Apa Itu ETAX eFaktur dan Bagaimana Mengatasinya?

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

etax efaktur
Isi Artikel

Dalam mengadopsi teknologi e-Faktur melalui aplikasi ETAX, pengguna mungkin menghadapi kendala teknis yang tidak diinginkan, salah satunya adalah munculnya kode error

Kode error ETAX eFaktur dapat menjadi tantangan yang perlu dipecahkan dengan cepat agar proses pelaporan pajak tetap berjalan lancar. 

Artikel ini akan membahas berbagai kendala  yang mungkin dihadapi pengguna ETAX eFaktur atau ETAX-API, serta solusi yang dapat diambil untuk mengatasi setiap kendala tersebut.

Dengan pemahaman yang lebih mendalam tentang berbagai kode error dan solusinya, diharapkan Anda dapat mengatasi masalah teknis dengan lebih efektif dan menjaga kelancaran proses pelaporan pajak.

 

Apa Itu ETAX eFaktur?

Error ETAX eFaktur adalah masalah yang terjadi saat menggunakan aplikasi e-Faktur untuk mengelola faktur pajak elektronik.

Hal ini dapat terjadi dalam berbagai tahap, mulai dari pembuatan faktur pajak hingga proses pelaporan dan pembayaran PPN. 

Kode error ini muncul pada dashboard atau layar monitor, memberikan indikasi tentang kesalahan dalam penggunaan aplikasi e-Faktur desktop.

Pesannya mencakup informasi terkait Faktur Pajak Keluaran dan Masukan, serta muncul bersamaan dengan kode error ETAX eFaktur. 

Dengan memahami notifikasi ini, pengguna dapat mengidentifikasi kendala yang dihadapi dan mengambil langkah-langkah untuk mengatasi masalah tersebut. 

Sebagai pesan peringatan, kode error ETAX eFaktur memberikan petunjuk penting untuk memastikan kelancaran penggunaan layanan e-Faktur.

 

Baca Juga: Daftar Kode Akun Pajak Pph 21 dan Pph 23

 

Jenis Kode Error ETAX dan Solusi Mengatasinya

ETAX efaktur
ETAX efaktur

 

Terdapat sejumlah jenis kode error ETAX dengan penanganan yang berbeda, tergantung pada sifat spesifik kode error tersebut. 

Kesalahan dalam aplikasi ETAX e-Faktur dapat berasal dari berbagai faktor, mulai dari kesalahan input data hingga masalah dalam proses impor dokumen faktur Pajak, bahkan hingga kendala pada sistem operasi perangkat yang digunakan. 

Rangkuman keterangan mengenai jenis-jenis kode error ini mencakup penyebab serta solusi yang sesuai, mencakup kategori sistem e-Faktur dari versi sebelumnya hingga yang terbaru, yakni versi 3.2.

 

