perusahaan jasa

Perusahaan Jasa: Pengertian, Manfaat, dan Cirinya

Dalam dunia bisnis, Anda pasti tidak asing ketika mendengar kata perusahaan jasa. Anda dapat dengan mudah menemukan perusahaan jasa dalam kehidupan sehari-hari. Umumnya, bentuk yang dikerjakan oleh perusahaan jasa tidak dapat berupa fisik atau tidak ada wujudnya. 

 

Apa yang dimaksud Dengan Perusahaan Jasa?

yang dimaksud dengan perusahaan jasa adalah sebuah unit usaha yang didirikan baik oleh perseorangan maupun kelompok serta memiliki tujuan mendatangkan laba (untung) dari pelayanan jasa yang ditawarkan. 

Sebagai perusahaan jasa, tentu pelayanan terhadap konsumen menjadi hal utama. Apabila perusahaan dapat memberikan pelayanan terbaik dan sepenuh hati, tentu akan memikat minat konsumen untuk terus menggunakan jasa perusahaan tersebut.

Perusahaan ini hadir untuk menawarkan pelayanan kepada konsumen berupa bantuan dalam menjalankan atau mengelola berbagai keluhan. 

Dengan begitu akan muncul semacam simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan kedua pihak. Bagi perusahaan akan mendapatkan penghasilan dan laba dari pelayanan yang dikerjakan. Lalu, untuk konsumen, segala keluhan dan masalahnya dapat diselesaikan oleh perusahaan jasa.

 

Baca Juga: Perusahaan Multinasional: Pengertian dan Contohnya di Indonesia

 

Contoh Perusahaan Jasa

Bentuk usaha ini bergerak dalam berbagai bidang, di antaranya sebagai berikut

.

  • Perusahaan Jasa Angkutan Umum 

Usaha ini menyediakan layanan moda transportasi untuk Anda yang ingin bepergian ke sana-kemari. 

Biaya pada layanan ini bergantung pada jarak yang harus ditempuh. Semakin jauh jarak Anda untuk ke tempat tujuan maka semakin tinggi pula biaya yang harus dikeluarkan. 

Contohnya:

  1. layanan bus
  2. taksi
  3. ojek daring
  4. dan lainnya.

 

  • Perusahaan Jasa Kebersihan

Ide usaha ini muncul lantaran sibuknya masyarakat dalam menjalani hari. Atas hal tersebut, masyarakat pun tidak memiliki waktu untuk membersihkan sesuatu. Mulai dari rumah, pakaian, sampah, dan lain-lain kian terbengkalai. 

Untuk mengatasi hal ini datanglah gagasan untuk menghadirkan pelayanan konsumen di bidang kebersihan.

Contohnya, yaitu pelayanan jasa binatu. Konsumen hanya perlu memberikan pakaian yang kotor untuk dicuci dan tidak perlu melihat proses pengerjaannya.

 

  • Perusahaan Jasa Kesehatan

Perusahaan di bidang ini bergerak pada layanan kesehatan masyarakat. Tujuan adanya perusahaan di bidang ini, yaitu untuk membantu masyarakat dalam merawat dan menyembuhkan berbagai penyakit.

Perusahaan dibidang jasa kesehatan membutuhkan tenaga kerja dengan keahlian medis yang andal. 

Selain itu, perlu juga peralatan dan perlengkapan yang mumpuni untuk menunjang pelayanan. Contoh perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa kesehatan, yaitu rumah sakit dan klinik.

 

  •  Perusahaan Jasa Desain Grafis

Pada era digital yang melakukan aktivitas serba online seperti sekarang tentu membutuhkan jasa dalam melayani desain. Perusahaan dibidang Jasa desain grafis hadir untuk memberikan tampilan web dan sosial media menjadi lebih berwarna.

Umumnya, jasa ini dibutuhkan untuk meningkatkan nilai marketing perusahaan. Dengan begitu, minat konsumen akan meningkat. 

Contoh perusahaan dibidang jasa desain grafis, yaitu studio digital agency.

 

  • Perusahaan Jasa Keuangan

Hampir setiap perusahaan perlu bantuan dalam mengelola keuangannya. Nah, atas hal tersebut, muncullah perusahaan penyedia jasa keuangan. Segala keluhan akan masalah seputar keuangan dapat dibantu penyelesaiannya oleh perusahaan dibidang jasa keuangan.

Permasalahan keuangan yang umumnya ditemui oleh suatu perusahaan, diantaranya, kurangnya modal, pengelolaan asuransi, utang, dan lainnya. Contoh perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan jasa keuangan:

  1. Pegadaian
  2. Bank
  3. Asuransi

 

Baca Juga: Pengertian Perusahaan Manufaktur dan Kaitan nya dengan Perusahaan Dagang

 

Manfaat dari Perusahaan Jasa

Perusahan jasa kian menjamur lantaran semakin banyaknya kebutuhan konsumen. Dengan menggunakan jasa dari perusahaan ini, tentu akan memudahkan konsumen dalam menyelesaikan berbagai masalah dalam kehidupan. 

