positive thinking

8 Cara Membangun Positive Thinking dalam Lingkungan Kerja

Positive thinking diperlukan di seluruh kegiatan dalam kehidupan termasuk saat bekerja. Memang, pikiran yang positif tersebut tidak selalu menyelesaikan masalah yang ada. Namun, pikiran yang positif akan merangsang otak untuk memastikan kinerjanya bekerja dengan baik dan meningkatkan kewaspadaan sehingga Anda menjadi lebih siap melakukan tugas harian di tempat kerja. Pikiran akan jauh lebih fokus serta terhindar dari stress.  

Para pemimpin bisnis yang sukses menggunakan optimisme sebagai strategi untuk berhasil dalam pekerjaan dan kehidupan. Kekuatan berpikir positif membuat Anda terbuka pada kesuksesan dan kebahagiaan. Tanpa disadari, pikiran positif juga akan menambah semangat bahkan daya tahan tubuh walau tumpukan deadline pekerjaan sedang banyak-banyaknya. Jadi, dapatkah kekuatan berpikir positif menjadi kunci kesuksesan?

Bagaimana mungkin bisa berpikir positif dikala pekerjaan sedang banyak-banyaknya dan membuat pikiran hampir stress? Jangan khawatir. Ada beberapa cara yang bisa diterapkan untuk membangun positive thinking di lingkungan kerja. Apa saja hal tersebut? 

 

Bertindak Profesional

Nasihat ini berlaku untuk setiap pekerjaan. Cara Anda membawa diri  dan berbicara merefleksikan tentang etos kerja. Biasakan rasa saling menghormati di kantor ketika Anda menangani diri sendiri dan situasi negatif secara profesional. Segera tangani dengan baik jika Anda memiliki masalah dengan rekan kerja atau elemen lain yang mempengaruhi sikap positif di tempat kerja. Coba diskusikan masalah tersebut dengan rekan kerja atau atasan. Lakukan pendekatan dengan sikap yang terbuka dan konstruktif untuk menyelesaikan masalah. Profesionalitas pun tetap terjaga dan masalah dapat diselesaikan. 

 

Istirahat

Karyawan yang paling berdedikasi  dan rajin pun perlu istirahat sesekali. Membiarkan pikiran dan tubuh berhenti sejenak dari pekerjaan adalah keharusan untuk mempertahankan sikap positif. Istirahat tidak hanya untuk pikiran, tubuh juga akan merasa lebih segar. Pergilah ke luar untuk mencari udara dan berjalan kaki singkat. Aktivitas fisik juga dapat mencegah cedera di tempat kerja dan membuat Anda tetap waspada dan produktif. 

 

Baca Juga:  Tips Manajemen Stress untuk Karyawan

 

Tentukan Tujuan

Memiliki sikap positif di tempat kerja berarti mengubah keadaan. Sangat penting untuk menetapkan tujuan untuk diri sendiri dan kemudian bekerja untuk mencapainya. Tujuan tidak perlu besar atau mengubah hidup secara drastis. Sekalipun kecil, buatlah tujuan untuk memotivasi Anda melakukan pekerjaan dengan baik. Anda bisa memulai dengan cara membuat rencana kerja mingguan yang disusun pada hari Senin di minggu pertama. 

 

Kendalikan Job Load 

Anda tidak dapat melakukan pekerjaan jika merasa stress. Ini dapat berdampak negatif pada positif dan produktivitas Anda. Bila merasa kewalahan dengan beban kerja Anda, lihat apa yang dapat dilakukan untuk mengubahnya. Tanyakan kepada rekan kerja Anda apakah mereka memiliki saran atau bersedia menukar tanggung jawab pekerjaan tertentu. Karyawan memiliki sedikit stress adalah karyawan yang lebih bahagia dan lebih produktif.

 

Kerjakan Pekerjaan Saat Ini Juga! 

Ada beberapa jenis orang yang tak bersemangat saat momen tertentu dan akhirnya memilih untuk menunda pekerjaan. Sebenarnya menunda pekerjaan bukan indikasi orang tersebut adalah orang yang malas. Ada 2 alasan umum mengapa orang menunda pekerjaan mereka.Yang pertama karena suasana hati untuk bekerja sedang tidak tepat dan yang kedua adalah asumsi bahwa perasaan tersebut bisa berubah dalam waktu dekat. Padahal, tak selalu harus berhubungan dengan perasaan hati, pekerjaan bisa selesai jika dikerjakan. 

Menunda pekerjaan hanya menjadikan pekerjaan menumpuk dan sulit diselesaikan sehingga Anda pun jadi panik dan malah merasa kewalahan. Jadi, kerjakan pekerjaan yang ada hari ini juga dan jangan ditunda-tunda, ya!  

 

Kelilingi Diri dengan Gambaran Positif

Dalam meningkatkan semangat dan pikiran positif, Anda dapat membuat suasana meja kerja dengan dekorasi yang estetik. Dekorasi meja kerja bukan satu-satunya cara untuk mengelilingi diri Anda dengan hal positif. Orang yang berinteraksi  dengan Anda juga mempengaruhi sikap Anda. Jika Anda mengelilingi diri dengan orang-orang yang mengeluh, malas dan berbicara negatif, ada kemungkinan Anda juga ikut terpengaruh.  Tingkatkan positive thinking di tempat kerja dengan mencari rekan kerja yang berpikiran dan memiliki visi dan tujuan yang sama.

 

Tingkatkan Kualitas Diri 

Tidak ada yang bisa meningkatkan kualitas diri Anda lebih baik selain diri sendiri. Bersikaplah terbuka untuk mempelajari hal-hal baru dan mencari peluang pengembangan karir. Meskipun tidak selalu merasa pintar dan lancar dalam mempelajari sesuatu, bangunlah rasa ingin tahu yang tinggi. 

Dengan memperbaiki diri dan memperoleh keterampilan baru, Anda merasa lebih percaya diri dan memiliki wawasan lebih tentang posisi Anda. Keahlian baru bahkan memberi Anda kesempatan untuk jenjang karir yang lebih tinggi. Mengetahui trend yang terjadi di sekitar mengenai pekerjaan akan mengarahkan pada kemampuan menangani tantangan kerja yang menghadang dan akhirnya Anda lebih bersikap positif di tempat kerja.

 

Baca Juga: Aktivitas Pengembangan Diri yang Bisa Dilakukan di Tempat Kerja

 

Tersenyum

Mungkin nasehat ini tampak konyol, tetapi lebih banyak tersenyum sebenarnya dapat meningkatkan suasana hati bahkan jika itu adalah senyum palsu. Senyuman menunjukkan kepercayaan diri dan sikap yang ramah. Tidak percaya? Satu studi menunjukkan bahwa memaksakan senyum sebenarnya dapat meningkatkan suasana hati Anda karena tubuh Anda mengaitkan gerakan otot tertentu dengan perasaan bahagia.

 

Sekian pembahasan cara membangun positive thinking di tempat kerja. Mulailah setiap hari dengan sikap positif dengan berfokus pada hal-hal baik dalam hidup Anda. Hal-hal negatif akan menjadikan diri berkutat pada masalah dan yang lebih terburuk adalah sabotase diri. Kegagalan apa pun yang tak sengaja Anda lakukan di tempat kerja dapat menjadi pelajaran hidup yang bisa digunakan nanti. Selalu jaga serta bangun positive thinking dalam hidup Anda dan berjalanlah lebih maju!