Kode Error ETAX e-Faktur 1.0

Kode Error

eFaktur 1.0

Keterangan Solusi
ETAX-10001 Database error
  1. Pastikan di dalam folder db > ETaxinvoice terdapat folder log, segO, dan tmp, serta file db.lck, README_DO_NOT-Touch_FILE, dan service.properties. 
  2. Memastikan folder db memiliki folder ETaxInvoice dengan konten folder sesuai dengan nomor (1) dan tidak ada folder tambahan selain ETaxInvoice yang ditambahkan secara manual. 
  3. Menjalankan aplikasi ketika terhubung dengan internet untuk melakukan pembaruan database aplikasi e-Faktur. 
  4. Memastikan bahwa PC server aktif dan aplikasi e-Faktur berjalan, serta melakukan start database sebagai server melalui menu File > Administrasi db, dan menekan tombol start db sebagai server.
ETAX-10002 Gagal mengambil data Memastikan koneksi yang baik antara PC server dan desktop client. Caranya, menutup aplikasi di client, kemudian menyambungkan kembali ke server dan mengulangi prosesnya.
ETAX-10003 Gagal melakukan input ke database Memeriksa kembali data yang akan di-input atau dimasukkan.
ETAX-10004 Tidak menemukan data yang dicari Melakukan Get Data kembali untuk mengulangi proses permintaan (request) ke server DJP.
ETAX-10005 Database tidak dapat ditemukan Memastikan database e-Faktur berada dalam folder db aplikasi.
ETAX-20006 Tidak dapat memulai database sebagai server jaringan Memeriksa apakah port yang digunakan untuk koneksi database telah terbuka.
ETAX-20001 NPWP tidak terisi dengan lengkap Mengisi NPWP dengan benar, baik pada formulir input maupun dalam file csv yang akan diimpor.
ETAX-20002 Nomor Seri Faktur Pajak telah digunakan atau sudah terdaftar Menggunakan nomor seri Faktur Pajak lain yang belum pernah digunakan.
ETAX-20003 Tidak dapat menemukan Nomor Faktur Pajak
  1. Memeriksa kembali dalam kisaran nomor Faktur Pajak, apakah nomor tersebut benar-benar ada atau tidak. 
  2. Memeriksa apakah nomor Faktur Pajak tersebut telah di-input atau digunakan sebelumnya.
ETAX-2004 Format angka tidak benar
  1. (Isi kolom DPP, PPN, PPnBM, harga, jumlah barang, diskon dengan angka. 
  2. Jika terdapat nilai pecahan, gunakan karakter titik sebagai pemisah pecahan, dan karakter koma sebagai tanda pemisah pecahan untuk input melalui antarmuka.
ETAX-20005 Format NPWP tidak sesuai Isikan NPWP dengan angka 15 digit dengan benar.
ETAX-20006 Format tanggal tidak sesuai Isikan tanggal sesuai dengan format yang ditentukan, yaitu tanggal/bulan/tahun.
ETAX-20007 Nomor Faktur Pajak tidak lengkap Lakukan pengecekan ulang terhadap Nomor Seri Faktur Pajak yang direkam pada referensi Nomor Seri Faktur Pajak.
ETAX-20008 Error validasi
  1. Pastikan mengisi semua kolom yang wajib diisi. 
  2. Isikan data sesuai dengan format pengisian.
ETAX-20009 Lawan transaksi digunakan sebagai referensi Periksa kembali data Lawan Transaksi.
ETAX-20010 Barang/jasa digunakan sebagai referensi di faktur Periksa kembali data barang/jasa.
ETAX-20011 Tidak dapat mengunggah faktur Lakukan pengunggahan ulang.
ETAX-20012 NPWP tidak terdaftar Periksa kembali data NPWP.
ETAX-20013 Lawan transaksi tidak lengkap Periksa file CSV, periksa kolom dan isian data pada baris Lawan Transaksi, dan pastikan sesuai dengan skema impor yang ditentukan oleh DJP.
ETAX-20014 Nilai tidak boleh kosong Pastikan data diisi dengan benar.
ETAX-20015 Belum memasukkan pilihan Guna membuka SPT, klik baris SPT yang akan dibuka, kemudian tekan tombol “Buka SPT untuk Diubah”.
ETAX-20016 Rentang nomor Faktur Pajak sudah terdaftar Periksa kembali range nomor faktur, pastikan range yang akan direkam belum ada di daftar referensi range nomor faktur.
ETAX-20017 Nomor faktur tidak termasuk dalam range referensi nomor faktur Periksa kembali NSFP yang digunakan dan pastikan nomor Faktur Pajak tersebut berada dalam range di referensi nomor Faktur Pajak.
ETAX-20018 Range NSFP tidak tersedia, daftarkan referensi nomor faktur terlebih dahulu
  1. Input range NSFP yang diperoleh dari KPP DJP. 
  2. Dalam hal nomor merekam Faktur Pajak dengan NSFP yang terlewat dan masih di dalam range, klik “OK” pada error dan lanjutkan rekam faktur dengan mengisi manual atau bisa dengan melakukan impor.
ETAX-20019 Tidak bisa mengubah data. Data yang akan dihapus dipakai sebagai referensi. Data referensi yang sudah pernah dipakai tidak bisa dihapus.
ETAX-20020 Kode barang/jasa sudah terdaftar tidak dapat memakai kode yang sama. Data referensi yang sudah pernah dipakai tidak bisa dihapus.
ETAX-20021 Nama barang/jasa sudah terdaftar tidak dapat memakai nama yang sama. Data referensi yang sudah pernah dipakai tidak bisa dihapus.
ETAX-20022 Barang/jasa tidak lengkap. Periksa file CSV, cek kolom dan isian data pada baris OF. Pastikan sesuai dengan skema impor dari DJP.
ETAX-20023 Format faktur salah.
  1. Periksa kembali file CSV dan pastikan isian data lebih sesuai dengan skema impor DJP.
  2. Periksa karakter pemisah (delimiter) yang dipakai, pastikan karakter pemisah pada form impor sama dengan karakter pemisah di file CSV.
ETAX-20024 Masa Faktur Pajak tidak boleh kurang dari tanggal faktur. Pastikan masa pelaporan Faktur Keluaran pada form input Faktur Pajak atau pada file CSV impor diisi dengan benar.
ETAX-20025 Masa Faktur melebihi batas ketentuan pelaporan Faktur Pajak. Periksa masa pelaporan Faktur Masukan, pastikan masa lapor tidak lebih 3 bulan dari tanggal Faktur Pajak dibuat.
ETAX-20026 Flag Pengganti tidak sesuai format. Isikan kolom fg_pengganti dengan: 

