pencapaian terbesar dalam hidup

Tips Menjawab “Pencapaian Terbesar Dalam Hidup?” dalam Interview Kerja

Pertanyaan “Apa pencapaian terbesar dalam hidup Anda?” dalam sebuah wawancara sering kali membingungkan dan menjebak para kandidat. Beberapa kandidat berjuang untuk mengeluarkan kata-kata agar pencapaian yang mereka pernah dapatkan dapat mengesankan HRD. 

Umumnya kandidat bingung cara untuk menjawabnya karena tidak ingin terlalu rendah hati. Tetapi di sisi lain, kandidat juga tidak ingin terlihat egois atau melebih-lebihkan fakta.

Oleh karenanya, kandidat sering merasa cemas karena takut jawaban yang diberikan akan mempengaruhi penilaian HRD. 

Jangan khawatir! Kali ini LinovHR akan membahas mengapa HRD mengajukan pertanyaan “pencapaian terbesar dalam hidup?” dan beberapa jawaban yang dapat Anda gunakan sebagai inspirasi menjawabnya.

 

Alasan Pertanyaan Pencapaian Terbesar Dalam Hidup Anda

Tiap pertanyaan yang diajukan HRD selama sesi wawancara punya maknanya tersendiri. Pertanyaan mengenai pencapaian hidup ditanyakan karena HRD ingin tahu apa yang telah Anda lakukan untuk meningkatkan perusahaan. HRD perlu melihat seperti apa usaha yang akan diberikan jika perusahaan mempekerjakan kandidat sebagai karyawan.

Selain itu, HRD ingin melihat apa yang telah Anda lakukan untuk mencapai target kerja di perusahaan sebelumnya. Hal ini dapat membantu mereka untuk menggambarkan tentang siapa Anda sebagai seorang profesional.

Cara bercerita kandidat tersebut mengenai pencapaian hidup juga bisa menunjukkan seberapa tinggi tingkat kepercayaan diri karyawan dalam pekerjaan. Semakin percaya diri, kemungkinan tingkat kemampuan si kandidat juga tinggi.

Namun sebaliknya, jika cara bercerita kandidat cenderung menunjukkan indikasi tidak percaya diri atas skill yang dimiliki selama ini. 

 

Baca Juga: Tips Wawancara Kerja untuk Fresh Graduate, HRD Pasti Terpikat!

 

Tips Menjawab Pencapaian Terbesar Dalam Hidup

Ada beberapa cara untuk menjawab pertanyaan ini. Tujuan dari pertanyaan ini pastinya untuk membantu HR untuk melihat Anda dalam kondisi terbaik Anda.

Idealnya, Anda akan menyiapkan 3-5 cerita utama jika Anda sedang menjalani interview. Kebetulan, jawaban pencapaian terbesar dalam hidup Anda tidak perlu dikaitkan dengan pekerjaan Anda. Ini bisa menjadi pencapaian dalam kehidupan pribadi Anda.

Bagaimanapun, berikut adalah tips untuk membantu Anda menjawab pertanyaan berdasarkan pencapaian yang Anda pilih.

 

Ceritakan Hal Tersebut

Pastikan Anda menggambarkan tantangan yang Anda hadapi serta kesuksesan yang Anda bayangkan sepanjang perjalanan, perencanaan karir atau hidup. Pembawaan yang menarik juga akan membuat HRD lebih tertarik dengan cerita Anda. 

 

Tetap Fokus Cerita

Idealnya, cerita yang Anda ceritakan akan membantu menampilkan skill seperti yang dijelaskan dalam deskripsi pekerjaan. Jika Anda bingung untuk menjelaskannya, pastikan untuk menceritakan ulang sebuah pencapaian namun cukup singkat.

Misalnya, menurunkan berat badan hingga 20 kg untuk menunjukkan bahwa Anda memiliki dedikasi dan keinginan untuk melewati masa sulit untuk mencapai tujuan tertentu.

Apa pun ceritanya, Anda harus menghubungkan pencapaian Anda dengan peran yang Anda lamar. Itu juga harus menunjukkan kepada perusahaan manfaat mempekerjakan Anda.

 

Tetap Terbaru Jika Memungkinkan

Meskipun semua pencapaian memiliki manfaat, jangan ceritakan aspek yang sudah ketinggalan zaman.

Misalnya, membujuk perusahaan pemasaran untuk memasukkan persentase keyword tertentu untuk menentukan peringkat situs webnya di Google adalah pencapaian besar satu dekade lalu atau lebih, tetapi kurang relevan saat ini.

 

Fokus pada Fakta & Angka

Jika memungkinkan, tetap fokus pada informasi tertentu seperti angka dan statistik. Dengan menunjukkan bahwa Anda membantu perusahaan meningkatkan daftar kliennya sebesar 35%, Anda membuktikan kemampuan Anda untuk berprestasi.

 

Tetap Jujur

Tahan keinginan untuk berbohong atau melebih-lebihkan. Sekarang, semua orang harus tahu bahwa berbohong dalam sebuah wawancara adalah cara yang pasti untuk mendapat masalah. Sebab, HRD biasanya akan melakukan background check untuk memastikan kebenaran cerita dari kandidat. 

 

Contoh Pencapaian Terbesar dalam Hidup

Setelah Anda memiliki gambaran umum tentang apa yang harus dilakukan ketika Anda diminta untuk jelaskan pencapaian terbesar dalam hidup Anda atau prestasi paling membanggakan, mari kita lihat dua contoh jawaban ini

 

Contoh Menjawab Pencapaian Terbesar dalam Hidup untuk Fresh Graduate

 

“Pencapaian terbesar saya adalah menyelesaikan gelar Sarjana saya dalam 4 tahun dengan IPK 3,8. Saya tidak memiliki financial support sehingga mengharuskan saya untuk bekerja penuh waktu sambil mengejar gelar Ekonomi saya.

Hal ini mengajari saya untuk memprioritaskan waktu, membangun kebiasaan yang baik dan tetap fokus pada tujuan saya. Saya bangga dengan pencapaian ini dan saya merasa bahwa apa yang saya pelajari akan memberi saya keuntungan dalam karir saya sekarang.”

 

Contoh Menjawab Pencapaian Terbesar dalam Hidup untuk Karyawan dengan Pengalaman Kerja  

 

“Pencapaian terbesar saya adalah membalikkan kesuksesan tim marketing di tempat kerja terakhir saya. Ketika saya bergabung, seluruh tim sedang berjuang dan kami gagal mencapai tujuan kuartalan kami. Saya dipekerjakan untuk membuat rencana pemasaran baru, yang saya rancang dan implementasikan tanpa panduan apa pun.

Dalam 6 bulan, kami mencapai 20-25% di atas tujuan kami, dan rencana saya menghasilkan tambahan pendapatan Rp 300 juta untuk perusahaan hingga paruh kedua tahun lalu. Pendapatan tambahan ini membawa perusahaan dari kerugian operasional setiap kuartal ke profitabilitas.”

 

Menjawab suatu pertanyaan ketika interview tentu menegangkan bagi sebagian orang. Ulasan di atas dapat Anda gunakan ketika menghadapi sesi wawancara.

Terangkan pencapaian terbesar dalam hidup Anda tanpa takut dihakimi atau dikomentari secara negatif. Namun, jelaskan informasi yang faktual dan janganlah memberikan atau bahkan memalsukan pencapaian hidup Anda! Semoga Anda diterima di pekerjaan idaman dan sukses selalu!