Berikut manfaat lain dari adanya perusahaan jasa :

 

Sebagai Penyedia Jasa Pengadaan Barang 

Masyarakat yang berkecimpung dalam dunia bisnis tentu akan membutuhkan jasa dalam melakukan pembelian sebuah barang.Umumnya suatu perusahaan yang membutuhkan suatu barang akan berkonsultasi dengan perusahaan yang memiliki pengalaman dalam melakukan jual-beli barang tertentu.

Jika konsumen memanfaatkan layanan penyedia jasa dalam pengadaan barang dapat dengan mudah menyesuaikan anggaran serta jenis barang yang akan didapat.

 

Sebagai Penghasil Pajak Pendapatan Negara

Baik perusahaan yang dijalankan oleh perorangan maupun kelompok, apabila telah memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), maka hukumnya wajib untuk melaksanakan pembayaran pajak untuk pemerintah. Hal tersebut tertuang pada aturan pasal 3 ayat 1 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan yang beberapa kali ada perubahan. 

Terakhir dengan UU NO 16 Tahun 2009, memiliki kesimpulan berupa setiap pelaku yang telah memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak diharuskan untuk mengisi surat pemberitahuan dengan benar, menggunakan Bahasa Indonesia serta menandatanganinya sebelum menyerahkan ke kantor Direktorat Jenderal Pajak.

 

Membuka Lapangan Kerja

Layaknya perusahaan yang bergerak dalam bidang lainya. Perusahaan dibidang jasa pun menyerap tenaga kerja masyarakat. Semakin banyak perusahaan jasa yang makin berkembang maka semakin banyak pula lapangan kerja yang tersedia.

 

Ciri-Ciri Perusahaan yang Bergerak di Bidang Jasa

 

Produk yang Ditawarkan Berbentuk Non Fisik

Perusahaan ini tidak memiliki barang yang diproduksi sendiri. Biasanya, produk yang ditawarkan berupa bentuk layanan jasa yang diperlukan oleh konsumen. Tidak seperti usaha dagang, bisnis ini tidak menghasilkan produk yang terlihat. Jadi, konsumen pun tidak bisa menyimpan produk tersebut.

Melalui pelayanan yang ditawarkan, diharapkan konsumen akan menemukan jalan keluar atas kebutuhannya. Perusahaan mendapat laba dari layanan yang dikerjakan.

 

Hasil Pelayanan antara Satu Perusahaan dan yang Lainnya Tidak Sama

Tidak seperti usaha perdagangan produk yang memiliki kualitas pasti atas setiap produknya, perusahaan ini tergantung dari bentuk pelayanan pada konsumen. Semakin baik perusahaan tersebut melayani konsumen, maka akan semakin memiliki reputasi yang bagus.

Apabila sudah memiliki reputasi yang baik maka konsumen akan semakin tertarik untuk menggunakan layanan dari perusahaan tersebut.

 

Tidak Memiliki Modal Produksi

Karena bergerak dalam bentuk pelayanan, maka bisnis ini tidak memerlukan biaya dalam produksi. Hal tersebut lantaran biaya produksi umumnya dibutuhkan apabila ingin menciptakan suatu barang.

Sedangkan produk dari perusahaan ini berupa layanan. Sehingga tidak memerlukan anggaran untuk membeli bahan baku produksi. Lalu, dalam laporan keuangan pun tidak ada informasi yang memuat anggaran biaya produksi dan penjualan.

 

Tidak Ada Patokan Harga yang Umum

Setiap konsumen memiliki keluhan dan masalah yang berbeda-beda. Semakin sulit kendala yang diselesaikan oleh perusahaan ini maka kian besar pula harga pelayanan yang dibutuhkan. Atas hal tersebut perusahaan ini tidak dapat memberi standar patokan harga yang sama antar konsumen satu dan lainnya.

 

Saat ini mudah sekali menemukan perusahaan dibidang jasa. Diharapkan dengan adanya layanan ini dapat semakin memudahkan konsumen dalam memenuhi berbagai kebutuhan serta menyelesaikan masalah yang dialami.Bagi Anda yang berbisnis dalam bidang ini tentu harus mengedepankan kepuasan konsumen. Dengan terpenuhinya kebutuhan konsumen dengan baik akan memberikan kesan positif bagi usaha Anda. Lalu, apabila konsumen puas, buka tidak mungkin akan kembali menggunakan layanan Anda.

 

Selain itu perusahaan jasa saat ini dapat menggunakan Software HRIS LinovHR untuk memaksimalkan pengelolaan human resource didalam perusahaan.

Kami, LinovHR dapat menjadi solusi untuk pengelolaan jadwal kerja, payroll karyawan, absensi kerja, rekrutmen karyawan hingga manajemen performance apraisal karyawan ( Penilaian Kinerja Karyawan). dengan menggunakan Software HRIS, Perusahaan dapat fokus menuju tujuan bisnis tanpa perlu di repotkan urusan human resource management.

Segera undang kami untuk melakukan demo sofware HRIS langsung ke kantor anda melalui tauatan berikut ini LinovHR.com/Free-Demo-App/