Jenis-Jenis Usaha yang Paling Menjanjikan di Saat Ini

Pandemi COVID-19 mengguncang perekonomian dunia. Agar bisa tetap bertahan di tengah pandemi virus corona ini, sudah banyak masyarakat yang memulai beragam jenis usaha di berbagai bidang untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Mulai dari anak remaja hingga orang dewasa yang sudah bekerja pun mencoba menjadi seorang pengusaha.

Menurut survei yang dilakukan oleh Small Business State, alasan utama seseorang untuk memulai bisnis karena ingin menjadi bos untuk diri mereka sendiri. Terlebih saat pandemi ini banyak sektor-sektor pekerjaan yang menutup perekrutan karyawan baru dengan alasan meminimalisir biaya untuk gaji pegawai

Bagi Anda yang tertarik ingin mencoba membuka usaha tapi masih bingung ingin menjalankannya, berikut ini terdapat contoh jenis usaha yang menjanjikan saat ini. Langsung saja simak artikelnya!

 

Jenis Usaha di Bidang Jasa

Jenis usaha jasa merupakan suatu pekerjaan yang bentuk kegiatannya berupa pelayanan. Bidang usaha ini akan mempekerjakan tenaga ahli profesional untuk menyelesaikan tugas yang memerlukan keahlian atau peralatan khusus. Contoh dari usaha dalam bidang jasa ini antara lain:

 

1. Usaha Perangkat Lunak atau Software

Layanan perangkat lunak atau software adalah pekerjaan yang bertugas untuk membuat dan meningkatkan fitur pada perangkat teknologi pada perusahaan, organisasi, atau individu. Contoh dari usaha dalam bidang ini antara lain Software HRD LinovHR untuk memudahkan pekerjaan pengelolaan karyawan perusahaan melalui sistem.

 

2. Layanan Konsultasi

Pada jenis usaha ini adalah perusahaan atau organisasi yang membutuhkan tenaga ahli khusus untuk mengurusi bidang-bidang pekerjaan seperti perpajakan, payroll perusahaan, hingga bisnis.

 

3. Pelayanan Kesahatan

Pekerjaan menjadi pelayanan kesehatan tentunya saat ini paling banyak dicari oleh banyak orang. Terlebih lagi sampai sekarang kasus pasien Covid-19 semakin meningkat. Namun selain melayani kasus tersebut, layanan kesehatan juga dapat melayani dalam bidang kesehatan jiwa dan mental hingga kecantikan. Anda bisa menemui pelayanan ini di rumah sakit, klinik, dan juga puskesmas.

 

Baca Juga: Peran Teknologi Informasi untuk Perusahaan

 

Jenis Usaha di Bidang Perdagangan

Usaha perdagangan adalah kegiatan untuk membeli produk untuk dilakukan pengolahan atau langsung dijual kembali dengan tujuan mendapatkan keuntungan. Jenis usaha perdagangan yang sampai saat ini masih menjanjikan bagi para pelaku usaha antara lain:

 

1. Usaha Makanan atau Kuliner

Semua orang pastinya membutuhkan asupan makanan setiap harinya. Maka dari itu, usaha dalam bidang makanan atau kuliner akan sangat dicari oleh banyak orang. Usaha kuliner pun saat ini sudah berinovasi untuk membuat makanan atau catering sehat dengan harga murah yang bisa dikonsumsikan oleh seluruh lapisan masyarakat.

 

2. Usaha Fashion

Selain kuliner, fashion juga menjadi contoh usaha yang sedang naik daun dan digeluti oleh banyak orang saat ini. Jika tertarik untuk mencoba jenis usaha ini, tentunya Anda harus selalu up to date untuk mengikuti perkembangan fashion saat ini mulai dari dalam dan luar negeri. Untuk media penjualannya, Anda bisa melakukannya secara online melalui media sosial seperti instagram. Dengan begitu Anda bisa lebih menghemat modal pengeluaran.

 

3. Usaha Alat-Alat Kebersihan dan Kesehatan

Kondisi seperti ini tentunya kebersihan dan kesehatan menjadi prioritas. Untuk itu, banyak sekali orang-orang yang menjual produk kesehatan dan kebersihan mulai dari masker, hand sanitizer, desinfectan, dan masih banyak produk lainnya. Produk seperti inilah yang menjadi incaran banyak orang dan bisa mendapatkan keuntungan yang besar.

 

Jenis Usaha untuk Perorangan

Jenis usaha perorangan pada dasarnya sama seperti jenis-jenis usaha yang telah disebutkan di atas. Bedanya dari jenis ini adalah usaha yang dijalankan bersifat perseorangan atau dilakukan seorang diri.

Banyak orang yang menjalankan usaha seperti ini karena bisa mendatangkan keuntungan yang besar, terbebas untuk menentukan usahanya sendiri tanpa ada campur tangan orang lain, dan memiliki waktu kerja yang fleksibel. Contoh dari jenis usaha ini yaitu:

 

1. Penulis Freelance

Penulis freelance adalah mereka yang bekerja untuk proyek perusahaan dan akan dibayarkan setiap proyek yang dilakukan. Jenis pekerjaan ini banyak digeluti oleh banyak orang termasuk juga para pegawai kantoran. Karena hal ini bisa dikerjakan kapan saja dan hanya bermodalkan laptop saja.

