Dark Core Personality Test di Dunia Profesional, Perlukah?

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

Dark Core Personality Test di Dunia Profesional, Perlukah?
Isi Artikel

Dalam upaya memahami perilaku manusia, para psikolog mengembangkan berbagai alat dan metode untuk mengidentifikasi sifat-sifat kepribadian tersebut.

Salah satu bentuk pendekatan yang semakin populer saat ini adalah dark core personality test. Tes ini dirancang untuk mengungkap latar belakang tersembunyi perilaku gelap manusia seperti antisosial, manipulatif, dan tidak etis.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai dark core personality test, perlu Anda pahami terlebih dahulu tentang definisinya melalui artikel di bawah ini.

Definisi dan Fungsi dari Dark Core Personality Test

Mashagen, Ph.D., Hilbig, Ph.D., and Zettler, Ph.D., menjelaskan bahwa dark core personality merupakan inti dari beberapa sifat gelap yang dimiliki oleh sebuah individu.

Inti kepribadian ini tersusun dari tiga komponen utama, antara lain narsisme, machiavellianisme, dan psikopati yang disebut dengan dark triad personality.

Berdasarkan teori yang dikembangkan oleh Paulhus D. L., & Williams, K. M. (2002), dark triad personality adalah pertengahan antara kepribadian klinis dan normal. Kepribadian ini berpotensi mempengaruhi kesehatan mental seseorang dan kondisi lingkungan di sekitarnya.

Melalui definisi dan ciri-cirinya yang mengarah pada situasi tidak menyenangkan, seseorang yang memiliki sifat tersebut tidak serta merta bertindak merusak.

Secara umum kita sebagai manusia pun memiliki sifat-sifat buruk yang tingkatan atau nilai ukurannya berbeda-beda. Salah satu cara untuk mengetahui hal tersebut adalah dengan menggunakan dark core personality test.

Tes ini merupakan salah satu instrumen dalam bidang psikologi, yang dirancang untuk mengukur kecenderungan seseorang terhadap perilaku negatif seperti antisosial, egois, kebencian, dan lain sebagainya.

Cara kerja tes ini mengintegrasikan penilaian ke berbagai aspek dari dark triad personality (narsisme, machiavellianisme, dan psikopati) ke dalam satu kerangka analisis yang komprehensif, guna memberikan wawasan mendalam mengenai potensi kepribadian gelap suatu individu.

Dengan menggunakan dark core personality test, Anda dapat mengeksplorasi latar belakang atas tindakan seseorang, mengidentifikasi risiko serta merumuskan strategi yang lebih efektif untuk konteks personal maupun profesional.

Sederhananya, dark core personality dapat menentukan seberapa rentan seseorang memiliki ciri-ciri kepribadian gelap dan menunjukkan perilaku yang dipertanyakan secara moral serta etika dalam kehidupan sehari-hari.

Ciri-ciri ini mungkin dapat diibaratkan seperti memanipulasi seseorang untuk melakukan aktivitas demi kepentingan pribadi dan bukan menyukseskan kepentingan kelompok.

Baca juga: 7 Alasan Mengapa HRD harus Kuasai Psikologi Kepribadian

Perlukah HR Melakukan Tes Kepribadian Sisi Gelap?

Penerapan tes kepribadian sisi gelap di perusahaan sangat diperlukan. Memang, candidate persona sangat penting untuk diperhatikan dalam proses rekrutmen. Namun penting pula untuk memahami kepribadian calon karyawan, terutama bila memiliki dark core personality.

Tes ini dapat membantu HR sebagai rekruter dalam memahami perilaku seorang calon karyawan, tindak tanduk mereka di tempat kerja dan kecocokan pada lingkungan perusahaan.

Selain itu penerapan dark core personality ini juga berguna untuk menghindari kandidat karyawan yang rentan terhadap sifat gelap, yang dapat berpotensi melakukan perilaku tidak etis, manipulatif, dan merugikan, serta menciptakan lingkungan kerja yang tidak sehat.

Namun secara keseluruhan, jika implementasi tes kepribadian ini digabungkan dengan tes-tes lainnya selama proses perekrutan akan memberikan gambaran yang lebih lengkap mengenai potensi serta kompetensi calon karyawan.

Baca juga: 8 Jenis Tes Psikologi yang Menguak Habis Karakter Calon Karyawan

Tools untuk Melakukan Dark Core Personality Test

Seperti yang sudah ditekankan dalam pengertiannya, Anda dapat melakukan tes kepribadian ini secara pribadi. Hal tersebut guna mengetahui tingkat sisi gelap yang Anda punya.

Tentu! Jika Anda tertarik mengukur intensitas “dark core” dalam kepribadian Anda, ada beberapa tes yang dapat membantu. Berikut beberapa di antaranya:

1. IDRlabs Dark Core Personality Test

Tes dari IDRlabs mampu mengukur tingkat kesepakatan Anda terhadap 45 item terkait dengan dark core personality beserta contohnya di kehidupan nyata. Hasil dari tes ini berupa dari skala satu sampai sembilan terkait dengan dark core of personality yang Anda miliki.

2. Personality Assessor

Selanjutnya, tes personality assessor. Tes ini menghasilkan ukuran sisi terang (big five) dan sisi gelap (dark triad) kepribadian Anda. Tes ini kurang lebih memiliki 130 pertanyaan yang dapat diselesaikan dalam kurun waktu 15 menit.

3. Quiz Expo Dark Core Test

Berikutnya ada Quiz Expo Dark Core Test, yang mampu mengukur seberapa jahat dan kejam Anda. Tes ini mengharuskan menjawab 20 pertanyaan sederhana untuk mengetahui apakah Anda memiliki sisi jahat atau tidak.

4. Dark Triad Personality Test

Terakhir Dark Triad Personality, sesuai dengan namanya tes ini bertujuan untuk mengukur tiga karakteristik gelap kepribadian, antara lain machiavellianisme, narsisme, dan psikopat.

Mudahkan Manajemen Rekrutmen dengan Software Rekrutmen LinovHR

Proses rekrutmen memang tidak mudah, terdapat banyak hal yang perlu diperhatikan untuk menemukan kandidat yang tepat. Salah satu solusi cerdas dalam mempermudah proses rekrutmen adalah dengan software rekrutmen dari LinovHR.

Proses rekrutmen menjadi lebih cepat karena setiap prosesnya sudah terdigitalisasi. Rekruter pun dapat memilih tahapan rekrutmen sesuai dengan kebutuhan. Akses data kandidat pun mudah dan lengkap, rekruter dapat melihat laporan kandidat aktif hingga yang berada dalam daftar blacklist.

Bagaimana? Menarik sekali bukan? Temukan kandidat yang tepat untuk perusahaan Anda dengan software rekrutmen LinovHR. Segera ajukan demonya sekarang juga!

Tentang Penulis

Picture of Harya Hafiz Khairan
Harya Hafiz Khairan

Seorang lulusan prodi Jurnalistik Politeknik Negeri Jakarta. Kini fokus menulis tentang HR, Teknologi, Game, dan Gaya Hidup. Aktif juga dalam membuat beberapa puisi.

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Picture of Harya Hafiz Khairan
Harya Hafiz Khairan

Seorang lulusan prodi Jurnalistik Politeknik Negeri Jakarta. Kini fokus menulis tentang HR, Teknologi, Game, dan Gaya Hidup. Aktif juga dalam membuat beberapa puisi.

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter