5 Rekomendasi Aplikasi Presensi Android Terbaik di Indonesia

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

Isi Artikel

Saat ini, banyak perusahaan yang melirik sistem absensi berbasis aplikasi. Hal ini karena fleksibilitas yang ditawarkan dengan biaya perawatan yang murah.

Bahkan, saat ini juga sudah ada aplikasi presensi Android yang menawarkan berbagai keunggulan. Absensi atau presensi merupakan salah satu sistem yang paling penting di dalam sebuah perusahaan perusahaan.

Kehadiran aplikasi presensi tidak hanya membantu perusahaan dalam mencatat kehadiran tapi juga urusan personalia lainnya. Ditambah, sistem ini memudahkan perusahaan dan karyawan yang memang masih banyak yang memiliki smartphone dengan sistem operasi Android.

Maka dari itu, pada pembahasan ini LinovHR akan memberikan 5 rekomendasi aplikasi presensi android terbaik yang ada di Indonesia.

Mari disimak selengkapnya!

 

Manfaat Menerapkan Aplikasi Presensi Online bagi Perusahaan

Menggunakan sistem aplikasi presensi online di perusahaan nyatanya memberikan beberapa manfaat yang dapat membantu perusahaan dalam menjalankan bisnisnya. Berikut merupakan beberapa manfaatnya.

 

  1. Mudah, Praktis, dan Tidak Ribet

Nilai-nilai di atas merupakan nilai yang dicari oleh bisnis sekarang ini. Artinya, perusahaan mencari alat atau teknologi yang fleksibel dan mudah untuk digunakan, dalam upaya menunjang aktivitas bisnis atau perusahaannya.

Aplikasi presensi online dapat memenuhi nilai-nilai tersebut. Dengan begitu, sistem absensi perusahaan dalam berjalan lebih baik dan simpel.

 

  1. Hemat Biaya

Selain memenuhi ketiga nilai di atas. Aplikasi presensi Android juga dapat mengurangi pengeluaran yang harus dikeluarkan perusahaan dalam melakukan proses absensi.

Sistem absensi manual biasanya membutuhkan sebuah kertas. Hal ini tentu akan menambah pengeluaran perusahaan dalam membeli kertas tersebut.

Namun hal seperti itu tidak diperlukan lagi pada aplikasi presensi online. Karena karyawan bisa melakukan absensi hanya dengan bermodalkan smartphone yang mereka miliki.

 

  1. Meminimalisir Terjadinya Penipuan

Tak sedikit ‘oknum’ karyawan yang melakukan penipuan atau kecurangan terhadap sistem presensi, terutama sistem presensi manual.

Tetapi pada sistem presensi online Android, hal tersebut bisa diminimalisir atau bahkan dicegah. Hal ini berkaitan dengan sistem yang dimiliki oleh aplikasi presensi online tersebut.

Umumnya, aplikasi presensi Android memiliki sistem absensi menggunakan sidik jari atau pengenalan wajah. Tak hanya itu, biasanya tersemat juga GPS yang berfungsi untuk melacak karyawan yang sedang melakukan absensi.

Dengan begitu, ‘oknum’ karyawan tadi akan lebih sulit dalam melakukan kecurangan pada sistem aplikasi presensi online yang ada saat ini.

 

  1. Terintegrasi dengan Sistem Penggajian

Salah satu fitur penting yang ada pada sebuah aplikasi presensi online saat ini, yaitu terintegrasi dengan sistem penggajian.

Fitur ini tentunya akan sangat membantu HR dalam melakukan rekap gaji karyawan setiap bulannya. Karena semuanya dapat tercatat secara otomatis dan akurat, sehingga HR tidak perlu pusing lagi dalam melakukan perhitungan payroll secara manual.

 

  1. Cocok untuk Berbagai Sistem Kerja

Manfaat terakhir yang tidak kalah pentingnya yaitu aplikasi presensi online sangat cocok digunakan untuk berbagai sistem kerja perusahaan.

Aplikasi presensi online memang dikenal dengan tingkat fleksibilitasnya yang tinggi. Sehingga, perusahaan tidak perlu lagi khawatir mengenai sistem kerja yang dimilikinya, baik itu remote working, on-site working, hybrid, maupun shift. Semua bisa menggunakan sistem absensi satu ini.

 

Rekomendasi Aplikasi Presensi Android Terbaik di Indonesia

Kami sudah merangkum beberapa rekomendasi aplikasi presensi Android yang bisa digunakan perusahaan dalam menjalankan bisnisnya, di antaranya:

 

  1. LinovHR

Rekomendasi aplikasi presensi Android yang pertama yaitu aplikasi absensi karyawan online LinovHR.