 

2. Tutor atau Guru Bimbingan Belajar

Walau adanya pembatasan kegiatan tatap muka, anak-anak tentunya masih membutuhkan adanya kegiatan belajar mengajar. Maka dari itu, menjadi tutor atau guru bimbingan belajar saat ini menjadi usaha yang cukup menjanjikan. Karena dengan cara ini, anak-anak masih bisa mendapatkan materi pembelajaran tanpa harus berkumpul dengan banyak orang. Maka dari itu, pekerjaan ini banyak dicari oleh banyak orang terutama para orang tua yang masih memiliki anak yang bersekolah.

 

3. Jasa Desain Grafis

Menjadi seorang dengan kemampuan desain saat ini banyak diperlukan oleh orang-orang yang baru atau sudah memiliki usaha sampai perusahaan. Seperti halnya penulis freelance, profesi ini akan mengerjakan proyek-proyek tertentu yang diminta oleh para klien dan akan digaji sesuai dengan proyek yang ia kerjakan.

 

Baca Juga: 5 Pekerjaan Freelancer Paling Dibutuhkan dan Populer!

 

Jenis dalam Bentuk Badan Usaha

Badan usaha merupakan kesatuan usaha yang berada di bawah hukum, ekonomis, dan juga teknis yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan. Dapat dikatakan juga sebagai lembaga sementara perusahaan yang kegiatan utamanya adalah mengelola faktor-faktor produksi.

Di Indonesia sendiri, terdapat berbagai bentuk badan usaha, antara lain adalah:

 

1. Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

BUMN merupakan suatu unit usaha dengan keseluruhan modalnya dimiliki oleh pemerintah dan seluruh kegiatan produksinya diprioritaskan untuk kemakmuran dan kesejahteraan rakyat. BUMN selanjutnya dibagi lagi menjadi 3 jenis, yaitu:

 

  • Perusahaan Jawatan (Perjan)

Merupakan bentuk badan usaha yang berfokus untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Namun terdapat hal yang dipahami adalah Perjan tidak akan mendapatkan pemasukan untuk menanggulangi kebutuhan operasionalnya. Contoh dari Perjan adalah PJKA atau Perusahaan Jawatan Kereta Api yang sekarang berganti menjadi PT. KAI.

 

  • Perusahaan Umum (Perum)

Tidak jauh berbeda dengan Perjan, perusahan umum atau Perum lebih berfokus pada laba atau mencari keuntungan. Namun karena jenis usaha ini justru merugikan, pemerintah merubahnya menjadi persero. Contohnya adalah PT. Pegadaian dan PT. Telkom Indonesia Tbk.

 

  • Perusahaan Milik Perseorangan (Persero)

Perusahaan milik perseorangan atau Persero ini bertujuan untuk melayani masyarakat dan juga mencari keuntungan.

 

2. Badan Usaha Milik Swasta (BUMS)

Jika pada BUMN seluruh modalnya akan dikeluarkan oleh pemerintah, pada BUMS seluruh usaha beserta modalnya akan diusahakan oleh satu atau sekelompok orang. Selain itu, BUMS ini juga memiliki beberapa bentuk usaha seperti Firma, Perusahaan Perseorangan (Persero), Perusahaan Terbatas (PT), serta Perusahaan Komanditer (CV).

 

3. Badan Usaha Swasta Asing

Badan Usaha Swasta Asing merupakan bentuk badan usaha yang seluruh modalnya dimiliki oleh pihak luar negeri. Adanya bentuk usaha ini karena didasari oleh ketersediaan bahan baku, potensi yang besar pada pasar, dan upah tenaga kerja yang cenderung murah.

Bagi negara sendiri, Badan Usaha Swasta Asing dapat memberikan banyak manfaat seperti halnya sebagai pemasok modal dan juga untuk memajukan pertumbuhan ekonomi negara karena menerapkan teknologi terbaru.

 

4. Joint Venture

Joint venture adalah bentuk kerjasama dari beberapa perusahaan dari beberapa negara lalu meleburkan diri menjadi satu  perusahaan. Tujuan dari melakukan joint venture antara lain untuk mencapai konsentrasi kekuatan ekonomi.

 

5. Koperasi 

Koperasi merupakan bentuk badan usaha yang seluruh modalnya berasal dari seluruh anggota koperasi dan didirikan karena memiliki tujuan yang sama. Koperasi memiliki asas kekeluargaan yang bertujuan untuk menumbuhkan kesejahteraan para anggotanya dan membangun tatanan perekonomian nasional.

 

Baca Juga: Penjelasan Hingga Sejarah Lengkap Koperasi di Indonesia

 

Memudahkan Manajemen Usaha di Berbagai Bidang dengan Software HRD LinovHR!

Dalam menjalankan usaha, terkadang hanya dengan mengandalkan tenaga manusia seluruh proses pekerjaan kurang bisa memberikan hasil yang maksimal. Maka dari itu, adanya Software HRD LinovHR menjadi solusi untuk melakukan pengelolaan dan juga manajemen usaha di berbagai sektor.

Dengan memanfaatkan LinovHR, seluruh pekerjaan bisa dilakukan secara otomatis hanya dengan memanfaatkan satu sistem saja. Misalnya, jika suatu bisnis memiliki banyak karyawan yang harus digaji maka dapat mengandalkan Software HRD LinovHR melalui modul Payroll.

Sehingga usaha yang sedang dijalankan akan terhindar dari hambatan dan bisa lebih meningkatkan keefektifan dan efisiensi kerja.

Demikianlah pembahasan mengenai jenis usaha beserta dengan contohnya yang bisa Anda coba di masa sekarang ini. Walau pandemi ini membuat pembatasan di segala kegiatan, tentunya bukan alasan bagi Anda untuk tidak memulai usaha. Untuk memudahkan dalam menjalankan usaha, gunakan Software HRD LinovHR sekarang juga!