  1. 0 untuk Faktur Pajak normal. 
  2. 1 untuk Faktur Pajak Pengganti.
ETAX-20027 Tanggal Faktur Pengganti tidak boleh kurang dari Faktur Pajak. Tanggal Faktur Pajak Pengganti minimal sama dengan Tanggal Faktur Pajak yang diganti.
ETAX-20028 Jumlah DPP, PPN, PPnBM Objek Faktur tidak sama dengan nilai Faktur. Cek file CSV. Kolom Jumlah DPP/Jumlah PPN/Jumlah PPnBM baris FK nilainya harus sama dengan total nilai DPP/PPN/PPnBM pada baris OF-nya.
ETAX-20029 Masa Faktur Pajak lebih besar dari tanggal ETAX Ready, Faktur harus direkam dengan ETax Invoice. Rekam Pajak Keluaran-nya terlebih dahulu dan lakukan upload.
ETAX-20030 Tanggal Retur tidak boleh lebih kecil dari tanggal Faktur Pajak. Isikan tanggal retur lebih besar sama dengan tanggal Faktur Pajak yang diretur.
ETAX-20031 Masa retur tidak boleh lebih kecil dari tanggal retur. Isikan masa retur Faktur Pajak sama dengan bulan retur.
ETAX-20032 Saldo Dasar Pengenaan Pajak (DPP) untuk retur Faktur Pajak kurang. Menghubungi kantor pelayanan pajak (KPP) tempat PKP terdaftar, atau kringpajak 1500200, ataupun helpdeskefaktur DJP.
ETAX-20033 Saldo PPN untuk retur kurang. Menghubungi kantor pelayanan pajak (KPP) tempat PKP terdaftar, atau kringpajak 1500200, ataupun helpdeskefaktur DJP.
ETAX-20034 Saldo PPnBM untuk retur kurang Menghubungi kantor pelayanan pajak (KPP) tempat PKP terdaftar, atau kring pajak 1500200, ataupun helpdesk efaktur DJP.
ETAX-20035
  1. Masa Faktur Pajak kurang dari tanggal ETAX Ready, Faktur Non ETax. 
  2. DPP tidak boleh lebih kecil dari 0.
  1. Cek tanggal Faktur Pajak. Faktur Pajak dengan tanggal transaksi sebelum ditetapkan sebagai pengguna ETAX tidak bisa dibuat melalui aplikasi e-Faktur. 
  2. Pastikan DPP tidak kurang dari 0.
ETAX-20036
  1. NPWP tidak terdaftar. 
  2. PPN tidak boleh lebih kecil dari 0.
  1. Pastikan NPWP terdaftar. 
  2. Pastikan PPN tidak kurang dari 0.
ETAX-20037 PPnBM tidak boleh lebih kecil dari 0. Pastikan PPnBM tidak kurang dari 0.
ETAX-20038 Faktur Pajak Batal tidak ditemukan. Pastikan Nomor Seri Faktur Pajak Batal benar.
ETAX-20039 Tidak ditemukan Faktur Pajak yang akan diganti. Pastikan Nomor Seri Faktur Pajak yang akan diganti benar.
ETAX-20040 Faktur Pajak tidak dapat dibuat. Lakukan sinkronisasi kode cap pada aplikasi efaktur desktop.
ETAX-20041 Nilai Dasar Pengenaan Pajak (DPP) tidak cukup. Lakukan update patch e-faktur terbaru. Download patch e-faktur terbaru melalui laman resmi DJP, efaktur.pajak.go.id.
ETAX-20042 Nilai PPN tidak cukup.
ETAX-20043 Nilai PPnBM tidak cukup.
ETAX-20044 SPT Kurang Bayar. Untuk kasus SPT Kurang Bayar, rekam terlebih dahulu SSP-nya.
ETAX-20045 SPT Lebih Bayar.
ETAX-30001 Tidak dapat melakukan enkripsi/dekripsi.
ETAX-30002 Tidak dapat melakukan hashing. Pastikan keberadaan file sertifikat dan hindari perpindahan tempat penyimpanan. Jika terjadi pemindahan, atur kembali melalui menu Administrasi Sertifikat.
ETAX-30003 Library Sigar Error.
ETAX-30004 Error Upload Faktur.
ETAX-30005 Error objek mapping. Cek kembali file CSV dan pastikan isian data telah sesuai dengan skema impor DJP.
ETAX-30006 File tidak ditemukan.
  1. Verifikasi lokasi file CSV yang akan diimpor agar sesuai dengan lokasi yang ditentukan di form Impor. 
