Bagaimana Cara Menyikapi Perbedaan Pendapat di Kantor

Bagaimana Cara Menyikapi Perbedaan Pendapat di Kantor? Berikut Cara Atasinya!

Mustahil untuk menemukan lingkungan kerja yang selalu setuju atas suatu kebijakan atau opini satu sama lain. Sulit sekali bagi Anda bisa menghindar perbedaan pendapat di tempat kerja.

Perbedaan pendapat itu pasti akan terjadi dalam lingkungan yang terdiri dari banyak orang dengan berbagai kepribadian dan sikap. Penting untuk memahami bagaimana cara menyikapi perbedaan pendapat di kantor dengan baik dan profesional. 

 

Apakah Perbedaan Pendapat Wajar di Lingkungan Kantor?

Perbedaan pendapat merupakan hal yang sangat wajar terjadi di lingkungan kerja. Bahkan, tanpa disadari sebenarnya Anda juga sering melihat ini dalam kehidupan sehari-hari Anda di luar lingkungan kerja. Jadi, perbedaan pendapat di kantor hanyalah bagian dari kehidupan. 

Dilansir dari Conceptboard, 10% konflik yang terjadi di tempat kerja disebabkan oleh adanya perbedaan pendapat. Hal ini karena kantor adalah sebuah tempat yang dinamis dan terdiri dari banyak orang dengan latar belakang yang berbeda. Dimanapun Anda bekerja, entah itu di perusahaan multinasional, startup, atau lainnya pasti akan menghadapi situasi ini. 

 

Bagaimana Cara Mengatasi Perbedaan Pendapat Secara Profesional?

Walaupun perbedaan pendapat merupakan hal yang wajar terjadi di lingkungan kerja, Anda tidak bisa bersikap bodo amat dalam menyikapinya. Anda harus dapat menyikapinya dengan profesional dan hati-hati. 

Mengapa demikian? Sebab, cara yang kurang tepat dalam mengatasi perbedaan pendapat dapat memicu konflik perusahaan. Jika dibiarkan, konflik perusahaan akan berpengaruh kepada kinerja dan proses bisnis perusahaan. Lagi-lagi pihak perusahaan dan karyawan yang akhirnya bisa dirugikan. 

Oleh karena itu, simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui bagaimana cara menyikapi perbedaan pendapat di kantor. 

 

Hadapi dengan Tenang & Penuh Rasa Hormat

Reaksi yang tenang dan penuh rasa hormat adalah dua hal penting yang harus Anda lakukan untuk menghadapi perbedaan pendapat secara profesional. Ketika diselesaikan dengan cara yang sehat dan komunikatif, hal itu akan membuka pikiran Anda terhadap satu sama lain. 

Terkadang, perbedaan pendapat membuat emosi Anda memuncak. Jika sudah begitu, Anda akan mudah lupa bagaimana harus bertindak. Memberikan reaksi yang defensif hanya akan memperburuk situasi. Tetaplah tenang dan sabar serta jangan jatuhkan pihak mana pun. Menjatuhkan salah satu pihak hanya akan memperkeruh suasana.

 

Turunkan Ego 

Salah satu pemicu tidak terselesaikannya perbedaan pendapat di tempat kerja adalah tingginya ego dari masing-masing pihak. Salah satu cara yang paling efektif dalam mengatasi perbedaan pendapatan di tempat kerja adalah dengan menurunkan ego Anda. 

Cobalah untuk melihat situasi dari sudut pandang yang berbeda. Jangan pernah merasa paling benar, cobalah untuk memahami orang lain. Ingatlah bahwa ketika Anda mengalah itu bukan berarti kalah. Hal ini juga dapat mengembalikan suasana kerja yang tenang dan kondusif.

 

Baca Juga: 9 Cara Mudah Mengendalikan Emosi Saat di Kantor

 

Perhatikan Intonasi Bicara

Kata-kata kasar dan suara yang tinggi akan semakin membangkitkan amarah. Sebaliknya, jika Anda menyampaikan pendapat dengan suara yang lebih rendah, hal ini dapat menyingkirkan kemarahan. 

Manfaat jika Anda merendahkan suara Anda saat berbicara adalah bisa mengurangi ketegangan yang ada. Kedua, orang lain akan berusaha untuk mendengarkan Anda. Namun, pastikan suara yang Anda ucapkan tidak terlalu rendah karena berpotensi disalahgunakan atau dimanfaatkan oleh lawan bicara Anda. Jadi, cukup gunakan suara yang tenang dan stabil. 

 

Posisikan Diri di Sudut Pandang Orang Lain

Cobalah pertimbangkan untuk membayangkan Anda berada di posisi orang lain terlebih dahulu. Semakin Anda memahami posisi seseorang, semakin Anda memahami kekhawatiran mereka. Sehingga semakin besar pula kemungkinan Anda dapat menyelesaikan perselisihan akibat perbedaan pendapat tersebut. Menempatkan diri di sudut pandang orang lain juga dapat membantu Anda agar menjadi pribadi yang open minded. 

 

Jadilah Pendengar yang Baik

Dengarkanlah orang lain baik-baik sebelum Anda menanggapi pendapatnya. Meskipun tidak apa-apa untuk tidak setuju, Anda tidak boleh mencemooh atau memotong pendapat orang lain begitu saja.  

Jika Anda harus menyela pembicaraan karena orang lain terlalu bertele-tele, cobalah untuk meringkas pemahaman Anda terlebih dahulu dengan cara mendengarkannya baik-baik terlebih dahulu.

Orang cenderung tidak setuju ketika mereka tidak mengerti satu sama lain. Ketika satu pihak begitu sibuk ingin didengar dan tidak mencoba untuk memahami, perbedaan pendapat tidak akan terselesaikan. Jadi, berusahalah untuk memahami dan menghargai satu sama lain. Itu tidak berarti Anda harus setuju, tetapi jadilah pendengar yang baik.

 

Baca Juga: Tak Kalah Penting! Perhatikan Komunikasi Non Verbal Selama Bekerja

 

Bersikap Objektif

Kurangnya objektivitas dapat memperpanjang perselisihan yang tidak perlu. Dalam menghadapi masalah yang ada, Anda harus mampu melihat segala sesuatunya secara objektif. Analisa situasi yang terjadi dengan baik kemudian ambil keputusan. Cobalah untuk fokuskan perhatian Anda adalah pada masalahnya, bukan pada orangnya. 

Misalnya, Anda berselisih atau tidak setuju dengan pendapat rekan kerja Anda hanya karena ada yang salah dengannya atau Anda memang tidak menyukainya di luar kantor. Anda tidak bisa tidak setuju dengannya hanya karena perasaan atau intuisi semata. Jagalah diskusi agar tetap impersonal dan fokus pada fakta dan masalah yang ada. 

Menyikapi perbedaan pendapat dengan profesional memang bukan tugas yang mudah. Perbedaan pendapat tidak dapat Anda hindari, melainkan harus Anda hadapi agar pekerjaan bisa kembali berjalan lancar. Itulah beberapa tips bagaimana cara menyikapi perbedaan pendapat di kantor. Semoga dapat membantu dan berhasil!