Software HRD

Software HRD dan 5 Keuntungan Utama Penggunaannya

Perkembangan teknologi dan lingkungan bisnis menyebabkan tantangan perusahaan semakin besar. Lingkungan bisnis yang semakin besar menyebabkan bertambahnya jumlah karyawan.  Perusahaan mulai menyadari betapa pentingnya kehadiran karyawan sebagai kunci utama performa perusahaan. Sebagai aset utama, tentunya manajemen karyawan menjadi tanggung jawab dari departemen HRD yang diberi amanat untuk mengelola dan mengembangkan kinerja karyawan. Kesadaran tersebut membuat banyak perusahaan mulai menggunakan Software HRD.

 

Apa itu Software HRD? 

Ada baiknya memahami secara singkat apa yang dimaksud dengan Software HRD sebelum mengetahui kemudahan yang akan ditawarkan. Kegiatan administrasi HRD sangatlah banyak dan melibatkan banyak data dan informasi karyawan. Karena proses administrasi yang terlalu berbelit, HRD sering merasa kesulitan dan tidak fokus dalam melakukan kinerjanya. Software inilah yang akan membantu HRD dalam menyelesaikan tugas administrasi HRD. 

Secara sederhana, software  HRD adalah perangkat lunak yang membantu perusahaan untuk mengelola data dan informasi karyawan berkaitan dengan administrasi seperti payroll, rekapitulasi absensi, perhitungan upah lembur, proses approval cuti, dan sebagainya. Data dan informasi yang tersimpan dijamin kerahasiaan dan keamanannya dalam cloud based server, dimana hanya orang atau pihak tertentu saja dalam perusahaan yang dapat mengaksesnya. 

 

Keuntungan Utama Software HRD

Arus teknologi melahirkan berbagai macam inovasi dalam sistem perusahaan. Dengan adanya software HRD, banyak tugas administrasi personalia yang dapat dengan mudah diselesaikan. Kini, para pelaku HRD dapat meninggalkan cara pencatatan yang konvensional, atau paperwork, maupun excel yang memakan waktu lama dan tidak saling terintegrasi. 

LinovHR adalah penyedia Software HRD ternama yang menawarkan berbagai macam kemudahan untuk perusahaan dan HRD dalam mengelola karyawan. Berikut 5  keuntungan utama yang ditawarkan oleh LinovHR.

 

Mengoptimalkan Efektivitas Waktu

Kesatuan dan sistem terpusat dari LinovHR memungkinkan para penggunanya untuk menghemat waktu kerja mereka. Seluruh data dan informasi saling terintegrasi akan mempermudah proses kinerja HRD.  Semua pekerjaan dilakukan dengan sistem yang otomatis tanpa tumpukan kertas yang mengganggu. Efektivitas waktu terjaga dan tugas administrasi personalisasi dapat diselesaikan dengan cepat juga tepat.

 

Baca juga : Ciptakan Budaya Paperless dengan Payroll Service 

 

Mempermudah Akses Informasi

Server berbasis cloud membantu tim HR dengan memudahkan akses informasi karyawan di perusahaan. Tidak hanya itu saja, karyawan juga dapat mengakses informasi pribadinya, sekaligus menambahkan atau mengeditnya. Akses tersebut dapat dilakukan melalui perangkat apa saja dan dimana saja selama masih terkoneksi dengan internet.

Dengan kata lain, karyawan juga dilibatkan secara aktif sehingga dapat meningkatkan rasa bangga mereka terhadap perusahaan. Data dan informasi yang ditambahkan atau diedit oleh karyawan dapat dilihat perubahannya secara real time saat itu juga ketika terjadi perubahan.

 

Baca Juga: Keamanan Informasi Karyawan dalam Aplikasi HRD

 

Secara singkat, LinovHR dapat menembus batasan atau barrier antara karyawan dan HRD atau atasan dalam hal mengenai personalia mereka, termasuk performa kerja, perkembangan, hingga pemakaian waktu cuti. Hal tersebut pastinya dapat membantu perusahaan dalam menjaga loyalitas dari tiap karyawannya.

 

Meminimalisir Biaya dan Error

Software HRD LinovHR membantu perusahaan dalam upaya meminimalisir pengeluaran biaya di setiap bulannya dan memperkecil kemungkinan terjadinya error. Dengan menggunakan LinovHR, jumlah admin HR tidak lagi perlu mendapatkan perhatian yang khusus dari perusahaan. Pasalnya, melalui penggunaan software HRD itu sendiri, efektivitas kerja tim HRD sudah dapat ditingkatkan. Hal ini tentunya berdampak positif untuk perusahaan, yang dapat mengurangi pengeluaran perusahaan untuk gaji karyawan tiap bulannya.

Selain itu, dengan menggunakan Software HRD LinovHR, kesalahan atau error yang sering dibuat oleh tim HR saat bekerja secara manual atau paperwork dapat diminimalisir. LinovHR, yang menggunakan manajemen administrasi database, sudah pasti dapat mengolah data dengan sangat baik dan rapi.

 

Memaksimalkan Kinerja Staf HRD 

Salah satu keuntungan paling spesial dalam menggunakan Software HRD adalah membuat kinerja staf HRD lebih mudah. Sehingga kinerja staf HRD  menjadi efektif dan efisien. Tugas administrasi yang berulang berulang dapat diotomatisasi dan terintegrasi dengan maksimal. Ketika tugas administrasi HRD sudah terselesaikan dengan baik, maka HRD dapat fokus kepada  tugas utama HRD yaitu mengembangkan dan mengelola karyawan. 

 

Baca Juga: 6 Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan Menurun

 

Menghasilkan Keputusan Strategis Lebih Cermat

Salah satu keterbatasan dari cara manual yang dilakukan HRD dalam mengelola karyawan adalah ketidakmampuan untuk melaporkan secara teratur, otomatis dan akurat matrik keputusan strategis. Software HRD yang berkualitas mampu memudahkan Anda untuk menemukan, menganalisis, dan melaporkan data untuk setiap fungsi di perusahaan. Dengan demikian, manajer dan stakeholder bisa  membuat keputusan yang lebih cerdas dan tepat sasaran. 

 

Nikmati Keuntungan Software HRD dengan LinovHR

Proses kelola karyawan dengan cara manual cukup merepotkan dibandingkan dengan teknologi. Untuk menghindarinya, sebaiknya perusahaan menggunakan Software HRD yang sudah terpercaya dalam dunia HRD. LinovHR hadir untuk mengatasi masalah yang dihadapi HRD seperti human error dan waktu yang lama dengan memberikan berbagai macam keuntungan yang tak bisa dirasakan perusahaan dengan menggunakan cara manual. Hubungi LinovHR dan konsultasikan kebutuhan perusahaan bersama tim spesialis kami.