sales

Sales Adalah: Pengertian, Jenis Pekerjaan, dan Skill yang Harus Dikuasai

Sales adalah sebuah istilah yang dikenal juga sebagai tim penjualan. Biasanya divisi ini memainkan peran penting dalam bisnis apapun, untuk itu dianggap sebagai tulang punggung keberhasilan perusahaan dalam mendapatkan omzet.

Lalu, sebenarnya apa itu sales, apa skill yang harus dimiliki dan jenis pekerjaannya. Simak penjelasan LinovHR berikut ini.

 

Apa itu Sales?

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, sales adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan aktivitas penjualan barang atau jasa. Divisi ini, hampir selalu ada di setiap perusahaan.

Bagi sebuah perusahaan, peran sales sendiri sangatlah penting karena menentukan keberhasilan bisnis. Jika penjualan tidak dioptimalkan, maka dapat berdampak negatif pada evaluasi kinerja perusahaan.

Biasanya, tim penjualan terdiri dari beberapa individu yang bertanggung jawab untuk menjual produk atau layanan perusahaan.

Dalam pelaksanaannya, biasanya tim penjualan dibagi menjadi beberapa kategori berdasarkan faktor seperti lokasi wilayah penjualan, produk atau jasa yang dijual, dan target penjualan. Cara ini memungkinkan upaya penjualan yang lebih efisien dan terarah.

 

Jenis Pekerjaan dalam Sales

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai tim penjualan, terdapat beberapa jenis pekerjaan yang dapat ditemukan di berbagai perusahaan ketika menjadi staf tim penjualan. Beberapa di antaranya adalah:

 

1. Sales Executive

Sales executive merupakan pekerjaan yang bertanggung jawab untuk melakukan penjualan produk atau jasa kepada konsumen dan mencapai target penjualan yang telah ditetapkan oleh perusahaan.

Mereka juga berperan dalam mengembangkan strategi penjualan, menjalin hubungan dengan pelanggan, dan mengidentifikasi peluang bisnis baru.

 

2. Sales Advisor

Sales advisor bertanggung jawab untuk memberikan saran dan rekomendasi kepada konsumen tentang produk atau jasa yang ditawarkan.

Mereka juga membantu konsumen dalam memilih produk yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka.

 

3. Sales Associate

Sales associate merupakan pekerjaan yang bertanggung jawab untuk menjual produk atau jasa kepada konsumen melalui cara-cara yang berbeda seperti melalui toko online, toko fisik, atau melalui telepon.

 

4. Sales Promotion

Sales promotion adalah suatu pekerjaan dalam bidang penjualan yang berfokus pada mempromosikan produk atau jasa perusahaan kepada konsumen.

Tugasnya antara lain adalah mengembangkan strategi promosi, membuat diskon program, dan mengatur acara atau acara promosi.

 

5. Admin Sales

Pekerjaan seorang admin sales adalah melakukan rekapitulasi kegiatan sales. Mulai dari daftar rencana perjalanan dinas sales, rekapitulasi penjualan, mengelola daftar customer, beberapa perusahaan ada yang mengharuskan untuk menjadi frontliner.

Mereka lah yang bertugas untuk mencatat segala kegiatan milik sales dan bertanggung jawab terhadap dokumen milik sales.

 

Baca Juga: Apa Tugas Seorang Sales Counter? Ketahui di Sini!

 

Skill yang Harus Dikuasai Para Sales

Terdapat beberapa skill yang harus dikuasai agar dapat menjadi seorang sales yang sukses, di antaranya adalah:

 

sales adalah
Skill Sales

 

1. Kemampuan Komunikasi yang Baik

Sales harus dapat berkomunikasi dengan baik dengan calon pelanggan, memberikan penjelasan yang jelas dan mudah dimengerti tentang produk atau jasa yang ditawarkan.