  2. Ulangi proses impor dengan menekan tombol “Open” dan tentukan folder file CSV yang benar.
ETAX-30007 File tidak dapat dibaca. Pastikan bahwa lokasi penyimpanan PDF yang dipilih adalah selain di drive C:.
ETAX-30008 Algoritma Hash tidak ditemukan. Periksa nilai dari DPP/PPN/PPnBM yang dimasukkan
ETAX-30009 Report tidak dapat dibuat
ETAX-30010 Disk I/O error
ETAX-30011 Profil belum diregister Perbarui profil melalui menu update profile.
ETAX-30022 File certificate belum tersedia. Daftarkan file sertifikat yang dimiliki melalui menu administrasi sertifikat.
ETAX-30023 File Certificate tidak bisa di pakai Pastikan menggunakan file Sertifikat Digital yang telah disediakan oleh DJP.
ETAX-30024 Harga Barang/Jasa tidak boleh lebih kecil sama dengan 0 Pastikan bahwa harga Barang/Jasa tidak kurang dari atau sama dengan 0.
ETAX-30025 Faktur sedang dalam proses upload ke DJP
ETAX-30026 Faktur sudah di-approved oleh DJP
ETAX-30027 Tanggal Faktur sebelum ETAX ready
ETAX-30028 Tanggal salah
ETAX-30029 Nomor Faktur tidak benar
ETAX-30030 Nomor Retur sudah terdaftar
  1. Periksa nomor faktur dan tanggal faktur. Faktur dengan nomor xxx-yy.xxxxxxxx hanya dapat digunakan untuk penyerahan di tahun yy. 
  2. Lakukan rekam/impor terlebih dahulu untuk dokumen lain yang akan diganti. Setelah itu, rekam/impor dokumen penggantinya.
ETAX-30031 Dokumen Lain tidak lengkap Periksa kembali data dokumen retur yang akan direkam. Pastikan nomor retur dan Faktur Pajaknya sudah benar dan belum pernah direkam / impor sebelumnya.
ETAX 40001 Tidak dapat menghubungi E-TaxInvoice Server Periksa file CSV, cek kolom dan isian datanya. Pastikan sesuai dengan skema impor dari DJP.
ETAX-40002 Error di service
  1. Periksa koneksi internet, pastikan PC terhubung dengan internet. 
  2. Jika menggunakan koneksi internet dengan proxy, pastikan sudah melakukan setting proxy aplikasi dengan benar di menu Referensi > Setting Aplikasi.
ETAX-40003 Error di service session
ETAX-40004 User tidak dapat mengakses service Unggah ulang Sertifikat Digital / Sertifikat Elektronik Anda pada menu Download Sertifikat Digital.
ETAX-40005 Error di service registrasi
  1. Pastikan sudah menginputkan password, captcha, atau passphrase dengan benar. 
  2. Pastikan PC terhubung dengan koneksi internet.
ETAX-40006 Error update Cek kembali data yang di-input dan pastikan huruf besar kecil telah sesuai.
ETAX-40007 URL tidak sesuai dengan format
ETAX-40008 Versi aplikasi E-Faktur belum ter-update
ETAX-40009 Tidak dapat me-load konfigurasi aplikasi
ETAX-40010 Tidak dapat menyimpan konfigurasi aplikasi
ETAX-40011 Tidak dapat melanjutkan
ETAX-50001 Tidak dapat mendapatkan summary dokumen Pajak Keluaran Pajak Masukan
ETAX-50002 Tidak dapat membentuk SPT baru
ETAX-50003 Tidak dapat membentuk SPT Silakan lakukan pembaruan manual atau saat jam tidak sibuk.
ETAX-50004 Tidak dapat membentuk file CSV
  1. Pastikan semua isian data di Induk dan Lampiran AB sudah diisi dan disimpan. 
  2. Jika membuat SPT Pembetulan, pastikan SPT normal-nya sudah dibuat.
ETAX-50005 Tidak dapat membentuk file PDF Pastikan kolom-kolom dalam SPT Masa telah diisi dan telah mengisi profil PKP dengan lengkap.

