aplikasi absen karyawan

Nikmati WFH Praktis Berkat Aplikasi Absen Karyawan!

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM telah berlaku di Indonesia selama 2 minggu untuk menekan penularan COVID-19 di Indonesia. Regulasi ini bisa diperpanjang jika diperlukan. Maka dari itu, perusahaan menetapkan WFH atau Work From Home bagi seluruh karyawannya. Agar waktu kerja bisa tetap berjalan secara teratur, penggunaan aplikasi absen karyawan menjadi solusi yang tepat untuk mencatat waktu kerja karyawan.

Melihat kondisi ini, telah banyak vendor yang menawarkan aplikasi untuk absensi karyawan. Namun agar Anda tidak salah memilih, LinovHR menghadirkan aplikasi atau sistem absensi karyawan online untuk memudahkan proses absensi selama menjalani WFH. Lalu bagaimana aplikasi ini dapat bekerja? Simak penjelasanya di bawah ini!

 

Cara Kerja Aplikasi Absen Karyawan

Aplikasi absen karyawan dari LinovHR memiliki beberapa fitur yang dapat bekerja untuk mensukseskan proses absensi selama WFH. Berikut adalah penjelasan cara kerja dari masing-masing fitur yang tersedia.

 

Melakukan Absensi (Check In dan Check Out)

Selama bekerja di kantor, karyawan akan melakukan absen ke mesin absensi yang tersedia baik itu fingerprint atau mesin absensi wajah setiap datang dan pulang kerja.

Namun jika sedang WFH, proses absensi bisa dilakukan hanya melalui smartphone pribadinya. Sistem yang terdapat dalam aplikasi akan mencatat waktu mulai dan selesai kerja secara real time agar menghasilkan data yang akurat.

 

Melihat Riwayat Absensi

Selanjutnya, admin dapat memantau apakah karyawan benar-benar menggunakan waktunya untuk bekerja atau tidak dengan melihat riwayat absensi mereka. Dengan begitu, hal ini bisa menjadikan bahan penilaian yang akan dilakukan perusahaan dan membuat karyawan bisa mengatur manajemen waktu secara baik.

 

Mengajukan Izin untuk Tidak Bekerja

Walau bekerja dari rumah, terkadang terdapat hal-hal mendesak yang membuat karyawan tidak bisa bekerja seperti halnya sakit atau melakukan keperluan lainnya. Dengan begitu, mereka bisa langsung mengajukan sakit atau izin lainnya dengan cepat tanpa harus datang ke kantor.

 

Mengajukan Lembur

Selain mengajukan izin, aplikasi ini juga dapat melakukan pengajuan lembur karyawan. Sistem akan mencatat waktu lembur yang digunakan karyawan secara otomatis 

 

Baca Juga: Contoh dan Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Kerja

 

Manfaat Aplikasi Absen Karyawan

Penggunaan aplikasi absen karyawan selama masa WFH ini tentu akan memudahkan pihak manajemen dalam mencatat kehadiran karyawan serta memudahkan pihak karyawan untuk melakukan absensi.

Dengan kemudahan tersebut, proses kerja yang dilakukan melalui rumah ini tetap bisa dilakukan dengan lancar walau seluruh karyawan tidak berada di satu lokasi yang sama. Seluruh proses yang berkaitan dengan absensi atau kehadiran karyawan bisa dilakukan hanya dengan menggunakan 1 aplikasi yang sama.

Sehingga, manfaat dari aplikasi absensi karyawan LinovHR akan membuat produktivitas dan kinerja karyawan meningkat walau sedang masa WFH.

 

Kiat Memilih Absens Karyawan yang Tepat

Untuk melancar kegiatan kerja di rumah, tentunya Anda harus memilih aplikasi absensi karyawan yang tepat untuk menunjang pekerjaan. Lalu bagaimana agar bisa menemukan aplikasi yang tepat? Ikut tipsnya berikut ini!

 

Periksa Kelengkapan Fitur

Periksalah kelengkapan fitur yang terdapat dalam aplikasi. Karena bekerja dari rumah, aplikasi yang Anda pilih harus bisa memenuhi seluruh kegiatan absensi yang bisa dikerjakan hanya dengan 1 sistem saja.

 

Pastikan Dapat Menampung Seluruh Karyawan Anda

Selanjutnya, pilihlah aplikasi yang memiliki kapasitas sesuai dengan jumlah karyawan di perusahaan. Jika Anda memilih aplikasi dengan kapasitas yang kecil akan menghambat proses absensi dan sistem kerja lainnya.

 

Lihatlah Daftar Riwayat Client atau Pengguna

Untuk lebih memastikan Anda, cobalah untuk melihat daftar riwayat klien atau pengguna yang pernah bekerja sama dengan layanan penyedia aplikasi absensi. Jika mereka memiliki daftar riwayat pengguna yang cukup banyak dan terdiri dari perusahaan terkemuka, dipastikan bahwa aplikasi tersebut dapat dipercaya.

 

Sesuaikan dengan Anggaran Perusahaan

Agar bisa memanfaatkan aplikasi ini tentunya terdapat biaya yang harus Anda keluarkan. Maka dari itu, pilihlah aplikasi yang sesuai dengan anggaran perusahaan. Namun jika Anda menggunakan LinovHR, harga yang ditawarkan akan sesuai dengan jumlah karyawan yang ada dalam perusahaan. Sehingga Anda bisa lebih berhemat dan tetap mendapatkan fitur-fitur yang diinginkan.

 

Baca Juga: Aplikasi Penting yang Bisa Digunakan Saat WFH

 

Itu tadi adalah pembahasan mengenai pemilihan aplikasi absensi untuk melancarkan pekerjaan selama WFH. Untuk memudahkan Anda dalam memilih, langsung saja gunakan Aplikasi Absen Karyawan dari LinovHR!

Dengan LinovHR, Anda bisa mendapatkan fitur-fitur yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan harga yang terjangkau. LinovHR juga dipercaya oleh banyak perusahaan besar untuk mengurusi absensi karyawan di berbagai bidang kerja yang berbeda.

Selain itu, aplikasi ini dapat melakukan pekerjaan secara otomatis, dapat diakses secara online, dan memiliki tingkat keamanan yang sangat tinggi. Jadi, data perusahaan Anda akan tersimpan dengan sangat baik dan aman. Kami akan menjaga kerahasian data perusahaan agar tidak terjadi kehilangan, kerusakan, atau penjualan data perusahaan kepada pihak lain.

Hilangkan kerumitan dalam pengelolaan absensi dan segera beralih ke aplikasi absen karyawan dari LinovHR untuk solusi absensi WFH yang praktis! Untuk mendapatkan informasi mengenai kelengkapan fitur, hubungi Customer Service LinovHR sekarang juga!