performance measurement

5 Cara Menerapkan Performance Measurement dalam Perusahaan

Produktivitas karyawan akan berpengaruh kepada operasional perusahaan. Dalam hal ini, perusahaan selalu berusaha untuk meningkatkan kinerja karyawan. Cara yang paling sering digunakan perusahaan adalah menggunakan metode performance measurement. 

 

Pada kesempatan kali ini, LinovHR akan membahas seputar metode performance measurement beserta manfaat dan cara menerapkannya. Mari simak artikel berikut! 

 

Apa itu Performance Measurement?

Performance measurement adalah metode penilaian kinerja karyawan yang berorientasi pada sasaran yang telah ditentukan oleh perusahaan. Umumnya, metode ini akan meninjau berbagai hal, mulai dari cara penggunaan sumber daya, kualitas produk yang dihasilkan, efektivitas pengambilan tindakan dalam rangka pemenuhan tujuan, dan lain-lain.

Metode ini umumnya dikenal dengan istilah pengukuran kinerja. Melalui hal demikian, manajemen perusahaan dapat memantau apakah penerapan atas strategi bisnis telah beroperasi dengan optimal atau belum. 

Pengukuran kinerja biasanya dilaksanakan dengan mencatat, menilai, dan meninjau pencapaian target kerja. Bila kinerja para karyawan belum memberikan hasil yang memuaskan, perusahaan dapat melakukan berbagai pembenahan.

 

Bagaimana Cara Menerapkan Performance Measurement di Perusahaan?

performance review

 

Performance measurement di perusahaan dapat dilaksanakan dengan berbagai cara, berikut di antaranya.

 

1. Diagram Grafik Penilaian

Pengukuran kinerja melalui diagram grafik merupakan salah satu metode penilaian kerja yang sederhana. Nantinya, manajemen hanya perlu melampirkan sebuah dokumen yang berisi mengenai performa para karyawan. 

Dalam dokumen nilai ini, masing-masing karyawan akan memiliki grafik tersendiri dalam bentuk angka 1-10. Semakin tinggi nilainya, maka kian bagus pula kualitas kinerjanya.

 

2. Penilaian Umpan Balik 360 Derajat

Umpan balik 360 derajat adalah cara penilaian pegawai kantor dari berbagai pihak, mulai dari atasan, bawahan, rekan satu divisi, dan sebagainya. Melalui cara ini, manajemen akan memperoleh hasil evaluasi yang beragam. Jadi, manajemen dapat mengambil langkah lanjutan dengan lebih tepat dan efektif.

 

3. Evaluasi Mandiri

Dalam beberapa kesempatan, manajemen akan menemukan titik buntu dalam menentukan cara pengukuran kerja yang sesuai dengan karyawan. Pada momen ini, perusahaan dapat memberikan keleluasaan kepada karyawan untuk melakukan evaluasi secara mandiri.

Namun, agar memperoleh hasil yang lebih optimal, karyawan diwajibkan untuk membuat suatu laporan atas hal tersebut. Dengan demikian, manajemen dapat memantau hasil dari evaluasi kinerja.

 

4. Management by Objectives (MBO)

Salah satu cara melaksanakan performance measurement adalah dengan menggunakan MBO. Penilaian atas baik-buruknya performa karyawan dilihat dari pekerjaan yang dihasilkan. 

Dengan menggunakan MBO, motivasi karyawan dapat meningkat lantaran munculnya kesadaran untuk memenuhi target kerja demi memajukan perusahaan. Selain itu, setiap pekerja pun memiliki orientasi kinerja yang jelas.

Kelola penilaian karyawan secara optimal dan maksimal dengan LinovHR. Jangan khawatir, segala data penting perusahaan akan tersimpan dengan aman!

 

5. Penilaian Sederhana Melalui Kolom Ceklis

Penilaian karyawan dengan menggunakan kolom ceklis juga dapat diimplementasikan secara mudah di perusahaan Anda. Terlebih jika manajemen memerlukan hasil penilaian kinerja pegawai secara cepat.

Nantinya, dalam lembar nilai, akan tersaji opsi kolom “Ya” atau “Tidak” atas segala keterangan dan tolak ukur standar kerja perusahaan. Melalui cara ini manajemen pun tidak perlu pelatihan dan kemampuan tertentu untuk melaksanakannya.

 

Baca Juga: Sinergi HRD dan IT untuk Meningkatkan Pengalaman Karyawan 

 

Macam-Macam Manfaat Performance Measurement

Pelaksanaan performance measurement akan mendatangkan berbagai manfaat untuk perusahaan. Ini dia  ragam manfaat dari pelaksanaan metode ini.

 

Identifikasi Kelemahan Perusahaan

Di setiap perusahaan tentu akan ditemui divisi kerja dengan kinerja optimal dan belum maksimal. Untuk mengatasi divisi kerja yang produktivitasnya belum maksimal, perusahaan perlu mencari titik kelemahannya terdahulu.

Hal tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan performance measurement. Contoh sederhananya, yaitu perusahaan Anda mengalami penurunan penjualan produk. Divisi yang memiliki kaitan erat dengan penjualan produk adalah marketing. Atas hal itu, Anda dapat mencari kelemahan dari divisi marketing agar bisa memperbaiki performa di masa mendatang.

 

Efesiensi Anggaran 

Dengan menerapkan performance measurement dalam upaya perbaikan kualitas kerja karyawan, manajemen akan mengetahui hal-hal apa saja yang kurang bermanfaat untuk peningkatan kinerja. Dengan demikian, perusahaan dapat lebih menghemat anggaran lantaran telah paham hal-hal apa saja yang lebih prioritas untuk dipenuhi kepada para pegawai.

 

Baca Juga: Apa yang Dimaksud dengan Take Home Pay? 

 

Mempermudah Evaluasi Kualitas Kerja

Melalui pengukuran kinerja, manajemen dapat mengetahui mana saja divisi maupun karyawan dengan produktivitas yang minim. Alhasil, evaluasi mutu kerja pun dapat teridentifikasi dengan mudah. Lalu, manajemen pun dapat langsung mengambil tindakan perbaikan performa karyawan.

 

Meningkatkan Motivasi Karyawan

Ketika perusahaan melakukan penilaian kinerja, maka karyawan pun tahu bahwa dirinya sedang diperhatikan. Dengan begitu, mereka akan termotivasi untuk bekerja dengan lebih baik. Umumnya, pegawai dengan kualitas pekerjaan yang baik akan memperoleh penghargaan dari pihak perusahaan.

 

Optimalisasi Manajemen Penilaian Karyawan Menggunakan Modul Performance Management dari LinovHR

Mengelola penilaian karyawan bukanlah hal yang mudah. Terlebih jika perusahaan Anda memiliki pegawai dalam jumlah besar. Apabila perusahaan Anda masih menggunakan metode secara manual, terdapat potensi akan terjadinya kekeliruan dalam penilaian karyawan. Lantas, bagaimana cara mengatasinya? 

Sudah saatnya perusahaan Anda mulai beralih menggunakan modul Performance Management dari software HRD LinovHR. Dengan didukung sistem yang andal dan dikembangkan oleh tim terbaik, segala kebutuhan karyawan Anda dapat terkelola dengan lebih tepat dan akurat. Segera hubungi tim kami melalui tautan berikut!

LinovHR.com/Contact-Us/