 

2. Kemampuan Memimpin dan Berkolaborasi dengan Tim

Dalam pekerjaannya, tim penjualan juga harus mampu memimpin dan berkolaborasi dengan tim agar dapat mencapai target penjualan yang telah ditetapkan.

 

3. Pengetahuan Produk yang Mendalam

Sales harus memiliki pengetahuan yang mendalam tentang produk atau jasa yang dijual agar dapat memberikan informasi yang akurat dan memuaskan kepada calon pelanggan.

 

4. Keterampilan Menjual

Kemampuan utama seorang sales adalah harus memiliki keterampilan dalam menjual produk atau jasa dengan kalimat persuasif namun tetap profesional.

 

5. Kemampuan Beradaptasi dengan Perubahan

Dalam dunia penjualan, perubahan dapat terjadi dengan cepat. Oleh karena itu, seorang sales harus mampu beradaptasi dengan perubahan tersebut dan tetap dapat menjual produk atau jasa dengan efektif.

 

6. Kemampuan Negosiasi yang Baik

Seorang sales harus mampu membantu calon pelanggan dalam memilih produk atau jasa yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka, serta menawarkan harga yang kompetitif.

 

7. Percaya Diri yang Tinggi

Kepercayaan diri yang tinggi juga sangat penting dalam pekerjaan sales, karena mereka harus mampu meyakinkan calon pelanggan untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

 

8. Membangun Hubungan Baik dengan Pelanggan

Selain itu, sales juga harus mampu membangun hubungan baik dengan pelanggan dan menjaga hubungan tersebut agar terus berlangsung.

Semua kemampuan dan keterampilan ini dapat membantu seorang sales untuk sukses dalam pekerjaannya dan memperoleh keuntungan yang lebih besar bagi perusahaan.

 

Kesimpulan

Untuk mendukung perusahaan dalam mendapatkan omzet, divisi sales punya peran yang penting. Di mana mereka harus mampu menawarkan produk secara persuasif dan meyakinkan calon pelanggan agar mau membeli produk yang ditawarkan.

Selain itu, seorang sales juga harus memiliki pengetahuan yang mendalam mengenai produk yang ditawarkan sehingga dapat memberikan informasi yang akurat dan relevan kepada calon pembeli.

Keterampilan lain yang dibutuhkan oleh seorang sales adalah kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik dan menarik minat calon pembeli.

Namun, tidak hanya kemampuan individu yang menjadi faktor penentu keberhasilan dalam kegiatan penjualan.

 

Di era digital saat ini, perusahaan dapat memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan kinerja karyawan dalam menjalankan tugas mereka, termasuk di bidang penjualan.

Salah satunya yaitu menggunakan Software HRIS LinovHR yang dapat digunakan untuk memudahkan pengelolaan karyawan termasuk tim sales.

Dengan banyaknya tugas sales dan keharusan dari mereka untuk bekerja secara mobile. Perusahaan tentu saja harus menyesuaikan pengelolaan dan manajemen karyawan.

Salah satu cara yang bisa dilakukan perusahaan adalah dengan mendigitalisasi pengelolaan dan manajemen karyawan menggunakan Software HRIS LinovHR.

 

LinovHR

 

Software HRIS LinovHR, membantu pengelolaan SDM perusahaan menjadi lebih mudah. Bukan hanya membantu mengurus berbagai hal administratif karyawan, software ini juga membantu perusahaan untuk memantau tugas-tugas karyawan termasuk sales.

Dengan bantuan Software HRIS LinovHR yang memiliki modul Performance Management, perusahaan bisa secara real time sejauh apa tim penjualan telah mencapai target yang diharapkan.

Selain itu, dari sisi karyawan mereka pun akan terbantu karena tidak lagi perlu datang ke kantor hanya untuk absen, dengan aplikasi absen LinovHR, karyawan bisa melakukan absen di mana pun.

Gunakan LinovHR sekarang untuk kemudahan pengelolaan manajemen karyawan sales!