foto lamaran kerja yang profesional

Cari Tahu Tips Foto Lamaran Kerja yang Profesional!

Ketika Anda sedang mencari suatu pekerjaan, sudah sewajarnya untuk mempersiapkan foto lamaran kerja. Baik itu di CV, profil LinkedIn, atau pada profil-profil portal lapangan kerja yang pastinya membutuhkan foto.

Selain agar terlihat lebih profesional, menyisipkan foto pada lamaran kerja menjadi nilai tambah bagi seseorang yang sedang mencari pekerjaan.

Sayangnya, masih banyak di antara pencari kerja yang masih bertanya-tanya bagaimana mempersiapkan foto untuk aplikasi pekerjaan yang baik dan benar.

Padahal, secara tidak langsung terdapat beberapa aturan dalam membuat foto pada lamaran kerja yang semestinya dipahami baik oleh setiap para pencari kerja.

Dimulai dari bagaimana berpose, baju apa yang seharusnya digunakan, serta bagaimana background yang tepat.

Dalam artikel ini, kami akan membahas lebih jauh mengenai tips foto lamaran kerja yang profesional agar Anda dapat mempersiapkannya jauh lebih baik.

 

Tips Membuat Foto Lamaran Kerja

Meskipun bukan merupakan syarat yang mutlak dalam melamar pekerjaan, melampirkan foto pada lamaran kerja pastinya dapat meningkatkan potensi untuk dilirik oleh HRD.

Tentunya foto yang ditampilkan harus profesional serta memperlihatkan wajah yang jelas. Hal ini akan memudahkan HRD untuk mengidentifikasi diri Anda pada saat melihat CV Anda.

Simak beberapa tips foto untuk lamaran kerja yang profesional sehingga memudahkan Anda mendapatkan panggilan interview.

 

Memakai Pakaian yang Rapi

Sudah menjadi hal yang jelas bahwa menggunakan pakaian yang rapi pada foto untuk lamaran kerja merupakan hal yang patut. Anda dapat menggunakan beberapa pakaian seperti kemeja berkerah, blazer, atau jas agar terlihat lebih profesional.

Hindari menggunakan baju yang kusam atau yang tidak sopan. Hal ini dapat berpotensi mengurangi tingkat profesionalitas Anda dalam penilaian.

 

Pastikan Wajah Anda Terlihat Jelas

Foto profil pada CV atau portal pekerjaan yang digunakan untuk melamar pekerjaan sudah tentu harus memperlihatkan wajah Anda secara jelas. Pastikan juga Anda menghadap jelas ke depan sehingga wajah terlihat sempurna. Hal ini akan membuat HRD lebih mudah mengenali diri Anda.

Selain itu, agar terlihat rapi dan profesional Anda diharapkan untuk menyisir rambut . Usahakan juga foto wajah yang ditampilkan memperlihatkan telinga dengan mengikat rambut khususnya bagi perempuan agar terlihat lebih rapi.

 

Tunjukkan Pose Profesional

Untuk mendapatkan foto lamaran kerja yang profesional tentunya Anda juga harus berpose secara profesional. Artinya adalah Anda tidak diperkenankan untuk berpose secara berlebihan seperti mengangkat jari, memajukan bibir, atau mengerutkan bibir.

Selain tidak menunjukkan sikap profesionalitas, foto yang demikian akan menimbulkan kesan tidak serius. Jadi, Anda harus bersikap sopan dan profesional sekalipun dalam foto lamaran kerja.

 

Jangan Gunakan Foto Selfie

Meskipun bagus untuk foto profil di media sosial, namun foto selfie sebaiknya tidak digunakan ketika Anda sedang melamar pekerjaan. HRD akan menilai bahwa Anda tidak profesional dan malas dalam mempersiapkan diri.

Lebih baik Anda menggunakan jasa foto profesional agar mendapatkan hasil yang baik. Seperti layaknya pas foto, Anda akan mendapatkan hard copy dan soft copy yang dapat Anda sisipkan di lamaran kerja.

 

Hindari Foto Blur

Menyisipkan foto untuk lamaran kerja dalam hindari untuk menampilkan foto yang beresolusi rendah. Hal ini akan membuat foto yang disisipkan terlihat blur atau pecah. Apalagi, jika Anda mencetaknya dalam bentuk pas foto mendapatkan hasil yang buruk.

Pastikan resolusi foto yang Anda tampilkan memiliki resolusi yang cukup besar. Tentunya dengan foto yang memiliki resolusi cukup membuat foto untuk lamaran kerja yang Anda tampilkan terlihat jelas.

 

Baca Juga: 6 Alasan Mengapa Kreativitas Penting dalam Pekerjaan

 

Gunakan Background yang Tepat

Memilih background foto lamaran kerja sangat disarankan berdasarkan permintaan perusahaan. Terdapat beberapa perusahaan yang meminta pelamar untuk menggunakan warna background tertentu seperti warna putih, merah, dan biru. Namun juga banyak perusahaan yang membebaskan warna background tertentu.

Pada poin ini, Anda sangat disarankan untuk mencari informasi yang lengkap mengenai persyaratan untuk melamar pekerjaan di perusahaan tersebut.

 

Berdandan Sewajarnya

Pastinya setiap pelamar ingin menampilkan foto terbaiknya dalam CV. Namun, bukan berarti Anda harus berdandan layaknya ingin pergi ke pesta. Sebaiknya Anda berdandan sewajarnya agar wajah yang terlihat di foto lamaran kerja tidak pucat.

 

Baca Juga: Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

 

Itulah beberapa tips memasang foto lamaran kerja yang profesional. Pastinya Anda sudah tahu bagaimana mempersiapkan foto yang baik untuk digunakan dalam melamar pekerjaan. Semoga artikel ini membantu.