CTO

Apa itu CTO? Inilah Tugas, Gaji, dan Skill Wajib CTO!

Ada berbagai posisi di jajaran atas dalam sebuah perusahaan. Berbagai posisi ini akan mengisi peranan penting. Salah satu di antaranya adalah chief technology officer atau dikenal sebagai CTO.Untuk lebih lengkap, LinovHR akan membahasnya khusus untuk Anda! 

 

Apa itu CTO?

Kepanjangan CTO adalah chief technology officer. Dikutip dari Hudson.com, chief technology officer adalah sebuah posisi di perusahaan yang berperan mengelola aspek teknologi dalam perusahaan serta memastikan bahwa teknologi yang tersedia di perusahaan mendukung pencapaian target serta visi misi. 

CTO juga akan berperan dalam meneliti kebutuhan teknologi organisasi untuk kebutuhan jangka panjang di samping kebutuhan saat ini dan kebutuhan mendesak lainnya. Lalu, laporannya akan diserahkan langsung kepada CEO perusahaan.

 

Tugas dan Tanggung Jawab CTO

Peranan seorang chief technology officer tidak mudah. Tanggung jawab dan tugas yang dilakoni mempunyai pengaruh besar di perkembangan perusahaan. Lalu, apa saja tugas dan tanggung jawab tersebut? 

 

  1. Memantau tren teknologi, sosial, dan ilmiah yang dapat mempengaruhi pengembangan serta tujuan bisnis perusahaan.
  2. Identifikasi peluang dan risiko selama mengembangan teknologi
  3. Berpartisipasi dalam pengambilan keputusan atas tata kelola perusahaan.
  4. Meneliti dan menyusun sistem manajemen yang paling efektif untuk operasional bisnis
  5. Menjaga informasi terkait internal perusahaan yang bersifat konfidensial.
  6. Mengelola penelitian dan pengembangan teknologi, aset TI, dan pendapatan terkait.
  7. Mengkomunikasikan strategi teknologi perusahaan kepada partner perusahaan, CEO, jajaran manajerial, investor, dan karyawan.

 

Baca Juga: Manfaat Perencanaan Strategis untuk Bisnis Perusahaan Anda

 

Berapa Besaran Gaji CTO? 

Karena tanggung jawab yang cukup besar, pasti tak heran jika gaji posisi yang satu ini cukup fantastis. Melansir dari Tech Target, gaji seorang CTO bisa mencapai $76,000 hingga $200,000. Data ini dirilis tahun 2018. Terbayang berapa besar gaji mereka di tahun ini bukan? 

Untuk tahun 2021, rata-rata gaji CTO per tahun mencapai $163,19. Data ini dirilis oleh Payscale berdasarkan riset yang dilakukan di Amerika Serikat. 

Sementara itu, gaji CTO di Indonesia berkisar Rp 83 juta  hingga Rp 141 juta per bulan! Maka tak heran jika peranan yang diemban pun cukup besar dan penting dalam perusahaan. 

 

Syarat Menjadi Seorang CTO

Untuk mengisi posisi penting ini, setidaknya seseorang harus memenuhi beberapa syarat utama, di antaranya: 

  1. Menyelesaikan studi S1 atau S2 di jurusan Computer Science, Information Technology, dan Information Technology Management. 
  2. Memulai karir dari tingkat awal seperti programmer atau developer, serta product development.
  3. Dari informasi yang didapat di U.S. Bureau of Labor Statistics, seseorang setidaknya harus mempunyai pengalaman 15 tahun sebelum mengisi posisi ini. 
  4. Mumpuni di bagian soft skill yaitu komunikasi, manajemen, dan analisis dan hard skill seperti programming. 

 

Skill yang Harus Dikuasai CTO

Tidak mudah untuk menjadi seorang chief technology officer, ya? Melihat dari gaji, apakah Anda tertarik untuk menjadi CTO? Pastikan Anda harus menguasai beberapa skill ini! 

