remote

Remote Performance Review: Kelola Kinerja Karyawan Saat Pandemi

Pandemi COVID-19 yang belum juga reda di beberapa negara membuat banyak perusahaan menyusun berbagai strategi untuk tetap bertahan dan menjalankan operasional seperti biasa. Namun begitu, perusahaan harus tetap memperhatikan kondisi dan keamanan karyawan.  Sebagai langkah preventif agar karyawan tidak terinfeksi COVID-19, perusahaan menerapkan sistem bekerja dari rumah atau work from home. Sayangnya tidak selalu pemberlakuan work from home berjalan lancar. HRD pun harus tetap memantau dan menilai kinerja karyawan walau berjauhan dengan rutin melalui remote performance review. 

 

Tantangan Mengelola Kinerja Karyawan Selama Remote Working

Karyawan yang bekerja selama pandemi membutuhkan perhatian khusus dari HRD. Hal ini bukan tanpa alasan. Banyak karyawan yang merasa gelisah, cemas. Dan akhirnya tidak bisa berkonsentrasi sepenuhnya selama pandemi. Menurut Employee Care Report oleh Limeade, 75% karyawan mengalami burnout selama 2020.

Kesehatan mental karyawan yang terganggu dapat menurunkan kinerja karyawan. Padahal, perusahaan harus tetap menjaga operasionalnya agar bisa bertahan di tengah pandemi. Dibutuhkan komunikasi antar karyawan dan manajer agar dapat saling menguatkan satu sama lain. Sehingga kinerja karyawan tetap optimal dan terjaga.

Tantangan lain yang dihadapi HRD selama mengelola kinerja karyawan di tengah pandemi adalah kurangnya kelancaran komunikasi. Banyak tasks atau job desks yang sedikit terganggu akibat komunikasi yang kurang lancar. Bekerja dari jauh bukanlah hambatan berarti jika HRD mampu menggunakan berbagai teknologi untuk memperlancar komunikasi.

Contohnya adalah tetap mengadakan rapat rutin melalui video conference, memaksimalkan penggunaan chat untuk bertukar informasi, serta menggunakan Software HRD dari LinovHR untuk memantau kinerja secara real time. 

 

performance review

 

Tips Remote Performance Review Saat Work From Home

Remote performance review selama pandemi hampir serupa dengan performance management selama kondisi biasa. Namun, yang membedakan HRD melakukannya terhadap kinerja karyawan secara remote. Dibutuhkan kesigapan dan awareness yang tinggi bagi HRD untuk memahami kondisi karyawan dan bagaimana hal itu bisa mempengaruhi kinerja. Adapun tips yang bisa dilakukan oleh HRD untuk mengelola kinerja karyawan tetap terjaga selama pandemi adalah: 

 

Pikirkan Tujuan Review

Tinjauan kinerja penting bagi HRD dan karyawan untuk pengembangan kinerja profesional dan kepuasan kinerja karyawan. HRD dan manajer pun akan mendapatkan insight baru untuk pengelolaan karyawan yang lebih baik.

Namun, mengingat dampak pandemi COVID-19, banyak indikator kinerja sebelum pandemi mungkin sedikit  bergeser. Jadi, sebelum memulai diskusi apapun dengan seorang karyawan, luangkan waktu untuk menganalisis apa tujuan dari evaluasi atau review kinerja. 

 

Baca Juga: Cara Menguasai Komunikasi Asertif Agar Komunikasi Selalu Lancar

 

Hindari Mendominasi Percakapan

Jangan anggap remote performance review hanyalah soal mengevaluasi kinerja. Kegiatan ini adalah kesempatan bagi HRD dan manajer untuk berkomunikasi dengan karyawan perihal kinerja yang lebih baik. Hindari mendominasi dan dorong karyawan untuk memberikan masukan atau pendapat demi perkembangan kinerja perusahaan.

Mengizinkan karyawan untuk mengutarakan pendapat dapat membuat karyawan merasa didengar, lebih proaktif, dan menjadi bagian dari perusahaan. Bersikaplah terbuka terhadap masukan atau saran dari karyawan serta pertimbangkan matang-matang sebelum menerapkannya dalam perusahaan. 

 

Buat Perencanaan Review Kinerja Rutin

Jarak sering menjadi masalah dalam review kinerja. Sebab semua karyawan dalam perusahaan harus bekerja secara berjauhan. Namun, hal ini tidak akan berlaku jika HRD merencanakan review yang lebih rutin dan sering dibandingkan sebelum pandemi.

Pertimbangkan untuk lebih sering melakukan performance evaluation untuk memastikan karyawan memahami bagaimana perkembangan kinerja dan aspek mana yang harus diperbaiki atau dikembangkan. Review dapat dilakukan setiap 6 bulan sekali secara online.

 

Komunikasi dan Empati 

Komunikasi dan empati merupakan peluang untuk berkembang yang akan membuat karyawan tetap termotivasi. Pastikan komunikasi selama review berjalan secara jelas agar tidak membingungkan. HRD dapat mengajukan berbagai pertanyaan untuk memastikan karyawan memahami bagaimana review akan dilakukan.

Ingatlah bahwa remote performance review selama pandemi COVID-19 bisa membuat stres atau bahkan menakutkan bagi karyawan, terlebih lagi bila dilakukan dari jarak jauh. Jadi berhati-hatilah dan usahakan menyeimbangkannya dengan saran yang dapat dilakukan karyawan untuk perbaikan di masa mendatang. 

 

Minta Karyawan untuk Evaluasi Mandiri

Evaluasi mandiri bisa dibilang salah satu bagian terpenting dari peninjauan kinerja. Karyawan dapat memahami dari sudut pandanganya mengenai kinerjanya selama ini dan merumuskan rencana mandiri bagaimana cara mereka berkembang.

Manajer dapat mempelajari karakteristik dan pola kerja karyawan melalui evaluasi yang dilakukan oleh karyawan. Untuk pelaksanaan evaluasi mandiri yang sistematis dari jarak jauh, perusahaan dapat memanfaatkan fitur self evaluation dalam Software HRD dari LinovHR. 

 

Remote Performance Review dari LinovHR: Kelola Kinerja Karyawan Lebih Optimal Selama Pandemi

Remote performance review mirip dengan performance review pada umumnya. Namun yang membedakan hanyalah jarak dan sistem yang akan digunakan. Dengan persiapan yang tepat, remote performance review dapat mengembangkan potensi dan kelangsungan perusahaan di tengah pandemi.

Performance review dari jarak jauh pada akhirnya menjadi lebih umum karena adanya physical distancing yang berlaku selama COVID-19. Untuk memaksimalkan proses review tersebut, perusahaan dapat memanfaatkan teknologi Software HRD dari LinovHR, 

Penggunaan teknologi memainkan peran penting dalam pengelolaan kinerja selama pandemi. Software HRD dari LinovHR adalah pilihan tepat untuk membantu perusahaan melakukan remote performance review serta membuat keputusan akhir berdasarkan laporan yang terintegrasi melalui sistem.

Kombinasi antara kemampuan profesional dan teknologi Software HRD dari LinovHR akan melahirkan efektifitas dan efisiensi kerja yang brilian. Ingin tahu lebih lengkap? Hubungi LinovHR sekarang juga!