payroll outsourcing

7 Manfaat Menggunakan Payroll Outsourcing

Sistem penggajian (payroll) karyawan merupakan hal penting yang tidak bisa dianggap sepele oleh perusahaan. Apalagi payroll tidak hanya soal memberi gaji karyawan tetapi juga menyangkut hal-hal lain yang berkaitan seperti pembuatan laporan penggajian, perhitungan irreguler seperti THR dan lembur, potongan pajak, pengelolaan BPJS, dan lain sebagainya.

Banyaknya hal yang dikelola seringkali membuat divisi HRD, divisi yang bertanggung jawab dalam hal Payroll ini kesulitan hingga memperbesar peluang kesalahan. Tak hanya itu, pengelolaannya juga dianggap terlalu menguras waktu sehingga bisa mengurangi produktivitas divisi HRD untuk melakukan hal-hal yang lebih inti.

Mengatasi hal tersebut, sekarang sudah menjamur jasa payroll outsourcing. Hal ini akan membuat perusahaan terkhusus divisi HRD tak perlu lagi mengurusi pekerjaan penggajian karena akan dilakukan oleh vendor penyedia jasa dengan bantuan software khusus. Berbagai manfaat bisa didapatkan perusahaan jika menggunakan payroll outsourcing ini. Apa saja manfaat tersebut? Berikut 7 diantaranya.

 

1. Hemat Biaya

Penghematan biaya tentu sangat penting bagi sebuah kegiatan usaha. Tetapi pertanyaannya adalah mengapa menggunakan payroll outsourcing bisa menghemat pengeluaran perusahaan? Padahal perusahaan justru harus membayar kepada pihak vendor penyedia jasa?

Penggunaan payroll outsourcing akan mempengaruhi keuangan perusahaan dalam jangka menengah hingga panjang. Hal ini karena perusahaan tak perlu mempekerjaan karyawan untuk melakukan tugas tersebut termasuk untuk pelatihannya. Belum lagi kewajiban lain yang harus diberikan perusahaan kepada karyawan yang akan terus menerus membutuhkan biaya. Berbeda dengan menggunakan payroll outsourcing, perusahaan hanya membayar untuk jasa yang diminta.

 

Baca Juga: Software Payroll Murah dan Berkualitas, Adakah?

 

2. Hemat Waktu

Selain biaya, elemen waktu juga sangat penting bagi produktivitas perusahaan. Meskipun rutin dilakukan setiap bulan dan sistem yang sama, tetapi pengerjaan penggajian tetap membutuhkan waktu yang lama karena ada banyak elemen yang disiapkan untuk setiap karyawannya.

Untuk itulah, penggunaan payroll outsourcing tentu akan sangat berpengaruh signifikan. Hal tersebut karena pegawai yang mengerjakan payroll bisa memanfaatkan waktunya yang selama ini terpakai dalam urusan penggajian untuk hal lain.

 

3. Karyawan Bisa Fokus Pada Kegiatan Produktif

Berkaitan dengan penghematan waktu, penggunaan jasa payroll outsourcing artinya bisa mengurangi beban karyawan. Pekerjaan penggajian yang bisa dikatakan bukan inti-usaha, bisa dialihkan ke kegiatan lain yang lebih produktif untuk pengembangan bisnis perusahaan.

Hal ini akan sangat bermanfaat sebagaimana prinsip pareto, Anda bisa memaksimalkan 20% usaha untuk menghasilkan 80% kesuksesan. Artinya, menjalankan suatu bisnis sejatinya adalah melakukan hal-hal penting, dan tidak termasuk tugas rutin yang sebenarnya bisa dilakukan pihak lain.

 

4. Menjaga Keamanan Data

Terdapat beberapa perusahaan yang sangat ketat dalam merahasiakan data gaji dan kompensasi lain dari masing-masing karyawannya. Jika dilakukan oleh karyawannya sendiri, tentu data bisa saja bocor. Berbeda jika sistem penggajian menggunakan jasa payroll outsourcing. Mereka bisa dikatakan sebagai orang ketiga yang tidak memiliki kepentingan sehingga keamanan data penggajian menjadi lebih terjamin.

 

5. Tingkat Akurasi Lebih Tinggi

Sesuatu yang dikerjakan oleh ahlinya tentu memiliki kualitas yang lebih baik, begitupun untuk urusan penggajian. Perusahaan meskipun memiliki divisi HRD seringkali tidak memiliki staf yang secara khusus ahli di bidang penggajian. Untuk itulah mereka biasanya mengikuti pelatihan dahulu.

Mengatasi kemungkinan human eror apalagi ada banyak tugas yang mereka lakukan, maka jasa payroll outsourcing adalah pilihan paling tepat. Mereka yang mengerjakan sudah tentu adalah ahlinya dan profesional sehingga tingkat akurasi menjadi lebih tinggi.

 

Baca Juga: 7 Kerugian Akibat Sistem Payroll Yang Buruk

 

6. Laporan Lebih Baik

Masih berkaitan dengan ahli dan profesionalitas, menggunakan payroll outsourcing juga artinya akan menghasilkan laporan penggajian yang lebih baik. Vendor penyedia jasa ini karena fokus mengerjakan penggajian maka mereka bisa lebih terstruktur dalam mengerjakan daftar laporan yang jumlahnya cukup banyak tersebut. Pembuatan laporan juga dijamin bisa lebih lengkap karena memiliki standarisasi yang sesuai dengan kebutuhan.

 

7. Memanfaatkan Layanan Lain

Penyedia jasa payroll outsourcing biasanya tidak hanya melakukan sistem penggajian. Mereka juga menyediakan layanan lain yang bisa dimanfaatkan sehingga perusahaan bisa mendapat keuntungan berlipat. Layanan lain yang biasanya dimiliki tersebut adalah seperti manajemen benefit, pengajuan laporan pemerintah, pantauan rencana pensiun, pengurusan pajak, dan lain sebagainya.

Dengan berkembangnya kebutuhan payroll outsourcing ini, maka penyedia jasanya pun semakin menjamur. Untuk itu penting bagi Anda melakukan perbandingan dengan teliti. Namun untuk menjamin layanan yang profesional, Payroll Outsourcing LinovHR adalah jawaban terbaik. Selain menyediakan jasa Payroll Outsurcing secara lengkap, keprofesionalitasan LinovHR bisa dilihat dari banyaknya perusahaan yang sudah menggunakan jasanya. Review dari pengguna jasanya pun selalu memuaskan.