aplikasi berbasis cloud

7 Keuntungan Menggunakan Software dan Aplikasi Berbasis Cloud

Banyak perusahaan yang mulai merubah sistemnya menggunakan software ataupun aplikasi berbasis cloud. Beberapa perusahaan memutuskan untuk bermigrasi ke cloud untuk memungkinkan perusahaan mereka tumbuh lebih jauh.

Aplikasi berbasis cloud adalah sebuah software atau cloud computing yang dapat digunakan dan bekerja berdampingan dengan komponen lokal. Cloud computing sendiri merupakan gabungan pemanfaatan teknologi komputer atau komputasi dan pengembangan yang berbasis internet.

Banyak yang percaya bahwa tren untuk beralih ke software dan aplikasi berbasis cloud akan meningkatkan peluang kinerja karyawan yang sejalan dengan bertumbuhnya perusahaan. Untuk lebih memahaminya, yuk kita pelajari bersama apa saja keuntungan yang didapatkan!

 

Keuntungan Menggunakan Software dan Aplikasi Berbasis Cloud

Ada banyak keuntungan yang didapat dengan software dan aplikasi berbasis cloud. Mari kita kupas tuntas bersama.

 

1. Efisien dalam Biaya

Software dan aplikasi berbasis cloud bisa dibilang merupakan solusi yang paling hemat biaya. Dibandingkan dengan basis konvensional yang bergantung pada software biasa. Sehingga perusahaan dapat menghemat lebih banyak.

Dalam hal ini, tidak ada biaya dalam infrastruktur karena solusi komputasi Anda akan bergantung pada penyedia layanan cloud Anda. Tidak perlu mengeluarkan biaya lebih banyak pada hardware saat menggunakan sistem berbasis cloud yang akan mencakup server, koneksi ISP, perangkat jaringan, penyimpanan, dan software.

 

2. Penyimpanan yang Besar

Sebagian besar layanan cloud menyediakan ruang penyimpanan gratis, aman, dan besar untuk menyimpan informasi berharga perusahaan Anda. Jika Anda menghabiskan ruang penyimpanan, Anda dapat memilih untuk membeli paket yang memungkinkan Anda menyimpan lebih banyak file.

 

3. Layanan Backup

Kehilangan data pada perangkat fisik bisa jadi hal sulit bagi orang-orang, tetapi dapat memberikan cadangan file di cloud berarti lebih mudah untuk mengambil salinannya.

Yang Anda perlukan hanyalah mem-backup semua data Anda secara teratur jika salinan asli Anda secara tidak sengaja terhapus atau hilang karena hard drive crash atau situasi lain yang akan mengakibatkan hilangnya data.

Sebagian besar penyedia layanan cloud cukup mampu menangani pemulihan data semacam itu, yang kemudian akan membuat Anda tidak perlu khawatir akan kesulitan mengambilnya.

 

Baca Juga:  Aplikasi Pelacak GPS Terbaik Untuk Monitoring Pekerjaan Karyawan

 

4. Mengintegrasi Software secara Otomatis

Integrasi software biasanya terjadi secara otomatis ketika menyangkut sistem berbasis cloud. Integrasi dan pembaruan otomatis akan memudahkan pengguna untuk menggunakan sistem. Pengguna juga tidak perlu melakukan pembaruan manual dengan software mereka.

 

5. Aksesibilitas

Perusahaan yang menggunakan sistem berbasis cloud dapat mengakses cloud di mana saja selama mereka terhubung ke internet. Fitur ini sangat penting apalagi di masa pandemi yang mengharuskan bekerja dari rumah.

 

6. Peningkatan Kolaborasi

Aplikasi dan software berbasis cloud membantu perusahaan membuat proses kolaborasi menjadi mudah dan efektif. Aplikasi cloud ini menyediakan opsi berbagi atau pengeditan data yang mudah. Ini membantu karyawan bekerja secara efektif pada proyek dari jarak jauh dan waktu nyata.

Jika software  menyertakan kontrol akses berbasis peran, tentunya membantu untuk mengakses data tergantung pada peran masing-masing karyawan dalam organisasi. Opsi kolaborasi yang ditingkatkan ini akan membantu perusahaan meningkatkan layanan pelanggan.

 

Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi Daftar Hadir Online

 

7. Skalabilitas

Aplikasi berbasis cloud dapat dengan mudah ditingkatkan dan diturunkan. Dengan kata lain, Anda dapat menentukan banyak hal yang berkaitan dengan jumlah karyawan, pelanggan, layanan, atau produksi tergantung pada perusahaan Anda. Tentunya hal ini merupakan keuntungan paling penting bagi perusahaan untuk tumbuh lebih cepat.

Software berbasis cloud dapat dengan cepat beradaptasi dengan kebutuhan perusahaan. Selain itu, ini tidak akan memakan banyak waktu dibandingkan dengan sumber daya di tempat. Dalam analisis akhir, mereka mungkin membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk ditingkatkan atau diturunkan.

 

Baca Juga: 5 Keunggulan Manajemen HRD Menggunakan Cloud Database

 

Sistem HRIS Cloud LinovHR: Solusi Tepat untuk Manajemen SDM

 

Aplikasi Absensi Online
LinovHR

 

Salah satu contoh aplikasi berbasi cloud adalah Software HRIS Cloud dari LinovHR! LinovHR juga mengikuti tren tersebut dengan membuat software HRIS berbasis cloud sebagai solusi untuk mengelola SDM perusahaan.

HRIS merupakan metode pengelolaan SDM yang terintegrasi melalui software ataupun aplikasi yang lengkap. Mulai dari payroll, tunjangan, absensi, performa, hingga rekrutmen dengan data yang akurat dan pastinya aman.

Yuk mulai beralih ke sistem aplikasi berbasis cloud untuk memudahkan perusahaan Anda dan bertumbuh pesat serta gunakan yang dijamin kejelasannya seperti LinovHR, karena semua #EasyWithLinovHR