Categories: BeritaRegulation

Hak dan Kewajiban Warga Negara: Kenali Lebih Dalam

Setiap orang yang tinggal di sebuah negara tentu memiliki kewarganegaraan. Memiliki status sebagai warga negara tertentu memiliki kekuatan hukum tertentu yang mengikat. Dalam pengaturan kewarganegaraan, Anda juga akan dikenai hak dan kewajiban tertentu. Bagi Anda yang ingin melihat lebih dalam soal hak dan kewajiban warga negara ini, mari bahas bersama dalam artikel berikut ini!

Apa Sebenarnya Warga Negara Itu?

Secara sederhana, warga negara adalah seseorang yang diakui sebagai anggota legal dari suatu negara. Dalam hal ini, Anda akan memiliki kartu dan dokumen legal yang menguatkan posisi Anda sebagai warga negara.

Kewarganegaraan biasanya memiliki peraturan berbeda untuk setiap negara. Untuk Indonesia, misalnya, Anda harus cek UU no. 12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia. Dalam UU ini, ada beberapa poin tentang apa yang membuat Anda masuk menjadi warga negara Indonesia.

Apa Itu Hak dan Kewajiban Warga Negara?

Nah, sebagai warga negara, tentu Anda memiliki hak dan kewajiban. Hal ini berlaku dan mengikat secara hukum yang berlaku di negara itu. Untuk lebih memahami masing – masing pengertiannya, berikut adalah penjelasannya:

Hak Warga Negara

Hak adalah sesuatu yang mutlak dimiliki seseorang. Sedangkan hak warga negara adalah kuasa menerima sesuatu sesuai peraturan dari negara yang berlaku. Jadi selama Anda tergolong warga negara tertentu, Anda bisa memiliki kuasa atas hal – hal tertentu.

Sebagai contoh, sebagai warga negara Indonesia, Anda memiliki hak perlindungan dan rasa aman. Jadi perangkat negara seperti Polisi ataupun TNI harus melindungi Anda tanpa membeda – bedakan. Contoh lain adalah hak atas pekerjaan dan kehidupan yang layak. Dalam hal ini, selama Anda ada di Indonesia, Anda bebas mencari nafkah, bekerja dan melakukan kegiatan ekonomi demi kesejahteraan diri.

Baca Juga: Kenali Jenis Pangkat, Golongan dan Ruang dalam PNS Sebelum Jadi PNS

Kewajiban Warga Negara

Untuk kewajiban, hal ini adalah sesuatu yang mengikat dan harus Anda penuhi. Hal ini banyak dipandang sebagai beban dan menekan, tapi sesungguhnya hal ini mengikat untuk memastikan Anda mendapatkan hak tertentu.

Dalam hal warga negara, kewajiban ini adalah hal yang wajib dilakukan oleh seseorang untuk mempertahankan status warga negaranya. Untuk beberapa orang, melaksanakan kewajiban ini memberikan kebanggaan karena partisipasinya mendukung negara.

Untuk contoh kewajiban ini, Anda bisa melihat hal seperti pajak. Pajak adalah pembayaran yang dilakukan sebagai tanggung jawab atas segala sesuatu yang Anda lakukan di negara tertentu. Misal saja memiliki rumah di negara tertentu, Anda wajib membayar pajak bumi dan bangunan karena pembangunan tempat tinggal di tanah negara tersebut.

Baca Juga: Manfaat Pajak dan Jenis-jenisnya di Indonesia

Jenis – Jenis Hak dan Kewajiban Warga Negara

Dalam setiap negara, biasanya ada hak dan kewajiban tertentu. Setiap negara menentukan hak dan kewajiban sesuai dengan ideologi yang mereka percaya. Di China dan Rusia misalnya, Anda akan temukan hak dan kewajiban berbeda dari Indonesia karena mereka menganut komunisme sebagai ideologi. Di sisi lain, budaya dan demografi sosial negara juga bisa berpengaruh soal hak dan kewajiban ini.

Contoh saja, hak menikah. Di Indonesia, sesama jenis tentu tidak mendapatkan hak menikah di sini karena budaya dan kepercayaan yang dominan di negara ini. Tapi di Belanda yang sudah mengakui hubungan sesama jenis, pernikahannya juga diakui.

