manajemen anggaran

7 Tips Manajemen Anggaran dalam Pengelolaan Karyawan

Setiap perusahaan pasti ingin mengembangkan usahanya jauh lebih maksimal dari sebelumnya. Perkembangan tersebut mengharuskan perusahaan mengelola biaya seefisien mungkin. Salah satunya adalah biaya pengelolaan karyawan. Perusahaan harus menyeimbangkan antara efisiensi biaya dan pengelolaan karyawan tanpa mengurangi kualitas dari pengelolaan karyawan itu sendiri. Simak tips manajemen anggaran dalam pengelolaan karyawan berikut ini! 

 

1. Transparan dan Libatkan Seluruh Tim HR

Dalam bekerja, seorang manajer HR tidaklah seorang diri. Ada beberapa staff HRD yang siap membantu untuk merencanakan manajemen anggaran. Pelaksanaan manajemen anggaran haruslah transparan dan melibatkan seluruh tim demi kesuksesan penyusunan anggaran. Minta masukan dari beberapa staff HRD mengenai hal apa saja yang harus dimasukkan ke dalam anggaran.

 

2. Hati-hati Saat Rekrutmen

Setiap tahun perusahaan akan melakukan rekrutmen jika membutuhkan tenaga bantuan. Tentu saja rekrutmen pun mengeluarkan biaya tersendiri. HRD harus menganalisis semua hal sebelum memutuskan untuk melakukan rekrutmen, apakah rekrutmen benar-benar dibutuhkan? Apakah perusahaan akan melakukan rekrutmen internal dan eksternal? Hal semacam ini akan mempengaruhi manajemen anggaran dalam pengelolaan karyawan.

 

Baca Juga: Rekrutmen Eksternal dan Internal, Mana yang Paling Efektif? 

 

3. Lakukan Evaluasi Berkala 

Secara tidak langsung, evaluasi berkala akan berpengaruh terhadap manajemen anggaran. Karena evaluasi akan menghindari perusahaan dari kekeliruan yang dilakukan di periode sebelumnya. Seperti yang diketahui, kekeliruan dalam penyusunan anggaran membuat perusahaan mengeluarkan pengeluaran yang sebenarnya tidak begitu penting. Dengan evaluasi berkala, perusahaan bisa menghemat anggaran lebih cermat.  

 

4. Pahami Regulasi Penggajian di Periode Mendatang

Memberikan gaji adalah kewajiban perusahaan sebagai pemberi pekerjaan kepada karyawan. Akan tetapi, regulasi dan penetapan upah minimum umumnya akan berubah tiap tahun. Hal ini juga harus menjadi perhatian penting bagi HRD untuk mengalokasikan dana dan manajemen anggaran untuk penggajian. 

Jangan sampai perusahaan justru tidak memberikan gaji sesuai ketentuan yang berlaku dan justru bermasalah dengan urusan hukum. 

Proses penggajian tidaklah mudah. Ada berbagai komponen seperti:

  • Kehadiran Karyawan
  • Pajak 
  • Reimbursement
  • Tunjangan
  • Bonus
  • dan lainnya. 

reimbursement

 

Oleh karena itu ada baiknya perusahaan menggunakan Software Payroll. LinovHR Payroll System adalah solusi tepat untuk menjadi sistem payroll perusahaan. Ada banyak fitur menarik didalam Software Payroll LinovHR yang dapat memudahkan proses penggajian. Segera atur jadwal meeting demo software payroll LinovHR sekarang.

 

5. Investasi dalam Pelatihan dan Pengembangan 

Menyelenggarakan program pelatihan dan pengembangan karyawan memang memakan  biaya yang tidak sedikit. Namun, dampak dari pelatihan dan pengembangan sendiri cukup besar. Perusahaan dapat berinvestasi lebih besar dalam pengebangan karyawan. Mengapa demikian?

Sebab pelatihan dan pengembangan karyawan menjadikan karyawan lebih terampil. Di samping itu, pelatihan dan pengembangan karyawan juga akan mengurangi biaya akibat human error selama kinerja. Perusahaan yang rutin mengadakan pelatihan dan pengembangan pun juga ikut menurunkan tingkat turnover dalam perusahaan.

 

6. Fokus Pada Strategi

Tips selanjutnya dalam manajemen anggaran untuk pengelolaan karyawan adalah berfokus kepada strategi. Alih-alih disibukkan dengan berbagai tugas administrasi, lebih baik perusahaan fokus kepada penyusunan strategi. Karena semakin matang sebuah strategi disusun, semakin akurat dan tepat pula implementasinya. 

Namun, proses berbagai tugas administrasi dalam ruang lingkup pengelolaan karyawan sangat rumit dan memakan waktu lama. Untuk lebih fokus kepada penyusunan strategi, ada baiknya perusahaan menggunakan Software HRD dari LinovHR yang akan mengotomatisasi semua proses administrasi HRD.

 

Baca juga: Career Development: Strategi HR untuk Tingkatkan Karir Karyawan

 

7. Gunakan Software HRD

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, proses administrasi HRD dalam pengelolaan karyawan sering kali memakan waktu yang cukup lama. Jika dibiarkan, lama-lama HRD akan kewalahan dan justru tidak maksimal dalam mengelola karyawan. 

Software HRD dari LinovHR dapat membantu perusahaan mengelola karyawan jauh lebih hemat. Perusahaan tidak perlu lagi menganggarkan biaya peralatan dan perlengkapan seperti kertas untuk mencatat data karyawan dan memproses penggajian serta mesin fingerprint untuk absensi sebagainya karena Software HRD dari LinovHR sudah mampu mengakomodir semua pengelolaan karyawan dengan cara digital. 

LinovHR merupakan vendor yang menyediakan Software HRD terbaik untuk membantu perusahaan dalam memenuhi pengelolaan karyawan yang lebih sistematis. Semakin efektif dan efisien perusahaan dalam mengelola karyawan, maka semakin efektif pula manajemen anggaran untuk pengelolaan karyawan. Dengan begitu perusahaan dapat menyusun anggaran lebih tepat guna. Ingin mencoba Software HRD dari LinovHR? Segera hubungi LinovHR dan jadwalkan uji coba bersama tim kami sekarang juga!