 

Kemampuan Belajar Secara Kontinu

Teknologi pasti akan berubah dari waktu ke waktu. Perusahaan pun harus menyesuaikan dengan kondisi terkini. Maka dari itu, dibutuhkan kemampuan untuk belajar secara kontinu agar perusahaan mampu mengikuti perkembangan dan bertahan di tengah persaingan yang kian ketat. 

 

Manajemen Personel 

Sebagai pimpinan di bidang teknologi, CTO tak hanya berkutat dengan rentetan kode pemograman saja, melainkan juga harus berhubungan dengan banyak orang. Kemampuan manajemen personel yang baik akan membantu mengarahkan setiap individu untuk bekerja sesuai rencana. 

 

Strategic Thinking 

Seorang leader yang unggul akan fokus dalam strategic thinking untuk merumuskan berbagai strategi. Sebab, perubahan teknologi sangat dinamis sementara pola operasional perusahaan pun juga sering berubah sewaktu-waktu.  Untuk itulah dibutuhkan strategi yang matang dan kuat. 

 

Komunikasi & Mendengarkan 

Para petinggi perusahaan wajib hukumnya untuk menguasai komunikasi untuk mengarahkan karyawan dengan cara yang baik, efektif, efisien, serta komprehensif. Kemampuan ini juga harus dibarengi dengan kemampuan mendengar yang baik. Akan ada banyak ide, gagasan, bahkan kritik dari bawahan. Berbagai masukan ini akan membantu pengembangan teknologi jauh lebih pesat. 

 

Bahasa Pemograman

Walau tidak akan menulis berbagai kode pemrograman secara langsung, seorang CTO wajib memahami dan menguasai bahasa pemrograman. Nantinya, CTO akan mengawasi serta membantu perkembangan kinerja dan kumpulan “kode” dari para programmer. 

 

Mampu Menentukan Rencana & Mengeksekusinya

Salah satu skill penting lainnya yaitu kemampuan dalam hal menetapkan rencana dan mengeksekusi rencana tersebut. Kemampuan ini erat kaitannya dengan strategi thinking. Perlu dipahami bahwa pengembangan suatu sistem di perusahaan bukan hal yang singkat. 

 

Time Management 

Proyek yang sedang berjalan bisa saja mengalami kendala di tengah proses. Inilah fungsi utama dari time management untuk memastikan proyek akan selesai tepat waktu. Jangan sampai perusahaan justru terlambat dalam mengimplementasikan suatu sistem dan berdampak pada operasional. 

 

Baca Juga: Aspek Penting dalam Manajemen Waktu Kinerja 

 

Manajemen Sekuritas & Privacy 

Isu keamanan data menjadi aspek penting saat ini. Tak jarang ditemukan manipulasi dan penyalahgunaan data perusahaan. Sehingga CTO pun wajib mengelola sumber daya yang ada untuk memenuhi tujuan bisnis perusahaan tetapi tetap menjaga keamanan dan kerahasiaan data internal. 

 

Mentoring 

Pimpinan maupun wajib menjadi mentor bagi para bawahannya. Cara ini cukup ampuh untuk membantu perkembangan tim menjadi lebih unggul. Pihak karyawan yang ada di bawah juga merasa diperhatikan karena mendapatkan bantuan serta perhatian dalam pekerjaannya sehari-hari. 

 

Teknologi di sekitar akan berubah dari waktu ke waktu. Perusahaan perlu menyesuaikan dengan perkembangan tersebut. Di sinilah peranan besar seorang CTO untuk  memantau dan mengelola sistem teknologi dalam perusahaan. Posisi ini sangat penting mengingat tanggung jawab serta tugas CTO cukup berat. Meskipun demikian, hal itu diikuti dengan penghasilan yang menggiurkan. Lantas, Anda tertarik menjadi seorang CTO?