Walaupun berbeda – beda, penggolongan umumnya masih bisa dilihat. Untuk membuat hal ini lebih jelas, mari lihat penggolongan hak dan kewajiban warga negara berikut ini:

Jenis Hak Warga Negara

Dalam negara, ada beberapa hal yang bisa Anda nikmati sebagai warga negara tersebut. Negara tidak bisa mengindahkan dan menginjak hak yang ada di bawah ini:

1. Hak Hidup

Setiap warga negara memiliki hak untuk hidup. Hal ini juga sudah diakui sebagai HAM di mata organisasi dunia. Jika negara tidak memenuhi hak ini, maka negara tersebut bisa menjadi musuh negara – negara lainnya.

Di Indonesia sendiri, hak hidup ini sudah dijunjung tinggi dengan pemberian support untuk pengobatan murah. Selain itu, untuk yatim piatu dan orang yang terbelakang mentalnya, hak hidup mereka dijamin pemerintah dengan mendirikan banyak fasilitas yang bisa menampung dan mendukung hidup golongan orang tersebut.

2. Hak Pengakuan Hukum

Setiap warga negara memiliki hak untuk dipandang sama di mata hukum. Untuk hal ini, setiap orang akan memiliki kesempatan sama untuk dilindungi oleh hukum negara yang berlaku. Jadi presiden sekalipun melakukan kejahatan terhadap Anda, hukum tetap harus melindungi Anda karena di mata hukum negara, Anda dan presiden dianggap sama.

3. Hak Atas Pengembangan diri dan Kegiatan Ekonomi

Warga negara tentu diberi kebebasan untuk mengembangkan diri dan melakukan kegiatan ekonomi. Pengembangan diri ini bisa berupa pengembangan pendidikan ataupun standar hidup. Untuk pendidikan, contohnya haknya sudah jelas di Indonesia. Setiap anak memiliki kesempatan mudah untuk belajar dan sekolah tanpa dipersulit oleh negara.

Untuk pengembangan standar hidup dengan melakukan kegiatan ekonomi, hal ini juga dijamin di Indonesia. Siapapun Anda, tentu memiliki hak melakukan usaha dan bisnis asalkan sejalan dengan peraturan. Jadi jika Anda ingin menanam pohon buah dan menjual hasilnya, semua bebas dan tidak ada yang melarang.

4. Hak Pembentukan Keluarga dan Keturunan

Semua orang tentu ingin memiliki keluarga dan meneruskan keturunannya. Hal ini merupakan salah satu hak yang Anda miliki dan dijaga oleh negara. Warga negara bahkan bisa menikmati pengakuan dan perlindungan hukum seputar keluarga dan keturunan ini.

Untuk contohnya di Indonesia, Anda tentu bisa mengurusi dokumen resmi tentang pernikahan. Hal ini merupakan bentuk pengakuan Indonesia atas upaya Anda membentuk keluarga. Menggunakan dokumen resmi ini, Anda nantinya bisa mengurusi segala urusan keluarga Anda di Indonesia dengan lebih mudah.

5. Hak untuk Kebebasan

Warga negara tentu memiliki kebebasan tertentu diluar apa yang dipandang illegal oleh negara. Kebebasan ini meliputi kebebasan menyatakan pendapat, kebebasan berkegiatan, kebebasan dari rasa takut, kebebasan menentukan pilihan dan kebebasan memeluk kepercayaan tertentu.

Di Indonesia, kebebasan memeluk kepercayaan memang dibatasi untuk agama – agama tertentu, tapi hal ini bukan berarti Anda tidak bisa memegang kepercayaan dengan bebas. Hal seperti kepercayaan Jawa adalah hal yang biasa Anda pilih dan lakukan asalkan tidak mengganggu warga negara lain.

6. Hak Atas Perlindungan dan Keamanan

Negara tentu memiliki sistem pertahanan dan keamanan, hal ini digunakan untuk melindungi negara dan segala perangkatnya. Dalam perangkat ini, warga negara adalah salah satu bagian di dalamnya. Karena itu, warga negara tentu memiliki hak untuk perlindungan dan keamanan dari negara tersebut.

Contohnya di Indonesia, polisi, pemadam kebakaran dan TNI adalah perangkat yang sengaja di bangun untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarkat. Selama hal perangkat ini berfungsi baik, Anda sebagai warga negara bisa menjalani kehidupan dengan aman dan tenang.

