Contoh CV ATS Friendly yang Benar, Dijamin Dilirik HRD!

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

contoh cv ats
Isi Artikel

Bagi para pelamar kerja, mungkin Anda sudah tidak asing lagi ketika mendengar istilah CV ATS friendly. Tetapi apakah Anda sudah mengetahui bagaimana contoh CV ATS?

Pada dasarnya CV (Curriculum Vitae) atau daftar riwayat hidup adalah salah satu persyaratan utama ketika Anda ingin melakukan kegiatan pelamaran kerja.

Namun, penyusunan CV sendiri harus diperhatikan secara baik dan benar, agar CV yang Anda miliki bisa terbaca oleh sistem yang digunakan oleh perusahaan.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana membuat CV ATS friendly yang benar guna menghindari terkena resume parsing oleh rekruiter. Untuk mengetahuinya, simak artikel LinovHR berikut sampai tuntas!

 

 

Perbedaan CV ATS Friendly dan CV Kreatif

CV ATS friendly adalah salah satu format CV yang dibuat dengan tujuan agar tulisan maupun informasi yang tercantum bisa terbaca oleh teknologi yang dinamakan dengan Applicant Tracking System (ATS). 

ATS sendiri merupakan sebuah teknologi yang dapat membantu para recruiter dalam melakukan screening CV sebelum melanjutkan ke proses yang lebih jauh lagi. 

Selain menggunakan CV ATS friendly, para pekerja biasanya juga menggunakan CV dalam bentuk yang kreatif. Biasanya CV kreatif digunakan pada bidang-bidang pekerjaan yang membutuhkan kreatifitas ketika menjalani pekerjaannya seperti desain grafis, content writer, social media, dan lain sebagainya.

CV kreatif sendiri bertujuan untuk menarik perhatian para recruiter melalui format CV yang out of the box atau jarang ditemukan pada kandidat lainnya.

 

Kapan Harus Menggunakan Contoh CV ATS Friendly? 

Jika CV kreatif digunakan ketika melamar ke bidang pekerjaan kreatif, lalu bagaimana jika CV ATS friendly

Biasanya, para pekerja akan menggunakan format contoh CV ATS ketika melamar ke beberapa bidang pekerjaan, di antaranya adalah sebagai berikut.

 

  1. Ketika Melamar ke Perusahaan Besar

Jika Anda ingin melamar pada perusahaan besar, maka sudah seharusnya Anda menggunakan CV ATS friendly agar informasi yang Anda cantumkan dapat terbaca oleh mesin ATS yang digunakan oleh perusahaan.

Karena biasanya, perusahaan besar akan menggunakan perangkat lunak ATS guna mempercepat proses seleksi yang mereka lakukan.

 

  1. Ketika Melamar Beasiswa Skala Besar

Tak hanya digunakan untuk melamar pekerjaan, CV ATS friendly juga dapat digunakan dalam melamar beasiswa dengan skala yang besar.

Hal ini dilakukan agar CV yang Anda miliki terlihat lebih profesional dan memudahkan para recruiter untuk membaca resume yang Anda miliki.

 

Baca Juga: Cara Membuat CV ATS Friendly yang Baik dan Benar

 

Standarisasi CV ATS Friendly 

Dengan adanya kecanggihan teknologi, membuat CV menjadi hal yang mudah karena Anda bisa membuat CV secara online melalui berbagai website cv builder baik luar maupun dalam negeri.

Namun, agar CV yang Anda miliki dapat terbaca pada sistem ATS perusahaan, maka Anda harus menerapkan beberapa standarisasi terhadap CV ATS friendly, di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Menggunakan font standar seperti Arial, Helvetica, Times New Roman, atau font standar lainnya
  • Menggunakan bahasa Inggris agar memudahkan mesin ATS membaca konten resume seperti skill atau pengalaman yang tercantum
  • Sebaiknya tidak lebih dari 2 lembar karena jumlah halaman akan mempengaruhi keterbacaan CV
  • Ukuran font tidak boleh kurang dari 11
  • Mencantumkan data diri seperti nama, alamat email, dan nomor telepon
  • Menggunakan desain CV yang sederhana, CV ATS friendly biasanya akan menggunakan hitam dan putih

 

Mengapa Harus Menggunakan CV ATS Friendly?

