pramuniaga adalah

Pramuniaga: Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawabnya di Toko

Pramuniaga adalah karyawan maupun karyawati yang bekerja pada sebuah perusahaan dagang. Tugas pramuniaga sendiri adalah untuk membantu mencari barang yang dibutuhkan oleh konsumen.

Seorang pramuniaga yang kompeten dan profesional tentu akan memberikan manfaat bagi perusahaan karena dapat meningkatkan penghasilan atau omset.

Oleh karena itu, seorang pramuniaga tentu perlu mengetahui cara menjalankan pekerjaannya dengan baik agar bisa meningkatkan peluang perkembangan karier serta membuat konsumen merasa puas dan terbantu.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai informasi seputar pramuniaga, mulai dari tanggung jawab, wewenangnya di toko, skill yang harus dimiliki, hingga tips agar menjadi seorang pramuniaga yang baik, simak penjelasan artikel LinovHR berikut sampai tuntas ya!

 

 

Pengertian Pramuniaga 

Seorang pramuniaga sering juga disebut sebagai sales person atau sales associate. Kata pramuniaga sendiri dapat terbagi menjadi dua kata yaitu “pramu” yang berarti seseorang yang bekerja dalam bidang jasa dan “niaga” yang berarti kegiatan jual beli dengan tujuan untuk mendatangkan keuntungan.

Melalui penjelasan tersebut, maka bisa diartikan bahwa pramuniaga adalah seseorang yang bertugas untuk menjual produk atau melayani para konsumen pada sebuah perusahaan dagang seperti toko atau pasar swalayan dengan tujuan untuk menghasilkan laba.

Ketika seorang konsumen kesulitan dalam mencari barang yang dibutuhkannya, maka mereka dapat meminta bantuan terhadap seorang pramuniaga untuk membantunya dalam memenuhi kebutuhan dan permintaan mereka.

 

Baca Juga: Contoh Surat Lamaran Kerja di Toko yang Benar dan Simpel

 

Tanggung Jawab Seorang Pramuniaga 

Seorang pramuniaga juga memiliki tanggung jawab dan tugasnya tersendiri. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

 

  1. Melakukan Pendataan Barang yang Terdapat di Rak atau Gondola

Seorang pramuniaga memiliki tanggung jawab dalam mendata jumlah barang serta melakukan pengecekan pada barang yang dimiliki oleh perusahaan.

Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mencocokkan barang yang masuk serta mengetahui progress barang yang laku agar barang tersebut selalu tersedia di rak atau gondola.

 

  1. Melakukan Pemesanan ke Merchandising

Jika seorang pramuniaga menemukan stok barang yang hampir habis, maka mereka harus meminta pegawai merchandising untuk melakukan pemesanan barang tersebut.

 

  1. Melakukan Display Barang pada Rak atau Gondola

Selanjutnya stok barang yang dimiliki harus ditata atau di display dengan rapi oleh seorang pramuniaga. Jika terdapat rak atau gondola yang kosong, maka pramuniaga bertugas untuk mengisi kembali dari barang yang sudah diminta dari merchandiser.

 

  1. Melakukan Promosi pada Barang Dagangan

Jika terdapat produk baru atau sedang ada promosi, maka pramuniaga bertugas untuk mempromosikannya kepada para konsumen atau pelanggan.

 

  1. Membuat Laporan Penjualan

Seorang pramuniaga juga bertugas untuk membuat laporan penjualan dari periode tertentu.

 

Wewenang Pramuniaga di Toko 

Seorang pramuniaga sendiri memiliki beberapa wewenang, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Meminta masukan dan bimbingan dari rekan kerja maupun atasan.
  • Memberikan usulan terhadap pembaharuan sistem kerja serta mengatur display produk agar dapat menarik para konsumen untuk membeli barang tersebut.
  • Mengajukan fasilitas tambahan guna memudahkan pekerjaan dan dalam melaksanakan tugasnya.

 

Skill yang Harus Dimiliki Seorang Pramuniaga 

Menjadi seorang pramuniaga juga memerlukan beberapa skill, di antaranya adalah sebagai berikut.

 

  1. Komunikasi

Komunikasi adalah skill utama yang harus dimiliki oleh seorang pramuniaga. Dengan komunikasi yang baik, maka seorang pramuniaga dapat memahami isyarat sosial, perbedaan budaya, serta nada suara yang dapat membuat para pelanggan merasa nyaman dalam bertransaksi.

 

  1. Persuasi

Skill selanjutnya adalah seorang pramuniaga harus bisa melakukan persuasi terhadap konsumen namun dengan tanpa paksaan. Persuasi yang dilakukan oleh seorang pramuniaga dapat membangun kepercayaan pelanggan untuk berbelanja.

 

Baca Juga: Ajak Orang Lain dengan Kalimat Persuasif, Ini Contohnya

 

  1. Negosiasi

Seorang pramuniaga juga perlu memiliki keterampilan untuk melakukan negosiasi seperti penetapan harga, diskon, maupun penawaran lainnya.

 

  1. Public Speaking

Public speaking juga sangat diperlukan oleh seorang pramuniaga. Hal ini sangat berguna bagi seorang pramuniaga ketika melakukan presentasi terhadap barang yang dibutuhkan oleh konsumen serta untuk menawarkan barang atau jasa yang mereka tawarkan.

 

  1. Empati

Dengan memiliki empati, maka seorang pramuniaga dapat memahami kebutuhan pelanggan secara mendalam. Sehingga, mereka dapat mencari produk yang tepat sesuai dengan kebutuhan konsumen.

 

  1. Pengetahuan Bisnis

Salah satu tugas pramuniaga adalah untuk menghasilkan pemasukan bagi perusahaan, maka pengetahuan akan bisnis sangat diperlukan oleh seorang pramuniaga.

 

Tips Menjadi Seorang Pramuniaga yang Baik 

Jika Anda tertarik untuk menjadi seorang pramuniaga yang baik, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan:

  1. Menetapkan target penjualan agar lebih terpacu dalam bekerja.
  2. Melakukan identifikasi terhadap pelanggan ideal dan mendekatkan diri dengan mereka.
  3. Membuat proses penjualan secara terstruktur.
  4. Memprediksi masalah yang dihadapi oleh para konsumen.
  5. Memahami kegunaan produk untuk memecahkan masalah konsumen.
  6. Mendengarkan kebutuhan dari konsumen yang Anda miliki.
  7. Melakukan follow up terhadap konsumen guna memperkuat hubungan dengan para pelanggan.
  8. Mempelajari mengenai upsell dan cross-sell.
  9. Memberitahu para pelanggan mengenai nilai produk yang dijual.
  10. Melayani pelanggan dengan ramah dan sopan, apa pun latar belakangnya.
  11. Tidak mengobrol terlalu lama dengan rekan kerja sehingga membiarkan pelanggan sendiri.
  12. Tidak menghakimi pelanggan.
  13. Memastikan ketersediaan produk agar pelanggan tidak kecewa.
  14. Mempelajari teknik komunikasi atau public speaking guna menarik minat pelanggan dalam membeli produk.
  15. Memberi informasi tentang produk kepada pelanggan secara jujur.

 

Itulah informasi mengenai tanggung jawab dan wewenang dari seorang pramuniaga. Agar menjadi seorang pramuniaga yang baik, pastikan bagi Anda untuk mengikuti beberapa tips yang sudah dijelaskan di atas ya!