 

Kode Error ETAX eFaktur 1.0 ETAX-Service

Kode Error eFaktur 1.0 Keterangan Solusi
ETAXSERVICE-10001 Error Database.
ETAXSERVICE-10002 Tidak dapat mengambil data.
ETAXSERVICE-10003 Tidak dapat mengambil data.
ETAXSERVICE-10004 Data digunakan sebagai referensi.
ETAXSERVICE-10005 Data tidak ditemukan.
ETAXSERVICE-20001 Nomor Faktur tidak ditemukan. Pastikan PKP penjual melakukan upload Faktur Pajak Keluaran.
ETAXSERVICE-20002 Session tidak ditemukan.
ETAXSERVICE-20003 Lawan Transaksi bukan ENofa.
ETAXSERVICE-20004 Lawan Transaksi bukan ETax user.

 

Kode Error ETAX eFaktur 3.0 (ETAX-API)

Kode Error eFaktur 3.0 Keterangan Solusi
ETAX-10001 Error Database Pastikan database dan aplikasi yang berjalan di komputer hanya satu aplikasi e-Faktur 3.0.01. Selain itu jalankan juga ETaxInvoiceUpd.exe.
ETAX-40001 Tidak Dapat Menghubungi ETaxInvoice Server Cek e-Faktur apakah di-block oleh antivirus atau firewall. Selain itu, cek juga masa berlaku Sertifikat Elektronik, apakah masih aktif atau sudah kedaluwarsa, dan perkenalkan ulang Sertifikat Digital pajak Anda. Apabila masih muncul kode ETAX-40001 tersebut, kemungkinan ada masalah pada sistem DJP atau antrean dalam sistem DJP.
ETAX-10004 Data Tidak Ditemukan Lakukan get data untuk mengulangi proses permintaan atau request ke server DJP.
ETAX-API-50031 Data Tidak Ditemukan Pastikan input NTPN atau kode KKP dengan benar.
ETAX-API-50030 Data tidak ditemukan Pastikan nomor dokumen tanggal NTPN sudah di-input dengan benar.
ETAX-API-50005 Nilai PPN tidak sesuai dengan data PIB dari DJBC Periksa kembali nilai PPN yang di-input pada aplikasi dan pastikan sesuai dengan nilai yang ada pada dokumen impor.
ETAX-API-50035 Pengkreditan DOkumen SPTNP dan SPKTNP dapat menggunakanmenu SSP Pada aplikasi eFaktur, ubah opsi dokumen transaksi PIB dan SSP menjadi Surat Setoran Pajak dan gunakan nomor NTPN.

