HR System

HR System LinovHR : Solusi Membuat HR Report Dengan Otomatis

Tim Human Resource Department (HRD) berperan aktif dan langsung dalam pengelolaan karyawan di sebuah perusahaan. Sudah menjadi kewajiban bagi mereka untuk bertanggung jawab terhadap pengelolaan kinerja karyawan. Untuk memahami dan mengetahui bagaimana perkembangan kinerja karyawan, HRD umumnya membuat HR report atau laporan secara berkala dibantu dengan HR System. Pembuatan dokumen laporan digunakan untuk mengetahui seberapa jauh perkembangan kinerja karyawan yang dikelola oleh HRD dan kinerja HRD itu sendiri. 

 

Mengapa  HRD Harus Membuat HR Report

Pembuatan HR report merupakan bentuk pelaporan data, informasi sekaligus  pertanggungjawaban baik secara lisan maupun tertulis kepada pihak tertentu di perusahaan. HR report memberikan gambaran tentang kondisi kinerja karyawan dalam sebuah periode. Berdasarkan report tersebut pula HRD dan perusahaan akan menentukan  langkah harus diambil untuk meningkatkan produktivitas karyawan dalam bentuk keputusan strategis.

 

Baca Juga: Jenis HR report HRD yang Harus dibuat Setiap Bulan

 

Fungsi penting dari HR report adalah untuk melacak indikator kinerja karyawan. Dimana HRD akan mencari tahu dan menelusuri apakah ada potensi masalah yang bisa membesar dikemudian hari.  Sebuah report juga berfungsi untuk informasi bagi pihak manajerial dalam menjalankan tugasnya. Contohnya, tim sales kekurangan karyawan setelah salah satu karyawan terbaik memutuskan resign karena hamil. Informasi dari HR report tersebut dapat dijadikan oleh manajer tim sales menyiasatinya dengan cara mendelegasikan beban kerja smeentara waktu hingga menemukan pengganti yang pas. 

Dengan rutin membuat sebuah laporan, HRD juga ikut mendukung transparansi dalam perusahaan. HRD memberikan informasi sebenar-benarnya kepada pihak-pihak tertentu di perusahaan sehingga bersama-sama dapat mencari penyelesaian dan pencegahan sedini mungkin. Berdasarkan laporan juga HRD dapat memprediksikan kondisi serta kebutuhan perusahaan atas SDM di periode mendatang atau yang lebih familiar disebut forecasting.

 

Hambatan dalam Pembuatan HR Report

Pembuatan HR report tidak selalu berjalan mulus. Ada saja beberapa hambatan  yang dihadapi HRD ketika membuat sebuah laporan dengan cara manual. Mengapa membuat laporan dengan cara manual cukup merepotkan dan memiliki beberapa hambatan? Di bawah ini adalah hambatan-hambatan yang dimaksud: 

 

Rentan Terjadi Human Error

Hambatan pertama adalah human error. Hal tersebut dikarenakan cara manual tidak memiliki sistem yang terintegrasi satu sama lain, membuat staf HRD harus memasukkan data secara manual untuk masing-masing template laporan. Cara tersebut memungkinkan adanya human error yang dapat mempengaruhi keabsahan laporan. 

 

Baca Juga: Mengatasi Human Error dalam Pengelolaan Karyawan

 

Redundansi

Duplikasi data atau redudansi adalah sebuah kondisi di mana sebuah informasi atau data tersimpan atau tertulis secara berulang. Redundansi disebabkan oleh human error. Laporan dapat menjadi ambigu jika ditemui banyak redudansi di dalamnya. 

 

Menyita Banyak Waktu

HRD memiliki berbagai macam tugas yang banyak. Saat HRD berkutat terlalu lama dengan penyusunan sebuah laporan, HRD akan menghabiskan waktu terlalu banyak di situ. Mau tak mau HRD harus memasukkan data satu-satu untuk semua laporan. Akibatnya pekerjaan lain bisa terabaikan dan justru membuat kinerja HRD menjadi kurang produktif. Namun, dengan HR System, pembuatan laporan bisa dilakukan secara otomatis dan hemat waktu. 

 

software hris

 

Membuat HR Report Otomatis dengan HR System LinovHR

Mempersiapkan HR Report bisa menjadi tugas yang sulit. Pembuatan laporan melalui cara manual sangat merepotkan dan memiliki beberapa hambatan membuat HRD akhirnya memilih membuat HR report menggunakan HR System.  Pengelolaan data dan informasi menggunakan HR System dapat meningkatkan kinerja HRD untuk membuat laporan rutin. 

Sebuah laporan dituntut harus akurat, jelas, informatif, dan valid. Laporan secara digital menggunakan HR System memberikan efisiensi dan keakuratan yang lebih besar dibandingkan cara manual. Karena alasan inilah LinovHR menyediakan sebuah HR System yang membantu perusahaan untuk mengelola SDM termasuk membuat laporan berkala. Sistem yang terintegrasi dapat membuat laporan otomatis yang dibutuhkan HRD, seperti kehadiran karyawan, payroll, rekrutmen, dan lainnya dalam waktu singkat.  Sistem juga akan menyusun tata letak komponen laporan, sehingga visualisasi data dapat dimengerti dan mencegah ambiguitas. 

Laporan otomatis tersebut dapat diunduh kapan saja dan dimana saja selama HRD  masih terkoneksi dengan internet. Kemudahan ini sangat mendukung gaya kerja perusahaan yang luwes dan fleksibel, tetapi tetap bertanggung jawab.  Terlebih lagi, data dan informasi yang tersimpan dalam HR System didukung dengan server berbasis cloud dengan keamanan berlapis. Jadi, HRD tidak perlu risau akan kemungkinan terjadinya kebocoran data karena data dan informasi yang tersimpan terjamin aman.

Tunggu apa lagi? Segera Uji Coba Gratis HR System LinovHR Melalui tautan berikut ini linovhr.com/trial-hr-system/ Dan buktikan sendiri kecanggihan System HR LinovHR.