delegasi

Delegasi: Pengertian, Tujuan, dan Fungsinya

Dalam sebuah perusahaan atau organisasi, biasanya seorang manajer akan melakukan delegasi tugas kepada para karyawannya. Setiap karyawan yang terpilih haruslah mengerjakan tugasnya secara sungguh-sungguh serta dapat mempertanggungjawabkan.

 

 

Apa itu Delegasi?

Delegasi adalah suatu perwakilan atau utusan dengan menunjukan salah satu orang dari sebuah kelompok melalui tahapan musyawarah untuk menjadikannya perwakilan kelompok, organisasi, atau lembaga.

Orang yang ditunjuk untuk didelegasikan berarti memiliki kemampuan yang lebih sehingga dipercaya untuk menjalankan tugas tertentu. Pemberian tugas dan wewenang ini merupakan hal wajar yang biasa dilakukan dalam sebuah perusahaan atau organisasi.

Untuk lebih lengkapnya, berikut pengertian delegasi menurut beberapa ahli:

 

  • Utje Selamet

Pemberian wewenang dan tanggung jawab formal ke pihak lain dalam melakukan suatu kegiatan tertentu.

 

  • Rusli Jacob

Pembemberian otoritas atau kekuasaan formal serta tanggung jawab kepada orang lain untuk melaksanakan suatu pekerjaan. Proses pemberian tugas yang dilakukan atasan kepada bawahan diperlukan agar organisasi dapat berjalan secara efisien karena setiap atasan tidak dapat mengawasi secara efisien dan pribadi setiap tugas-tugas dalam organisasi.

 

  • Charles J. Keating

Suatu pelimpahan sebagaian tugas tanggung jawab dan kewibawaan kepada orang lain.

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), delegasi merupakan seseorang yang ditunjuk atau diutus oleh suatu negara di dalam musyawarah, penyerahan atau pelimpahan wewenang, perutusan, atau pemberian wewenang dari atasan ke bawahan dalam suatu lingkungan tugas dan harus bisa mempertanggung jawabkannya kepada atasan.

Di dalam lingkup perusahaan, biasanya pemberian tugas dilakukan secara vertikal, atau setiap atas akan mendelegasikan para bawahannya untuk mengerjakan tugas tertentu.

 

Baca Juga : Pelatihan Karyawan Menggunakan Off the Job Training

 

Tujuan Delegasi

Dari pembahasan di atas, delegasi wewenang memiliki beberapa tujuan. Diantaranya adalah :

  1. Delegasi bertujuan untuk memberikan tugas, wewenang,  dan tanggung jawab kepada karyawan atau orang lain secara seimbang.
  2. Memberikan kesempatan kepada orang lain untuk proses perkembangan diri.
  3. Setiap orang akan mendapatkan tugasnya masing-masing sesuai dengan skill yang dimiliki.
  4. Meningkatkan produktivitas serta kinerja dalam suatu perusahaan atau organisasi.
  5. Mendorong para karyawan untuk lebih berfokus pada target serta kualitas target kerja yang ingin diraih.

 

Fungsi Delegasi

Selain memiliki tujuan, mendelegasikan orang lain memiliki fungsi untuk perkembangan organisasi atau perusahaan.

 

1. Lebih Terfokus pada Perkembangan Organisasi/Perusahaan

Pemberian tugas dari atasan kepada para staf akan membuat mereka menjadi lebih fokus kepada perkembangan sebuah organisasi atau perusahaan. Sehingga, atasan ataupun orang yang didelegasikan sama-sama bisa fokus dalam mengerjakan tugas dan tanggung jawabnya.

 

2. Proses Kerja Lebih Efisien dan Efisien

Atasan atau manajer yang mendelegasikan orang lain kepada suatu tugas akan membuat seluruh pekerja dapat dilakukan secara efisien dan efektif. Karena setiap orang akan mengerjakan masing-masing tugasnya. Sehingga pekerjaan bisa diselesaikan secara cepat dan tepat.

