cara menghilangkan stres

7 Cara Menghilangkan Stres Berat Karena Pekerjaan

Pernahkan Anda mengalami stres karena pekerjaan? Tahukah Anda, akibat dari stres ini tidak bisa dikatakan sepele jika dibiarkan. Selain tidak baik untuk psikologis para pekerja, stres juga dapat mengakibatkan sakit secara fisik.

Oleh karenanya seorang karyawan harus paham cara menghilangkan stres agar tidak mengganggu pekerjaan. Tidak perlu menggunakan cara yang rumit ataupun mahal. Berikut LinovHR akan memaparkan beberapa cara yang dapat menghilangkan stres.

Simak selengkapnya!

 

Cara Menghilangkan Stres Karena Pekerjaan

menghilangkan stres
Mengatasi stress

 

Mengapa sangat penting untuk mengelola stres dengan baik? Masalah utamanya adalah, dari stres itu dapat mengakibatkan penyakit yang cukup serius. ada dua tipe stres yaitu stres akut (stres jangka pendek) dan stres kronis (stres jangka panjang). 

Biasanya stres karena pekerjaan yang berat akan berlangsung lama dan masuk ke dalam kategori stres kronis. Kedua stres ini sama-sama memiliki akibat buruk bagi kesehatan seperti tekanan darah tinggi, diabetes, obesitas, permasalahan kulit, masalah menstruasi hingga depresi. 

Agar Anda tidak stress karena pekerjaan, berikut kami merangkum beberapa cara menghilangkan stres berat akibat kerja yang dapat dilakukan dengan mudah. 

 

1. Jangan Panik, Latihan Pernapasan dan Rileks!

Latihan Pernapasan dan Rileks
Sumber: Unsplash by processingly

 

Salah satu yang paling mudah dilakukan adalah latihan pernapasan dan rileks. Selain cara ini mudah dilakukan, cara ini juga dikenal ampuh dan bermanfaat.

Caranya mudah, tarik napas melalui hidung dengan dalam lalu hembuskan perlahan melalui mulut. Trik ini akan membantu meningkatkan aliran oksigen ke seluruh tubuh dan membantu Anda lebih rileks!

 

2. Buat Perencanaan Kerja

Membuat rencana kerja dapat membantu menghindarkan Anda dari stres karena pekerjaan. Anda bisa melakukan apa-apa saja yang memang sudah Anda rencanakan sebelumnya sesuai porsi pekerjaan dan kemampuan Anda saat itu. Anda bisa menggunakan daftar sederhana seperti to-do-list. Jadi, tidak perlu merasa tertekan dan stres. 

Perlu diingat juga, Anda harus realistis dalam membuat rencana kerja. Rencana kerja yang tidak realistis malah akan membuat Anda semakin stres saat tidak bisa mencapai target Anda pada waktu yang telah ditentukan.

 

3. Jangan Lupa Istirahat!

Istirahat
Sumber: Unsplash by Isabella and Zsa Fischer

 

Saat bekerja sering kali kita menjadi lupa waktu. Terus-terusan bekerja dalam jangka waktu yang lama dan tidak beristirahat malah akan membuat produktifitas atau kualitas pekerjaan anda menurun hingga stres.

Oleh karena itu, jangan lupa sisihkan waktu untuk beristirahat. Anda bisa berjalan-jalan sebentar, mengobrol dengan teman atau rekan kerja atau membuat teh. 

 

4. Coba Dengarkan Musik!

Mendengarkan musik
Sumber: Unsplash by Austin Distel

 

Beberapa orang suka bekerja sembari mendengarkan musik. Mencoba mendengarkan musik yang Anda sukai saat sedang bekerja mungkin bisa membantu mengurangi tekanan pekerjaan yang Anda dapatkan! Tapi pastikan untuk tidak mengganggu konsentrasi.

 

5. Berikan Reward untuk Diri Sendiri 

Setelah melakukan pekerjaan berat dan menyelesaikannya, jangan kemudian Anda langsung memaksakan untuk bekerja lagi.

Anda bisa memberikan reward kepada diri sendiri. Misal membeli makanan yang enak, atau membeli 1 cup kopi saat Anda berhasil menyelesaikan target harian Anda. Pemberian reward ini akan sangat membantu mengurangi stres. 

 

6. Buat Jadwal Bersenang-senang!

Walaupun jadwal kerja Anda sangat padat, jangan lupa juga jadwalkan kapan Anda akan bersenang-senang. Hal ini karena kita seringkali lupa untuk membuat waktu bersenang-senang bagi diri kita sendiri karena terus memikirkan pekerjaan yang harus diselesaikan.

Oleh karena itu penting untuk tetap bersenang-senang agar saat mulai bekerja kembali lebih fresh dan fokus. 

 

Baca Juga: Mau Cuan? Inilah Hobi Menjanjikan untuk Uang Tambahan! 

 

7. Utamakan Kesehatan Mental dan Apa yang Kamu Butuhkan!

Dari banyaknya tips di atas, tentu yang terpenting adalah memperhatikan kesehatan mental dan kebutuhan tubuh Anda sendiri. 

Sangat penting untuk mengutamakan kebutuhan diri sendiri, dan melakukan hal-hal yang dapat meningkatkan kesehatan mental Anda. Saat Anda sudah dapat mengatasi ini, pekerjaan dan stres tidak akan mengganggu Anda lagi.

 

Untuk HR: Anti Stres Kerja dengan Software HRD LinovHR

 

software hris

 

Bekerja di bidang HR disebut sebagai pekerjaan yang rawan akan stres.

Mengapa demikian? Bidang HR menangani berbagai macam kebutuhan karyawan dan harus mengelolanya dengan baik. Jika ada salah perhitungan gaji misalnya, tentu akan menimbulkan stres dan dapat menghilangkan fokus. 

Bukan hanya gaji, HR juga perlu mengatur cuti, absensi, serta pekerjaan-pekerjaan lain yang tanggung jawabnya sangat besar dan berpengaruh kepada karyawan perusahaan secara langsung. 

Untuk mengurangi kemungkinan stres karena pekerjaan yang berat, untuk HR, Anda bisa menggunakan Software HRIS LinovHR!

Mengapa menggunakan Software HRIS LinovHR? Software ini memiliki features yang membantu menjalankan pekerjaan HR dengan lebih mudah dan efektif. HR akan terbantu karena pekerjaannya tidak perlu dikerjakan satu per satu secara manual. 

Anda bisa mengatur absen, cuti, hingga payroll dalam satu aplikasi. Mudah bukan? Menggunakan Software HRIS dari LinovHR merupakan salah satu cara menghilangkan stres pikiran serta meringankan kerja HRD yang biasa muncul karena pengelolaan secara manual.

 

Referensi:

https://www.inc.com/larry-kim/how-to-de-stress-at-work-instantly-15-proven-ways-to-calm-your-mind.html

https://hellosehat.com/mental/stres/dampak-stres-pada-tubuh-anda/