin banyak. Dari yang hanya untuk mencatat jam masuk sampai ada pula yang mampu melacak posisi karyawan.

Jika Anda berniat untuk beralih menggunakan absen daring, coba baca artikel LinovHR berikut ini!

 

Apa Itu Absen Daring?

Absen daring merupakan suatu sistem absensi karyawan jarak jauh yang berguna untuk mencatat waktu kehadiran karyawan melalui internet.

Pencatatan kehadiran karyawan ini bisa melalui sebuah aplikasi atau website yang dapat diakses dengan mudah menggunakan berbagai perangkat, baik mobile maupun PC.

Penggunaan absen daring di perusahaan berguna untuk memudahkan proses pendataan absensi karyawan dan meningkatkan efisiensi kerja.

Jadi, karyawan yang bekerja di luar kantor, bisa terdata dengan baik melalui absen daring. Dengan begitu, karyawan tidak perlu repot-repot ke kantor hanya untuk melakukan absensi.

 

Mengapa Perusahaan Harus Beralih ke Absen Daring?

Alasan yang paling mendasar mengapa perusahaan harus menerapkan absen secara daring adalah karena penggunaan absen daring dapat memudahkan perusahaan dalam pencatatan kehadiran karyawan lebih efektif dan efisien.

Tidak hanya itu, absen daring juga dapat membantu HR dalam menyusun laporan kehadiran lebih praktis karena biasanya mereka telah didukung dengan otomatisasi.

Dengan begini, tentu akan menghemat waktu HR sehingga mereka bisa mengerjakan tugas lainnya yang berguna untuk manajemen SDM

Selain itu, absen secara daring bisa meminimalisir kesalahan pencatatan kehadiran sehingga absen karyawan bisa terdata dengan akurat.

 

Contoh Absen Daring dengan Google Forms

Google Form adalah salah satu contoh absen online yang banyak digunakan. Anda dapat melakukan kustomisasi kolom apa saja yang perlu diisi oleh karyawan saat mereka melakukan absen. Misalnya data diri, divisi, jam masuk, jam pulang, sampai dengan melampirkan selfie.

 

contoh absen daring
ngetrik.com

 

Setelah Anda menyiapkan data apa saja yang perlu diisi karyawan saat melakukan absen, selanjutnya Anda hanya perlu membagikan link Google Form tersebut kepada para karyawan.

 

Kekurangan Absen Daring dengan Google Forms

Google Form mungkin menjadi contoh absen daring yang sangat sederhana dan simpel. Namun, dalam praktiknya penggunaan Google Form ini kurang efektif.

Kekurangan yang pertama adalah perusahaan harus membuat form setiap harinya dan memasukkan data absensi secara manual untuk perhitungan penggajian karyawan. Hal ini tentu akan menambah pekerjaan HR.

Selanjutnya Google Form tidak bisa menggambarkan kondisi karyawan yang sebenarnya. Contohnya jam masuk kerja karyawan tidak bisa di data dengan akurat, jam istirahat tidak bisa di data, dan lain sebagainya.

Kekurangan lainnya adalah Google Form tidak menggambarkan realita yang sebenarnya. Manajemen perusahaan tidak dapat mengetahui secara pasti apakah karyawan benar-benar hadir atau hanya absen saja. Hal ini dikarenakan absensi Google Form tidak dapat mendeteksi lokasi karyawan secara real-time.

 

Baca Juga: Manfaat Penerapan Live Attendance di Perusahaan

 

Keunggulan Absen Daring dengan Aplikasi Absensi LinovHR

Google Form mungkin bisa menjadi absen daring yang sederhana. Tapi penggunaannya tidak efektif dan efisien apalagi untuk ukuran perusahaan yang besar.

Selain itu, Google Form juga tidak mampu menjawab tantangan dalam hal absensi seperti kecurangan, rekapitulasi manual, dan lainnya.

Oleh karena itu, ketika perusahaan berniat untuk beralih menggunakan absen online, pastikan teknologi absen tersebut mampu menjawab tantangan dan segala kebutuhan pengelolaan absen di perusahaan.

Salah satu contohnya adalah menggunakan Aplikasi Absensi LinovHR. Aplikasi absen daring ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan Google Form yang dapat memudahkan pengelolaan kehadiran karyawan. 

Dengan fitur-fitur yang yang ada dalam Aplikasi Absensi LinovHR, perusahaan dapat mencatat kehadiran karyawan dengan lebih akurat dan praktis. Mulai dari fitur absensi wajah, sidik jari, hingga geolocation.

 

geotagging
geotagging pada sistem absensi online

 

Aplikasi Absen LinovHR juga dilengkapi dengan fitur anti fake GPS, anti root, dan anti jailbreak dengan begini tidak ada celah untuk karyawan melakukan kecurangan maupun memalsukan lokasi kerja.

 

aplikasi absen online
Aplikasi Absensi

 

Keunggulan yang lainnya adalah Aplikasi Absensi LinovHR dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti, perizinan, pengajuan cuti, pengubahan jadwal kerja, dan jatah lembur. Semuanya bisa dilakukan secara jarak jauh untuk memudahkan karyawan dalam mengajukan perizinan.

Selain itu, keunggulan lainnya dari sistem absensi ini adalah adanya integrasi langsung dengan sistem penggajian atau payroll.

Sehingga, manajemen dapat langsung menghitung gaji karyawan berdasarkan data kehadiran karyawan dengan mudah dan akurat.

Berbagai keunggulan tersebut dapat dirasakan dengan menggunakan Aplikasi Absensi dari LinovHR. Segera hubungi kami untuk mendapatkan aplikasinya!

Tentang Penulis

Picture of Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Picture of Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter