formasi cpns 2021

Dibuka! Inilah Formasi CPNS 2021 di Seluruh Kementerian!

Banyak orang yang berbondong-bondong untuk mendaftarkan diri sebagai pegawai negeri sipil atau PNS setiap tahunnya. Ada beberapa formasi CPNS 2021 yang kini telah dibuka dan siap menerima talenta unggulan dari seluruh daerah.

Namun, apakah Anda sudah mengetahui istilah dari formasi CPNS itu sendiri? Pada dasarnya, formasi CPNS adalah jalur-jalur yang disediakan untuk masyarakat mendaftar menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil, atau biasa juga disebut dengan PNS.

Jalur ini berubah-ubah setiap tahunnya sesuai dengan yang dibutuhkan meskipun formasinya tidak berbeda. Tujuan dari penetapan formasi ini adalah untuk satu-satuan organisasi negara memiliki jumlah dan juga mutu pegawai yang memadai sesuai tanggung jawabnya masing-masing.

Dengan manfaat banyak yang akan didapat dari menjadi seorang Pegawai Negeri, tentunya Anda sangat tertarik untuk mencoba, bukan? Berikut ini adalah beberapa kementerian yang membuka peluang formasi CPNS tahun 2021.

 

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri)

Kemendagri ini bergerak dalam bidang penyelenggaraan urusan pemerintah di dalam negeri untuk membantu presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara. Untuk tahun ini Kemendagri membuka formasi CPNS 2021 untuk lulusan D3 hingga lulusan S2.

 

Kementerian Luar Negeri (Kemenlu)

Kemenlu merupakan kementerian yang memiliki peran untuk menjaga kerja sama dan juga diplomasi dengan negara-negara lain untuk menghadapi berbagai permasalahan global seperti terorisme, kedaulatan wilayah jingga munculnya pandemi penyakit. Formasi CPNS dalam kementerian ini membuka sebanyak 332 formasi, yang terdiri dari 286 formasi umum, 34 formasi cumlaude, 5 formasi Putra/ Putri Papua dan Papua Barat serta 7 formasi penyandang disabilitas.

 

Kementerian Pertahanan (Kemenhan)

Kemenhan memiliki tugas untuk menyelenggarakan urusan dalam bidang pertahanan dalam pemerintah untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara. Formasi yang dibuka oleh Kemenhan sebanyaka 1456 formasi CPNS lulusan SMA atau SMK hingga S3.

 

Kementerian Agama (Kemenag)

Kemenag merupakan kementerian yang memiliki tugas untuk menjalankan urusan pemerintahan di dalam bidang agama untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara. Kemenag membuka peluang untuk 9.458 CPPPK dan 1.361 CPNS. Jadi, total formasi CASN Kemenag 2021 ada 10.819 formasi. Formasi CPNS tersebar di 123 satuan kerja.

 

Kementerian Agraria dan Tata Ruang (Kementerian ATR/BPN)

Kementerian yang satu ini memiliki tugas untuk menyelenggarakan urusan pemerintahan di dalam bidang agraria atau pertanahan dan tata ruang untuk membantu presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara. Tahun ini, Kementerian ATR/BPN membuka 2664 formasi CPNS 2021 untuk lulusan S1 dan S2.

 

Baca Juga: Sertifikasi Profesi atau S2, Mana yang Paling Tepat untuk Anda?

 

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi

Kementrian ini memiliki tugas untuk menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pembangunan desa dan juga kawasan perdesaan serta pemberdayaan masyarakat desa. Pada tahun 2021, lowongan ini dibuka untuk 233 formasi CPNS, bagi lulusan S1 dan D3.

 

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Kementerian ESDM)

Kementerian ini memiliki tugas untuk menyelenggarakan dan mengelola energi dan sumber daya mineral Negara. Di tahun 2021 ini, Kementerian ESDM membuka 172 formasi dengan 43 jabatan yang dibuka untuk diperuntukkan bagi jenjang pendidikan SMK hingga S2. 

 

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham)

Kemenkumham ini mempunya tugas untuk menyelenggarakan urusan di bidang hukum dan juga hak asasi manusia dalam pemerintahan untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan dalam negara. Tahun 2021, Kemenkumham membuka 4.558 formasi. Ada 3.971 formasi CPNS 2021 bagi lulusan SMA/Sederajat.

 

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP)

KKP merupakan kementerian yang memiliki tugas untuk menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang kelautan dan juga perikanan. Tahun ini, Kementerian Kelautan dan Perikanan membuka KKP membuka 902 formasi CASN. Berdasarkan informasi dari Badan Riset dan SDM KKP, lowongan dibuka rincian 381 formasi CPNS dan 521 formasi PPPK.

 

Kementerian Kesehatan (Kemenkes)

Kemenkes atau Kementerian Kesehatan memiliki tugas untuk membantu presiden dalam menyelenggarakan berbagai urusan di bidang kesehatan. Kemenkes membuka 3.799 formasi CPNS dan 398 formasi PPPK pada 2021. 

 

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kementerian Kominfo)

Kominfo memiliki tugas untuk menyelenggarakan urusan pemerintahan dalam bidang komunikasi dan informatika. Di tahun 2021. Kementerian Kominfo membuka 457 formasi CPNS dan 28 formasi PPPK.

