value proposition

Value Proposition adalah Hal yang Penting untuk Bisnis?

Perusahaan membutuhkan landasan yang tepat untuk membangun usahanya, salah satunya value proposition.

Value proposition dianggap penting bagi pebisnis sebagai penopang sekaligus penjelas arah perusahaan akan dibawa. Mengapa sebegitu pentingnya? Cari jawabannya di bawah ini!

 

Apa Itu Value Proposition?

Value Proposition adalah nilai yang dinyatakan oleh perusahaan yang merangkum bagaimana manfaat produk atau layanan perusahaan akan disampaikan, dialami, dan diperoleh.

Pada dasarnya, value proposition menentukan apa yang membuat produk atau layanan perusahaan menarik, mengapa pelanggan harus membelinya, dan bagaimana nilai produk atau layanan dibedakan dari penawaran serupa.

Umumnya, value proposition ditujukan kepada pelanggan atau segmen pasar yang sudah menjadi target perusahaan.

Proposisi tersebut berbentuk pernyataan singkat, jelas, dan ringkas tentang manfaat berwujud dan tidak berwujud yang akan disampaikan kepada pelanggan. Proposisi yang sempurna harus dengan cepat mengirimkan nilai kepada pelanggan potensial tanpa perlu penjelasan lebih lanjut. Setiap proposisi harus unik, karena merupakan metode untuk mengkomunikasikan poin diferensiasi perusahaan kepada pelanggan sasaran.

 

software hris

 

 

Mengapa Value Proposition Penting untuk Bisnis?

Suatu produk tidak akan sanggup bersaing jika perusahaan tak menetapkan value bagi produk tersebut. Inilah beberapa alasan mengapa value proposition penting: 

 

Meningkatkan Pengetahuan Pelanggan Terhadap Produk

Value proposition yang kuat membantu pelanggan Anda benar-benar memahami nilai produk dan layanan perusahaan Anda. Pemahaman yang meningkat ini semakin mendorong keterlibatan produk di antara audiens target.

 

Membuat Pemahaman Produk Lebih Mudah & Efektif

Sebagian besar pelanggan sudah tahu apa yang mereka cari saat mereka melakukan riset online. Jadi, jika itu tidak memberikan kejelasan kepada audiens target Anda, mereka mungkin akan mencarinya di tempat lain.

 

Menarik Prospek yang Tepat

Value proposition perusahaan menargetkan pelanggan ideal perusahaan Anda dan menjelaskan mengapa solusi Anda adalah pilihan terbaik. Dengan begitu, perusahaan Anda tidak perlu kesulitan untuk memilih segmentasi mana yang paling bagus. 

 

Memperjelas Value Produk

Value proposition yang kuat membuatnya segera jelas bagi pelanggan Anda apa yang Anda tawarkan. Selain itu, ini juga memastikan untuk mengkomunikasikan pesan Anda dengan jelas dan detail.

 

Baca Juga: Jenis-Jenis Usaha Menjanjikan di Saat Pandemi

 

Cara Membuat Value Proposition Canvas

Value proposition canvas adalah alat yang membantu menyelaraskan value proposition penawaran dengan nilai dan kebutuhan pelanggan, agar lebih sesuai dengan pasar.

Ini dia cara membuat value proposition canvas sebagai berikut :

 

Langkah 1: Identifikasi Masalah Utama Pelanggan

Meskipun ini akan memerlukan beberapa penelitian di awal, Anda dapat memulai aspek value proposition ini dengan berbicara dengan anggota tim Anda yang berbeda.

Misalnya pada customer services, digital marketing, dan sales yang dapat mengisi kritikan dari pelanggan Anda terkait penggunaan produk atau layanan Anda.

 

Langkah 2: Identifikasi Semua Manfaat Produk Anda

Langkah ini bisa sesederhana mendaftar setiap produk yang Anda jual dan menjelaskan manfaatnya. Manfaatnya harus ringkas dan terfokus pada satu kebutuhan pelanggan.

 

Langkah 3: Jelaskan Mengapa Produk Anda Bernilai

Selanjutnya, tambahkan kalimat lain yang menjelaskan mengapa manfaat ini penting bagi pelanggan. Sehingga pelanggan akan tertarik dan mempertimbangkan mengapa harus menggunakan produk Anda. 