Jenis Kewajiban Warga Negara

Setelah membahas tentang jenis hak yang Anda miliki sebagai warga negara, Anda tentunya akan diberikan kewajiban. Melakukan kewajiban sebagai warga negara akan memastikan negara dan warga negara lain bisa menjaga hak Anda. Berikut adalah jenis – jenis kewajiban tersebut:

1. Kewajiban Mengikuti Hukum yang Berlaku

Hukum adalah sesuatu yang harus dijunjung oleh semua warga negara. Jika ada seseorang yang tidak menghormati dan bertindak menyalahi hukum, ia bisa menjadi sumber kerugian bagi warga negara lain. Menyebabkan kerugian bagi warga negara lain tentu bisa dibilang menginjak hak mereka. Karena itu, setiap warga negara harus mematuhi hukum yang berlaku.

Sebagai contoh, peraturan lalu lintas di Indonesia. Jika ada orang yang tidak mengikuti hukum lalu lintas dan malah berkendara sesukanya. Mereka bisa saja menyebabkan kecelakaan dan merenggut nyawa pengendara lain. Di Indonesia, hal ini merupakan tindakan kriminal dan bisa menyebabkan orang tersebut dipenjara karena menyalahi aturan.

2. Kewajiban Bela Negara

Tergantung negaranya, kewajiban bela negara ini akan berbeda. Tapi umumnya warga negara wajib membela dan melindungi kedaulatan negara saat ada serangan dari luar. Hal ini bisa dilakukan dalam beberapa bentuk. Sebagai contoh di Singapura ada kegiatan wajib militer yang melatih warga negara untuk bisa berlaku sebagai tentara saat ada musuh yang menyerang negara tersebut.

3. Kewajiban Pajak

Pajak adalah bayaran yang wajib dilakukan oleh warga negara. Mengapa pajak ini dilakukan? Hal ini berhubungan dengan keberlangsungan negara. Tanpa uang, tentu negara tidak bisa beroperasi dengan baik. Hal seperti pembangunan jalan dan operasi perangkat negara hanya bisa berjalan baik karena warga negara membayar pajak.

Untuk contoh kewajiban pajak sendiri tentu Anda banyak. Di Indonesia sendiri contohnya ada pajak bumi dan bangunan bagi pemilik properti dan tanah, pajak kendaraan bagi pemilik kendaraan serta pajak pendapatan bagi seseorang yang mendapatkan gaji sebagai pegawai.

Selama Warga Negara sebagai Wajib Pajak memenuhi kewajiban pembayaran dan pelaporan pajaknya dengan benar dan tepat waktu, maka tak ada yang perlu dikhawatirkan jika suatu saat diperiksa oleh tim pemeriksa DJP, karena hak Anda sebagai WP dijamin dalam Undang-Undang dan pelaksanaannya yang profesional di lapangan.

Bagaimana menurut Anda soal bahasan hak dan kewajiban warga negara di atas? Mudah – mudahan bahasan ini mampu menambah wawasan dan pengetahuan Anda sebagai warga negara.

Admin LinovHR

Recent Posts

10 Cara Menjaga Profesionalisme di Lingkungan Kerja

Profesionalisme didefinisikan sebagai perilaku individu di tempat kerja. Profesionalisme adalah refleksi dari perjalanan karir seseorang.…

18 jam ago

9 Tips Meeting Efektif dalam Perusahaan

Meeting atau pertemuan digunakan untuk membahas suatu topik atau masalah dalam perusahaan untuk mengejar keberhasilan…

24 jam ago

8 Soft Skill Wajib untuk Fresh Graduate Agar Cepat Kerja

Soft skill adalah kemampuan karakter pribadi seseorang dalam interaksi dan meningkatkan kemampuan individu. Hal ini…

2 hari ago

Pengaruh Globalisasi Ekonomi di Indonesia

Globalisasi ekonomi masih asing bagi sebagian orang awam. Mungkin yang lebih sering didengar oleh masyarakat…

5 hari ago

Manajemen Operasional: Mengapa Dibutuhkan dalam Perusahaan?

Manajemen operasional sangat penting bagi perusahaan dalam menghasilkan produk yang berkualitas dalam perusahaan manufaktur.  Mengapa…

5 hari ago

Ingin Jadi Account Executive? Berikut Skill Wajib nya!

Account executive cukup populer di kalangan pebisnis profesional karena terkenal dengan mobilitas yang sangat tinggi.…

6 hari ago