 

3. Membantu dalam Membuat Kebijakan yang Tepat

Delegasi juga bermanfaat untuk membantu para manajer perusahaan dalam menilai kebijakan yang sudah diterapkan. Jika terdapat ketidaksesuaian kebijakan, maka mereka bisa membuat kebijakan baru yang lebih relevan dengan perusahaan.

 

4. Media Pembelajaran Bagi Karyawan

Karyawan akan diberikan kesempatan untuk mencoba hal baru yang belum pernah mereka lakukan. Jadi, karyawan punya kesempatan untuk mempersiapkan jenjang karir yang jauh lebih tinggi. Delegasi akan bermanfaat untuk menjadi media pembelajaran serta membuat para karyawan bisa lebih mengembangkan bakatnya. 

 

Unsur Delegasi

1. Responsibility (Tugas)

Tugas merupakan seluruh pekerjaan yang nantinya wajib dilaksanakan oleh seseorang yang akan menerima wewenang. Dalam sebuah organisasi atau perusahaan, seorang atasan dapat memberikan wewenang kepada bawahan langsung atau unit kerja dengan tingkatan yang lebih rendah.

 

2. Authority (Kekuasaan)

Kekuasaan adalah seluruh hak atau wewenang yang diterima oleh seseorang untuk mengambil keputusan berkaitan dengan fungsinya. Pada hal ini, kekuasaan tersebut adalah sah dan legal untuk diberikan perintah, bertindak sesuatu, agar dapat menyelesaikan pekerjaan.

 

3. Accountability (Pertanggungjawaban)

Terakhir adalah pertanggungjawaban, yaitu seseorang yang diberikan kewajiban wewenang untuk mengelola suatu kegiatan dengan memanfaatkan sumber daya yang ada dan memberikan hasil pekerjaannya secara transparan. 

 

Baca Juga : 5 Cara Menerapkan Performance Measurement pada Perusahaan

 

Jenis Delegasi

Selain unsur, delegasi juga memiliki beberapa jenis:

 

Delegasi Pengurusan

Delegasi pengurusan yaitu membuat bawahan lebih bisa bertanggung jawab pada hasil dengan memberikan beberapa pilihan metode.

Sebagai atasan, Anda harus memberikan percaya kepada bawahannya ketika ingin memberikan delegasi jenis ini. Karena kepercayaan tersebut adalah titik tertinggi dari motivasi.

Dari kepercayaan tersebut, bawahan Anda dapat memberikan hasil yang terbaik. Jika delegasi pengurusan dilakukan dengan baik, maka kedua belah pihak akan mendapatkan keuntungan dan dapat menyelesaikan banyak pekerjaan dalam waktu yang singkat.

 

Delegasi Seluruh

Delegasi seluruh adalah pendelegasian yang memiliki pada metode, yaitu segala sesuatunya akan dilakukan secara rinci dan detail berdasarkan tahapan cara melakukannya. Delegasi ini biasanya dilakukan oleh seorang manajer divisi.

Delegasi seluruh dapat mengurangi kesalahan karena tidak tugas yang diberikan tidak akan keluar dari jalur, sehingga dapat berjalan sesuai yang diharapkan.

Namun, jenis yang satu ini memiliki kekurangan yaitu kurang melatih critical thinking para karyawan ketika mereka melakukan kesalahan. Hal tersebut dapat membuat karyawan merasa kurang bertanggung jawab pada setiap hasil yang dicapai.

 

Kesimpulan

Delegasi tugas adalah pemberian wewenang atau kekuasan kepada orang lain untuk melaksanakan tugas baru dan mempertanggungjawabkannya kepada atasan organisasi atau perusahaan. Pemberian wewenang ini tidak semata-mata hanya memberikan kekuasaan. Terdapat manfaat dari mendelegasikan orang lain seperti mengembangkan produktivitas dan kinerja bersama.