 

Langkah 4: Hubungkan Nilai Produk dengan Masalah Pelanggan

Anda tidak cukup dengan menjelaskan nilai produk. Anda harus berhasil menghubungkan nilai produk dengan masalah pelanggan.

Jika produk dapat menyelesaikan masalah pelanggan, produk Anda siap untuk menyempurnakan value proposition untuk membedakan dari pesaing. Jika tidak, ulangi langkah-langkah di atas sampai Anda menemukan kebutuhan pelanggan  yang valid dan solusi yang layak yang ditawarkan bisnis untuk memenuhi kebutuhan itu.

 

Langkah 5: Be Unique!

Terakhir, poles value proposition Anda untuk membuatnya unik. Apakah ada produk atau layanan lainnya yang mirip dengan Anda?

Elemen ini dapat membantu membedakan value proposition Anda dari pesaing sambil tetap fokus pada kebutuhan pembeli.

 

Baca Juga: Siapakah CMO dalam Perusahaan? Mari Simak Lebih Mendalam! 

 

Contoh Value Proposition

Setelah mempelajari cara membuatnya, terdapat beberapa contoh value proposition dari perusahaan ternama yang telah menerapkan dan berhasil bagi bisnisnya!

 

Slack

Slack adalah alat kolaborasi untuk tim dengan platform sederhana, mudah digunakan, dan kemampuan mengirim pesan instan. Platform ini juga disukai oleh perusahaan untuk membuat pekerjaan tetap on track, terlepas dari hambatan sehari-hari atau kompleksitas proyek.

Segala sesuatu yang dilakukan perusahaan bergantung pada value proposition, Slack menghemat waktu dengan menghancurkan komunikasi dan silo sistem. Slack memiliki tujuan untuk menghilangkan miskomunikasi dan kesusahan selama bekerja online dan produk lain belum memiliki fitur yang sama dikala itu.

Karena Slack telah membangun value proposition yang begitu kuat, Slack dianggap sebagai alternatif yang menyenangkan untuk kotak masuk email dan dianggap pesaing dengan alat lainnya. Pendekatan dan strategi yang dibuat berhasil. Slack adalah startup SaaS yang tumbuh paling cepat, dan digunakan oleh 77% perusahaan Fortune 500.

 

Airbnb

Ketika Airbnb mulai mengganggu industri perhotelan, Airbnb perlu memasarkan ke dua kelompok terpisah: tamu yang menginginkan tempat menginap dan tuan rumah yang ingin menyewakan tempat mereka.

Value proposition yang dibentuk two-in-one yaitu wisatawan mendapat manfaat dari pengalaman yang benar-benar lokal dan tuan rumah mendapat manfaat dari penghasilan tambahan.

Sesuai dengan kalimat pemasarannya, “Airbnb hadir untuk menciptakan dunia di mana siapa pun dapat berada di mana saja, menyediakan perjalanan sehat yang bersifat lokal, autentik, beragam, inklusif, dan berkelanjutan.”

Kamar yang disewakan sering kali lebih unik daripada hotel, dan biasanya terletak di lingkungan tempat orang tinggal. Para tamu belajar dari pengetahuan lokal yang dibagikan oleh tuan rumah dan merasa seperti di rumah kemanapun mereka pergi. Berbagai sumber nilai yang berbeda ini menyatu menjadi tagline Airbnb: Belong Anywhere.

Saat bisnis melewati berbagai tahap pertumbuhan, value proposition kemungkinan akan berubah juga.

Awalnya dipasarkan dengan harga yang jauh lebih murah daripada menginap di hotel, Airbnb kini telah menjadi makanan utama yang digerakkan oleh pengalaman dan utama dengan sayap premium yang disebut “Airbnb Plus,” dengan value proposition-nya sendiri.

 

Kesimpulan

Jadi, dari ulasan di atas dapat disimpulkan bahwa value proposition sangatlah penting bagi perkembangan bisnis. Perusahaan harus paham benar apa yang menjadi value atau nilai sehingga dapat menyasar target pasar dengan tepat serta mendapatkan keuntungan sebesarnya.