fully remote company

Tips Menjalankan Fully Remote Company dengan Mudah

Full remote artinya adalah pekerjaan yang dilakukan sepenuhnya melalui jarak jauh. Belakangan ini, semakin banyak perusahaan yang tertarik menerapkannya, apalagi semenjak hadirnya pandemi Covid-19 di tengah-tengah masyarakat.

Konsep fully time company ini punya beberapa keuntungan bagi perusahaan. Yang paling terasa tentu cost operasional perusahaan yang bisa ditekan karena karyawan tidak harus datang ke kantor sehingga perusahaan tidak perlu menyewa gedung yang terlalu besar. Namun, di satu sisi penerapannya bukan hal mudah.

Bila perusahaan Anda berencana untuk menerapkannya, mari simak lebih dalam artikel LinovHR berikut ini!

 

Full Remote Artinya Apa? 

Full remote artinya adalah pekerjaan atau perusahaan yang tidak berbasis di lokasi kantor yang terpusat. Artinya bahwa perusahaan memberikan kebebasan kepada para karyawannya untuk bekerja dari jarak jauh.

Fully remote company biasanya memiliki satu tools khusus yang menjadi basis mereka berinteraksi dengan rekan kerja lainnya. Banyak perusahaan yang menerapkan sistem ini untuk dapat mempekerjakan pekerja dari beberapa zona waktu berbeda.

Banyak yang menyamakan konsep fully remote company ini dengan konsep WFH. Walaupun keduanya sama-sama memiliki pengertian bekerja dari rumah atau jarak jauh, namun pada nyatanya kedua jenis pekerjaan ini memiliki perbedaan. 

Perbedaan dari keduanya terletak pada keterikatan pekerja terhadap kantor yang mereka miliki. Perusahaan yang menerapkan sistem remote company memberikan karyawan keleluasaan yang lebih dalam bekerja, di mana Anda bisa melakukan pekerjaan dari mana saja tanpa harus datang ke kantor sewaktu-waktu.

Sedangkan WFH dapat dilakukan jika perusahaan memang memberikan fasilitas kepada karyawan untuk bisa bekerja dari rumah. Biasanya, perusahaan masih mengharuskan karyawan untuk pergi ke kantor pada hari-hari tertentu. 

 

Keuntungan Menerapkan Full Remote 

Adapun beberapa keuntungan yang akan didapatkan jika perusahaan menerapkan fully remote companies, di antaranya adalah sebagai berikut.

 

1. Menciptakan Work Life Balance

Pekerjaan remote company dapat memungkinkan bagi karyawan untuk menciptakan work life balance. Di mana karyawan dapat menciptakan keseimbangan antara kehidupan pekerjaan dengan kehidupan pribadi yang mereka miliki.

Mereka akan memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan apa yang mereka sukai dan fokus pada kehidupan pribadi mereka. Hal tersebut tentu dapat menjaga kesehatan mental para karyawan.

 

2. Menciptakan Produktivitas

Dengan melakukan pekerjaan remote, para karyawan dapat menentukan kapan dan di mana mereka akan mulai bekerja. Melalui cara ini, pekerja full remote seringkali jauh lebih produktif dibandingkan dengan para pekerja kantoran.

 

3. Menghemat Pengeluaran Perusahaan

Salah satu keuntungan terbesar bagi perusahaan dalam menerapkan remote company adalah dapat menghemat pengeluaran yang berlebih.

Selain itu, para karyawan juga dapat menghemat pengeluaran yang mereka miliki, terutama dalam pengeluaran untuk biaya transportasi.

 

Baca Juga: Seperti Apa Itu Konsep Work From Anywhere?

 

Tips Menjalankan Fully Remote Company 

Dalam menerapkan fully remote company, terdapat beberapa tips yang dapat perusahaan lakukan, di antaranya adalah sebagai berikut.

 

1. Menjelaskan Manfaat Remote Working Kepada Karyawan

Hal pertama yang harus dilakukan oleh perusahaan adalah dengan membuat para karyawan yang Anda miliki untuk memahami alasan perusahan menerapkan sistem kerja full remote.

Karena hal ini akan berkaitan dengan produktivitas yang dimiliki oleh para karyawan dan kolaborasi antar karyawan yang ada di perusahaan tersebut.

 

2. Mempekerjakan Seseorang yang Bersedia Bekerja dari Rumah

Selanjutnya adalah dengan mempekerjakan seorang karyawan yang bersedia untuk melakukan pekerjaan full remote.

Karena pada dasarnya, tidak semua karyawan bisa menerima dan melakukan jenis pekerjaan satu ini.

 

3. Menanyakan Feedback dari Karyawan Anda

Jika Anda sudah memberitahukan kepada karyawan Anda mengenai kebijakan pekerjaan full remote, maka langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan menanyakan feedback dari karyawan Anda mengenai hal tersebut. 

Anda bisa menanyakan harapan yang dimiliki oleh para karyawan ketika bekerja dari rumah, dan perusahaan dapat mencoba untuk memberikan yang terbaik dari harapan-harapan karyawan tersebut.

 

Buat Full Remote Lebih Mudah dengan Aplikasi Absen LinovHR 

 

mobile ess

 

Fully remote company belakangan ini semakin banyak dipilih oleh para pekerja karena membuat mereka lebih fleksibel dan juga membuat mereka tidak lagi perlu melakukan commuting untuk sampai ke kantor.

Penerapan konsep full remote juga menguntungkan perusahaan karena mereka tidak lagi perlu mengeluarkan cost yang besar untuk kantor pusat. Di mana cost tersebut bisa dimanfaatkan untuk inovasi produk atau hal lainnya.

Namun, walau demikian satu tantangan dari konsep ini adalah dalam hal manajemen administrasi perusahaan.  Baik untuk pencatatan kehadiran, pengajuan cuti, pengiriman slip gaji, sampai dengan database karyawan. Di mana tentunya sangat tidak mungkin untuk menerapkan cara-cara manual kepada para karyawan yang tersebar di beberapa lokasi.

Untuk mengatasi tantangan dalam menerapkan konsep fully remote company perusahaan perlu mengadopsi sistem teknologi seperti aplikasi absen online dengan fitur-fitur lengkap.

Aplikasi absen terlengkap dan terbaik yang dapat digunakan oleh perusahaan adalah Aplikasi Absensi LinovHR. Dengan menggunakan aplikasi absensi dari LinovHR, perusahaan dapat dengan mudah untuk memantau kehadiran, pengajuan izin, sampai database para karyawan remote.

Untuk melakukan absen, karyawan cukup melakukannya dengan menggunakan smartphone mereka. Lalu data absen tersebut akan masuk ke sistem. Perusahaan pun dapat tahu dimana posisi karyawan ketika melakukan absen karena sudah ada geolocation.

Selain berguna untuk absen, aplikasi ini juga dapat digunakan karyawan untuk mengajukan izin, cuti, atau reimbursement dengan fitur Request. Karyawan pun bisa dengan mandiri memperbarui data diri mereka sehingga perusahaan tetap dapat mengelola database karyawan dengan mudah.

Untuk keperluan slip gaji, perusahaan juga hanya perlu mengaksesnya di smartphone dengan fitur Payroll.

Aplikasi ini sendiri sudah dihadirkan dengan tingkat keamanan yang tinggi, praktis, efisien, dan user friendly. Anda akan mendapatkan banyak kemudahan dalam aplikasi absensi satu ini.

Tertarik dengan kemudahan Aplikasi Absensi LinovHR?

Segera gunakan sekarang juga!