 

Baca Juga: Menelisik Prospek Kerja Jurusan IT di Indonesia

 

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kementerian LHK)

Kementerian LHK mempunyai tugas untuk menyelenggarakan urusan lingkungan hidup dan juga kehutanan. Tahun 2021, Kementerian LHK ini membuka 1.007 formasi pada CPNS 2021. Tersedia lowongan bagi lulusan jenjang pendidikan SMK hingga S2.

 

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Kementerian ini mengurusi bidang pendidikan anak mulai dari usia dini, pendidikan , menengah, vokasi dan pendidikan tinggi. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi pada tahun 2021 membuka 10.447 formasi. Kebutuhan formasi CPNS ini dibuka bagi lulusan D3 hingga S1.

 

Kementerian Perdagangan (Kemendag)

Kemendag ini memiliki tugas untuk menyelenggarakan urusan pemerintahan dalam bidang perdagangan dalam negara. Kemendag membuka 344 formasi yang dibuka untuk 19 jabatan yang tersedia. Lowongan tersedia bagi lulusan D3 sampai S2 pada tahun 2021 ini. 

 

Kementerian Perhubungan (Kemenhub)

Kemenhub merupakan kementerian yang memiliki dan menyelenggarakan tugas pemerintah dalam bidang perhubungan. Kemenhub pada tahun 2021 membuka 2.445 formasi yang tersedia di lingkungan Kemenhub. Lowongan tersedia bagi jenjang pendidikan SMA hingga S2.

 

Kementerian Perindustrian (Kemenperin)

Kemenperin memiliki tugas untuk mengurus bidang perindustrian dalam pemerintahan. Tahun ini, Kemenperin membuka 786 formasi dengan 374 jabatan yang tersedia. Sama seperti instansi lainnya, terdapat formasi khusus yang diperuntukkan bagi putra putri lulusan terbaik atau cumlaude, penyandang disabilitas, diaspora serta putra putri Papua dan Papua Barat.

 

Kementerian Pertanian (Kementan)

Kementan mempunyai tugas untuk menyelenggarakan urusan dalam bidang pertanian dalam pemerintahan. Pada tahun 2021 ini, Kementan membuka 776 formasi bagi lulusan SMK hingga S2.

 

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kementerian PPPA)

KPPA merupakan kementerian yang memiliki tugas dalam bidang isu-isu terkait upaya untuk mewujudkan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. Pada tahun 2021 ini, Kementerian PPPA membuka 22 formasi, dengan rincian 19 formasi umum, 1 cumlaude, 1 disabilitas dan 1 putra/putri Papua/Papua Barat. Lowongan tersedia bagi lulusan D3 dan S1. 

 

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN-RB)

Kementerian PAN-RB ini bertugas untuk menyelenggarakan urusan di bidang pendayagunaan aparatur negara dan juga reformasi birokrasi. Tahun 2021, Kebutuhan pegawai ASN Kementerian PAN-RB terdiri dari 64 formasi PNS dan 19 formasi PPPK.

 

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Kementerian PPN)

Kementerian PPN atau Bappenas pada tahun 2021 ini membuka formasi CPNS sebesar 96. Dari jumlah tersebut, sebanyak 82 formasi dibuka untuk umum. Sementara lainnya, 10 formasi untuk lulusan terbaik, 2 formasi untuk disabilitas dan 2 formasi untuk putra-putri Papua dan Papua Barat.

 

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

BUMN yang sering dikenal ini merupakan perusahaan saham yang dimiliki seluruhnya oleh negara. DI tahun 2021, Kementerian BUMN membuka 127 formasi 127 formasi, yang terdiri dari 107 formasi umum, 15 cumlaude, 3 disabilitas dan 2 putra atau putri Papua dan Papua Barat.

 

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi (Kemenparekraf)

Kemenparekraf merupakan kementerian  yang berfokus dan mengelola bidang pariwisata dan juga ekonomi negara. Tahun ini, Kemenparekraf membuka 189 formasi CPNS. Dari total formasi tersebut sebanyak 166 formasi umum, 18 formasi cumlaude, 1 formasi putra-putri Papua/Papua Barat dan 4 formasi disabilitas. Kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan tersedia bagi lulusan D3 hingga S2 dari berbagai macam jurusan.

 

Kementerian Investasi

Kementerian Investasi merupakan kementerian yang berfokus untuk melaksanakan koordinasi kebijakan dan pelayanan di bidang penanaman modal. Kementerian Investasi atau Badan Koordinasi Penanaman Modal membuka 63 formasi CPNS pada 2021. Dari total formasi tersebut sebanyak 47 formasi umum, 7 formasi cumlaude, 7 formasi putra-putri Papua/Papua Barat dan 2 formasi disabilitas. 

 

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia

payroll

 

 

Kementerian yang satu ini memiliki tugas dan juga membidangi penyelenggaraan koordinasi, sinkronisasi, dan juga pengendalian urusan kementerian dalam pemerintahan di bidang kemaritiman dan investasi. Tahun ini, kementerian ini membuka 77 formasi, dengan rincian 66 formasi umum, 8 fomrasi cumlaude, 2 formasi disabilitas dan 1 formasi untuk kriteria putra-putri Papua/Papua Barat.

 

Itulah beberapa formasi kementerian formasi CPNS 2021. Yang mana menjadi pilihan Anda? Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam menjalani tes CPNS!