 

Kode Error ETAX e-Faktur 3.2 (ETAX-API)

Kode Error eFaktur 3.2 Keterangan Solusi
ETAX-30005 Kode dokumen salah Tambahkan “KODE_DOKUMEN_PENDUKUNG” pada bagian sebelah kanan referensi, kemudian import ulang.
ETAX-API-50034
  1. Kode Akun Pajak tidak sesuai
  2. Kode Jenis Setoran Pajak tidak sesuai
Pastikan KAP dan KJS pajak sudah sesuai.
ETAX-API-50011 Tanggal SSP tidak sesuai dengan data pembayaran Periksa kembali tanggal SSP dan pastikan sudah sesuai dengan nilai yang pada dokumen SSP.
ETAX-API-50005 Nilai PPN tidak sesuai dengan data pembayaran Periksa kembali nilai PPN pada aplikasi e Faktur. Sesuaikan dengan nilai yang ada pada dokumen SSP.
ETAX-API-50030 Data SPTNP atau SPKTNP tidak ditemukan Pastikan NTPN yang digunakan adalah atas dokumen NOTUL, atau Hasil Audit dan datanya sudah ada di Bea Cukai
ETAX-API-50035 Pengkreditan dokumen selain SPNTP dan SPKTNP dapat menggunakan menu PIB Pada aplikasi eFaktur, ubah opsi dokumen transaksi Surat Setoran Pajak menjadi PIB dan SSP serta gunakan nomor dokumen impor.
ETAX-API-50032 Penulisan format Nomor PIB tidak valid. Periksa nomor dokumen yang di-input pada aplikasi

 

Permudah Kelola Administrasi Pajak Bersama Payroll Services LinovHR

 

payroll

 

Error pada e-Faktur tentu amat sangat membingungkan dan bila tidak ditangani dengan tepat dapat merugikan perusahaan.

Ada cara terbaik dan efektif untuk membantu Anda terhindar dari berbagai hal memusingkan dari error Etax yaitu dengan menyerahkan urusan perpajakan karyawan kepada Payroll Services LinovHR

Payroll Services LinovHR  adalah jasa payroll berpengalaman yang tidak hanya membantu perusahaan dalam mengurus penggajian karyawan tapi juga perpajakan karyawan.

Semua proses administrasi dan pelaporan pajak karyawan akan ditangani langsung oleh payroll specialist profesional dan berpengalaman.

Selain itu, payroll specialist kami juga selalu mengikuti perkembangan peraturan perpajakan yang berlaku di Indonesia. Sehingga Anda tidak lagi perlu khawatir bahwa perhitungan pajak tidak sesuai.

Percayakan Payroll Services LinovHR untuk menyederhanakan tugas-tugas rutin terkait pajak, sehingga Anda dapat fokus pada pengembangan bisnis. 

Segera tingkatkan produktivitas perusahaan Anda dengan mengadopsi LinovHR sebagai mitra terpercaya dalam mengelola administrasi pajak.

Bagikan Artikel Ini :

Tentang Penulis

Benedictus Adithia
Benedictus Adithia

Seorang penulis konten SEO dengan pengalaman luas dalam menulis artikel yang dioptimalkan untuk mesin pencari. Berfokus pada strategi konten yang menarik dan informatif untuk website.

Related Articles

.

Newslater

Newsletter

Artikel Terbaru