semangat kerja

Semangat Kerja Kendor Pasca Liburan? Coba 7 Hal Ini

Liburan adalah impian semua pekerja. Biasanya jika sudah mendekati liburan, semangat kerja menjadi menggebu karena sudah membayangkan hari-hari liburan yang akan menyenangkan. Pekerjaan rasanya ingin segera diselesaikan agar tidak menjadi beban selama liburan.

Tetapi kondisi sebaliknya kerap dialami setelah liburan. Pasca menikmati hari-hari yang menyenangkan, semangat kerja justru kendor karena drastisnya perbedaan antara suasana liburan dengan kondisi pekerjaan.

Menurut seorang Psikolog Klinis, Inez Kristanti, yang dikutip dari bisnis.com, kondisi ini biasa disebut dengan istilah post holiday blues, di mana setelah liburan motivasi bekerja agak menurun dan terkesan kurang semangat.

Apakah anda pernah mengalami hal tersebut? Apa yang bisa dilakukan untuk mengatasinya? Berikut 7 hal yang bisa dilakukan untuk mengembalikan semangat kerja yang kendor pasca liburan.

 

1.     Bersiap Lebih Pagi

Salah satu yang sering menjadi kekeliruan seorang karyawan pasca liburan adalah bermalas-malasan untuk pergi ke kantor. Tubuh disengaja bangun rada siang karena tak mau move on dari liburan. Pergi ke kantor pun dilakukan semepet mungkin karena tak rela untuk menghadapi kenyataan.

Seharusnya, di hari-hari pertama bekerja pasca liburan adalah diawali dengan bangun pagi bahkan lebih pagi dari biasanya. Sediakan sekitar 30-45 menit untuk waktu yang lebih cepat tersebut untuk melakukan hal-hal yang menyenangkan seperti mendengar musik, berolahraga, membaca, dan lainnya. Hal ini dilakukan agar mood untuk hari tersebut terbangun positif.

 

2.     Nikmati Sarapan Favorit

Agar tidak terlalu kontras antara hari liburan dan hari kerja, tak ada salahnya untuk membuat pagi hari anda ditemani dengan sarapan favorit. Nikmati setiap gigitannya agar menjadi mood booster untuk menjalani pekerjaan di kantor. Perut terisi juga penting untuk meningkatkan produksi hormon serotonin yang berperan dalam pengendalian emosi.

 

3.     Buat To-do-list

Memiliki jadwal yang tersusun akan membuat anda lebih semangat bekerja karena mempunyai target. To-do-list tidak hanya dibuat untuk harian tetapi juga mingguan agar secara tidak langsung anda akan memikirkan berbagai pekerjaan yang sudah menanti. Dengan cara ini, tentu akan membuat diri sendiri fokus pada hal-hal yang harus dikerjakan, bukan memikirkan liburan yang sudah dilewati.

 

Baca Juga: 7 Cara membuat To Do List yang Efektif

 

4.     Jangan Overwork

Layaknya sebuah mesin motor yang sudah lama istirahat, anda juga harus melakukan pemanasan sebelum kembali bekerja. Oleh karennya, jika memang banyak kerjaan yang menunggu, kerjakan hal-hal yang ringan dahulu agar diri anda bisa kembali beradaptasi dengan ritme kerja yang biasa.

 

Baca Juga: 7 Cara membuat To Do List yang Efektif

 

Hal ini juga berkaitan juga dengan poin 3 dimana anda harus bijak membuat to-do-list agar pekerjaan tidak menumpuk di satu waktu atau hari. Overwork bukannya membuat lupa akan liburan, malah bisa-bisa membuat otak stress. Efeknya tentu akan menghancurkan semangat yang hendak dibangun.

 

5.     Saling Berbagi Cerita dengan Rekan Kerja

Hari-hari pertama bekerja pasca liburan juga bukan berarti memaksa diri melupakan liburan dan langsung fokus 100% bekerja. Tak ada salahnya berbagi cerita menarik selama liburan dengan rekan-rekan kerja di kantor. Saling berbagi cerita akan membuat diri merasa lebih relax dan membuat suasana kantor menjadi lebih cair. Hal ini tentu sangat bermanfaat untuk membuat otak semakin fresh dan produktif dalam bekerja.

 

6.     Dekorasi Ulang Meja Kerja

Pasca liburan artinya otak sudah mulai me-refresh kepenatan yang terjadi selama bekerja. Agar aura-aura baik selama liburan bisa hadir di ruang kerja, ada baiknya anda mendekorasi ulang meja kerja. Tampilan baru meja kerja akan membuat semangat baru juga lahir.

Jika perlu, letakkan juga foto-foto selama liburan untuk membangkitkan keceriaan diri. Tetapi semua kembali kepada diri masing-masing, jangan sampai meletakkan foto atau souvenir liburan justru membuat tidak fokus bekerja karena terdistraksi dengan kenangan.

 

7.     Merencanakan Liburan Berikutnya

Hal ampuh lainnya yang bisa mengatasi semangat kerja yang kendor pasca liburan adalah memikirkan rencana liburan berikutnya. Ya, hal ini bisa menjadi pemacu semangat karena diri akan termotivasi untuk bekerja lebih baik agar bisa menabung. Target liburan juga secara tak sadar akan membuat diri lebih menikmati hidup lantaran banyak hal-hal menarik yang dipikirkan.

 

Pasca liburan bukan berarti semangat kerja menjadi kendor. Bangun mood baik sejak pagi sebelum ke kantor agar selama bekerja menjadi lebih produktif. Jangan lupa juga bahwa liburan yang bisa anda dapat adalah berkat bekerja keras, jadi hargai dan nikmatilah setiap pekerjaan tersebut untuk menyongsong liburan berikutnya.