Adapun beberapa alasan mengapa para pelamar kerja harus menggunakan format CV ATS friendly, di antaranya adalah sebagai berikut.

 

  1. Banyak Perusahaan yang Menggunakan Teknologi ATS

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, biasanya perusahaan-perusahaan besar akan menggunakan teknologi ATS yang dapat mempermudah mereka dalam mempercepat proses seleksi.

Maka dari itu, sangat penting bagi Anda untuk menggunakan CV ATS yang friendly agar dapat terbaca pada teknologi ATS yang digunakan oleh perusahaan.

 

  1. Teknologi ATS Dipakai Pada Tahap Awal Perekrutan

Tahap perekrutan pertama yang paling umum dilakukan oleh perusahaan adalah dengan melakukan screening CV terhadap kandidat-kandidat yang melamar pada perusahaannya.

Dalam hal ini, perusahaan akan menggunakan teknologi ATS pada tahap awal perekrutan.

 

  1. Lebih Mudah dan Lebih Cepat untuk Dibaca Oleh Manusia

Walaupun perusahaan yang akan Anda lamar tidak menggunakan teknologi ATS, bukan berarti Anda harus mengabaikan standarisasi format CV ATS friendly seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Karena CV ATS friendly akan lebih mudah dibaca oleh para recruiter.

 

Dos dan Don’ts saat Membuat CV ATS Friendly 

Membuat CV ATS itu gampang-gampang susah, agar tidak salah coba ikuti do dan dont’s dalam membuat CV ATS friendly berikut ini:

 

  1. Dos

  • Menggunakan keyword yang relevan dengan apa yang tercantum pada iklan pekerjaan
  • Bullet dan numbering
  • Memperjelas singkatan, contohnya SEO menjadi Search Engine Optimization
  • Menyesuaikan isi CV dengan posisi yang akan dilamar
  • Menggunakan heading terpisah dengan bagian CV
  • Memformat CV secara ringkas dan professional

 

  1. Don’ts 

  • Memasukkan foto dan gambar
  • Menggunakan icon dan bagan
  • Menggunakan singkatan tanpa memperjelas singkatan tersebut
  • Memasukkan 1 CV untuk berbagai posisi di perusahaan yang sama
  • Menggunakan tabel untuk memisah bagian CV
  • Menggunakan desain yang unik dan kreatif

 

Contoh CV ATS Friendly 

Untuk mempermudah Anda dalam pembuatan CV ATS friendly, berikut adalah beberapa contoh CV ATS yang bisa dijadikan acuan.

 

  1. Contoh CV ATS Friendly Bahasa Indonesia 

Contoh CV ATS Friendly Bahasa Indonesia 
Sumber: pelangifortunaglobal.com

 

  1. Contoh CV ATS Fresh Graduate Tanpa Pengalaman

Bila Anda belum memiliki pengalaman kerja, di dalam bagian pengalaman kerja, Anda bisa memasukkan projek kuliah atau organisasi yang pernah Anda ikuti. Pastikan projek tersebut punya korelasi dengan pekerjaan yang Anda lamar.

Contoh CV ATS Fresh Graduate 
Sumber: kinobi.asia

 

  1. Contoh CV ATS Friendly Bahasa Inggris

Contoh CV ATS Friendly Bahasa Inggris
Sumber: Slideshare.net

 

  1. Contoh CV ATS Friendly Untuk Magang 

Contoh CV ATS Friendly Untuk Magang
Sumber: wongcerdas.com

 

 

  1. Contoh CV ATS Lulusan SMA

Contoh CV ATS Lulusan SMA
Sumber: resumecompanion.com

 

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa contoh CV ATS yang bisa Anda jadikan acuan dalam membuat CV. Anda harus memperhatikan, kapan waktu yang tepat menggunakan CV jenis ini. Karena, banyak perusahaan yang sudah menerapkan screening kandidat dengan menerapkan teknologi ATS.

Semoga pembahasan di atas dapat bermanfaat!

Tentang Penulis

Picture of Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Picture of Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter