software performance apparaisal

Software Performance Appraisal LinovHR: Ukur Kinerja Karyawan dengan Tepat dan Mudah

Setiap karyawan memiliki kinerjanya masing-masing. Meskipun memiliki jobdesk yang sama, antara satu karyawan dengan karyawan lain bisa saja memiliki kualitas dan produktifitas pekerjaan yang berbeda. Kinerja inilah yang diharapkan perusahaan bisa optimal sesuai dengan strategi dan tujuan perusahaan. Untuk menilai keseuaian itu, perusahaan melakukan suatu upaya yang dikenal sebagai performance appraisal.

Performance appraisal adalah kegiatan manajemen yang dilakukan perusahaan untuk melakukan penilaian dan tinjauan akan kinerja karyawan berdasarkan posisi dan jabatannya masing-masing. Sebagaimana menurut Schuller dan Jackson (1996:3) menyatakan bahwa penilaian kinerja sebagai suatu sistem formal dan terstruktur yang mengukur, menilai, dan mempengaruhi sifat-sifat yang berkaitan dengan pekerjaan, perilaku, dan hasil termasuk tingkat ketidakhadiran.

Proses penilaian ini tentunya harus teliti dan akurat agar hasilnya tetap objektif. Penilaian kinerja karyawan yang baik juga seharusnya tidak hanya dilihat dari hasil yang dikerjakan, melainkan juga dari proses yang dilakukan oleh karyawan tersebut dalam menjalankan kerjanya.

Namun dalam melakukan penilaian kinerja karyawan, perusahaan kerap kali merasa tidak efektif dan akurat. Pelaksanaannya secara manual bisa menghabiskan banyak waktu, biaya, dan tenaga, serta hasil yang didapat juga terkadang tidak berdampak langsung bagi kemajuan perusahaan. Hal tersebut bisa terjadi karena penentuan standar penilaian yang tidak tepat. Hal itu bisa terjadi dikarenakan adanya faktor-faktor yang sulit diukur seperti sikap, loyalitas, dan kepribadian yang mengabaikan indikator terkait dengan pekerjaannya masing-masing.

Beruntungnya di era teknologi serba digital saat ini, kegiatan penilaian kinerja karyawan sudah dipermudah dengan adanya perangkat lunak (software) khusus yaitu Software Performance Appraisal. Software ini akan membantu dalam penyusunan penilaian kinerja karyawan karena dilakukan secara otomatis.

LinovHR menjadi aplikasi yang menyediakan Software Performance Appraisal berbasis web. Melalui Software Performance Appraisal LinovHR, proses perencanaan, penyusunan nilai, pelaksanaan penilaian, review, hingga hasil akhir bisa dilakukan melalui fitur-fitur yang ada didalamnya secara mudah dengan hasil yang tepat. Selain itu, software ini juga tidak hanya soal penilaian dari manajemen ke karyawan, melainkan adanya interkasi karyawan dalam proses penilaian tersebut.

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapat dalam penilaian kinerja karyawan di perusahaan dari fitur-fitur yang ada di Software Performance Appraisal LinovHR.

 

1.     Membuat Standarisasi Penilaian Tiap Posisi

Setiap posisi maupun jabatan memiliki kompetensi, tugas dan tanggungjawab yang berbeda-beda. Hal ini pun berpengaruh terhadap penilaian yang akan diberikan oleh manajemen dalam proses performance appraisal.

Software Performance Appraisal LinovHR menyediakan fitur Review Template yang digunakan untuk mengelompokkan tiap item review berdasarkan jenis pekerjaan yang dilakukan karyawan. Review template ini bisa berupa kompetensi, goals, core value, dan lain sebagainya. Review yang dibuat dalam fitur dibuat secara terstruktur sehingga mudah dibuat oleh tim penilai dan mudah dipahami oleh karyawan.

 

software performance apparaisal

 

2.     Kemudahan Membuat Rating

User atau tim penilai bisa dengan mudah menentukan rating dengan berbagai level, deskripsi, dan pembobotan yang berbeda sesuai jenis item penilaian. Kegiatan menentukan rating level ini dibantu melalui fitur Rating Scale dimana formatnya dibuat tersusun peritem dengan deskripsi yang menjelaskan pada masing-masing rating level. Level-level rating itu mulai dari penilaian dibawah harapan, perlu pengembangan, sesuai harapan, diatas harapan, hingga sempurna. Dalam fitur level-level itu juga diberikan deskripsi secara jelas apa saja kelemahan yang harus diperbaiki dan kekuatan yang harus ditingkatkan oleh tiap-tiap karyawan.

software performance apparaisal

 

3.     Hasil Review Diakses Secara Online

Melalui fitur Review Form, manajemen dapat dengan mudah menyusun form penilaian secara terstruktur sehingga bisa dengan mudah ditelaah oleh karyawan yang dinilai. Form Review ini akan menampilkan item penilaian, bobot dan nilai, deskripsi, rating scale, komen, hingga instruksi sehingga bisa dikalkulasikan dan karyawan bisa langsung memahami kualitas kinerjanya apakah sudah sesuai harapan perusahaan atau tidak.

Karyawan sebagai user dapat melihat hasil review yang dilakukan oleh manajemen dimanapun dan kapanpun, karena terintegrasi melalui ESS Mobile LinovHR.

software performance apparaisal

 

4.     Keterlibatan Karyawan Dalam Proses Penilaian

Menggunakan Software Performance Appraisal LinovHR artinya karyawan bisa dilibatkan di dalam proses penilaian kinerja yang dilakukan manajemen. Hal tersebut bisa dilakukan dengan cara karyawan yang bisa memasukkan daftar pencapaian hasil kerja yang telah ia raih ke dalam sistem. Daftar yang telah dimasukkan tersebut kemudian akan di review oleh manajemen.

 

Melalui LinovHR, Automatisasi performance appraisal sangat mungkin dilakukan untuk membantu manajemen HR dalam melakukan aktivitasnya. Dapatkan informasi yang lebih lengkap mengenai Software Performance Appraisal LinovHR di sini. Hubungi tim sales kami untuk informasi lebih lanjut