Aplikasi absensi LinovHR menawarkan beberapa fitur mumpuni untuk dapat memudahkan manajemen, terutama HR dalam melakukan pengelolaan terhadap kegiatan yang berhubungan dengan absensi karyawan di perusahaan.

Kegiatan-kegiatan seperti, pengaturan jadwal karyawan, pengajuan cuti, lembur, hingga data absensi karyawan dapat dikelola dengan cepat, mudah, dan juga akurat dengan aplikasi satu ini.

 

Absensi Online
Aplikasi Absensi LinovHR

 

Lalu bagaimana dengan proses absen karyawan? Tidak perlu ditanya lagi. Aplikasi absen online LinovHR menggunakan beberapa cara untuk proses absen mulai dari face recognition, finger print, dan juga geo tagging.

Dengan cara ini perusahaan mendapatkan data yang lengkap tentang kehadiran karyawan. 

Kemudian, aplikasi presensi Android LinovHR juga dapat meminimalisir kecurangan yang biasanya dilakukan oleh “oknum” karyawan nakal karena sistem sudah anti fake GPS, anti jailbreak, dan root. Sehingga minim sekali celah untuk karyawan melakukan kecurangan.

Dari segi keamanan data, Anda juga tidak perlu khawatir, karena aplikasi absen online LinovHR sudah berbasis cloud sehingga data akan tersimpan aman.

Dengan semua fitur dan kecanggihannya, aplikasi absen LinovHR ini tidak terlalu makan banyak tempat penyimpanan perangkat. Jadi akan bisa digunakan dengan nyaman di semua perangkat Android yang mungkin tidak memiliki sistem memori yang besar.

 

Baca Juga: Seperti Apa Kecanggihan Face Recognition di LinovHR?

 

  1. TimeTac

Rekomendasi selanjutnya yaitu aplikasi bernama TimeTac. Memiliki berbagai macam fitur, seperti pemantauan kehadiran, manajemen cuti, hingga pelacakan waktu karyawan atau proyek. TimeTac sangat cocok digunakan untuk berbagai macam skala bisnis yang ada.

 

  1. E-Days

Aplikasi presensi E-Days dapat membantu tim manajemen dalam menangani ketidakhadiran karyawan, menjadwalkan pekerjaan ke depan, mengidentifikasi serta mencegah waktu cuti yang mendadak atau tidak terjadwal.

 

  1. actiPLANS

Rekomendasi aplikasi yang keempat yaitu actiPLANS yang memiliki fitur untuk memudahkan pengajuan ketidakhadiran karyawan. Dengan begitu, tim manajemen atau HR tidak perlu lagi e-mail dan juga excel untuk melakukan validasi terhadap data yang diperlukan tersebut.

 

  1. PHP Timeclock

Rekomendasi aplikasi yang terakhir yaitu PHP Timeclock. Aplikasi satu ini sudah berdiri sejak tahun 2006 lalu, dan masih dipercaya hingga saat ini.

PHP Timeclock tidak hanya berguna untuk mencatat kehadiran, tetapi dapat digunakan juga untuk melacak jam kerja, jam istirahat, hingga waktu cuti karyawan.

 

Tips Memilih Presensi Android Sesuai Kebutuhan Perusahaan

Agar Anda tidak keliru saat memilih aplikasi presensi Android untuk perusahaan, berikut beberapa tips yang bisa Anda simak, di antaranya:

  • Pilih aplikasi yang praktis dan memiliki User Interface (UI) yang mudah dipahami.
  • Pastikan aplikasi presensi tersebut terintegrasi dengan sistem yang lainnya, seperti sistem payroll atau penggajian.
  • Memiliki banyak fitur penunjang, bukan hanya untuk absensi saja.
  • Akurat, fleksibel, dan juga terjaminan keamanannya.
  • Sesuai dengan kebutuhan dan juga budget yang dimiliki oleh perusahaan.

 

Selain itu, ketika Anda memilih aplikasi presensi, pastikan juga scalability yang baik. Ini penting karena aplikasi tersebut harus dapat bekerja dengan baik walau digunakan dalam jumlah yang banyak. Sehingga aplikasi tidak mudah mengalami error yang sangat membuat tidak nyaman dan merugikan.

Jika Anda ingin aplikasi absensi online yang memiliki scalability baik, Anda bisa ajukan demo aplikasi absen online LinovHR untuk tahu lebih lanjut.

Demo dapat dilakukan secara gratis!

Bagikan Artikel Ini :

Tentang Penulis

Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Related Articles

.

Newslater

Newsletter

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter